Wisata

Desa Wisata Memperkuat Perekonomian Daerah

11 September 2017   00:42 Diperbarui: 11 September 2017   01:49 403 0 0
Desa Wisata Memperkuat Perekonomian Daerah
dokpri

Konsep pariwisata perdesaan (rural tourism) dengan cirinya produk yang unik, khas serta ramah lingkungan kiranya dapat menjadi solusi baru bagi pengembangan kepariwisataan di dunia. Sebagai respon atas pergeseran minat wisatawan tersebut maka di Indonesia pun tumbuh pilihan wisata baru berupa desa-desa wisata di berbagai daerah di Indonesia. 

Pengembangan Desa Wisata tidak hanya bermanfaat bagi munculnya alternative wisata untuk memenuhi pergeseran minat wisatawan, namun juga dapat dijadikan sebagai solusi bagi permasalahan kemiskinan, pelestarian budaya dan pelestarian lingkungan hidup.

Indonesia umumnya dan Kabupaten Pemalang khususnya merupakan wilayah yang kaya akan ragam keunikan di desa, kini masyarakat dan pengelola destinasi wisata sudah sedikit sadar akan hal itu. Menciptakan wisata baru dengan menggali berbagai potensi yang ada di desa yang kemudian dikelola dan dimenej dengan sebaik-baiknya sehingga menjadi daya tarik wisata yang khas. 

Kini semakin terlihat bahwa beberapa kelompok sadar wisata (pokdarwis) di Kabupaten Pemalang menyadari benar potensi tersebut sehingga penanganan desa untuk memenuhi karakteristik sebagai desa wisata sedang berusaha dilakukan dengan semestinya. Salah satunya di Desa Mejagong Kecamatan Randudongkal Kabupaten Pemalang Jawa Tengah.

dokpri
dokpri

Desa mejagong, dengan berbagai potensinya mulai menggeliat dan merintis menjadi salah satu desa wisata, sesuai dengan ciri khasnya. Salah satu desa yang terletak di Kecamatan Randudongkal dengan branding "Enyong Mejagong" itu terus menggali berbagai potensi desa untuk dikelola serta menciptakan daya tarik wisata baru sesuai dengan data desa, kondisi dan potensi desa Mejagong itu sendiri, yang mana pengembangan pariwisata berbasis masyarakat, serta potensi wisata di lokasi desa diharapkan mampu menggerakan perekonomian warga setempat.

dokpri
dokpri

Air melimpah ruah, alam yang indan nan cantik, penduduknya yang ramah serta muncul anak-anak muda Desa Mejagong untuk menghias desanya dengan berbagai art/warna warni desa di berbagai sudut, tentunya beberapa modal itu dapat digunakan sebagai modal utama dalam menciptakan daya tarik wisata, menciptakan destinasi pariwisata baru, menambah destinasti wisata yang sudah ada di Kabupaten pemalang Jawa Tengah.

Destinasi Pariwisata adalah area atau kawasan geografis yang berbeda dalam suatu atau lebih wilayah administratif yang di dalamnya terdapat unsur: daya tarik wisata, fasilitas pariwisata, aksesibilitas, masyarakat serta wisatawan yang saling terkait dan melengkapi untuk terwujudnya kegiatan kepariwisataan.

Daya tarik yang tidak atau belum dikembangankan merupakan sumber daya potensial dan belum dapat disebut daya tarik wisata, sampai adanya suatu jenis pengembangan tertentu. Objek dan daya tarik wisata merupakan dasar bagi kepariwisataan. Tanpa adanya daya tarik di suatu daerah atau tempat tertentu kepariwisataan sulit untuk dikembangkan.

Daya Tarik Wisata sejatinya merupakan kata lain dari obyek wisata namun sesuai peraturan pemerintah Indonesia tahun 2009 kata obyek wisata sudah tidak relevan lagi untuk menyebutkan suatu daerah tujuan wisatawan maka digunakanlah kata "Daya Tarik Wisata"

Menurut beberapa ahli daya tarik wisata memiliki definisi yang beragam, kemudian disimpulkan bahwa Daya tarik wisata adalah segala sesuatu yang mempunyai daya tarik, keunikan dan nilai yang tinggi, yang menjadi tujuan wisatawan datang ke suatu daerah tertentu.

#PemalangJourney

Lokasi : Desa Mejagong Kecamatan Randudongkal Kabupaten Pemalang.