HIGHLIGHT

Ambon: Persiapan MTQ Nasional XXIV Hampir Final

17 Februari 2012 04:38:55 Dibaca :
Ambon: Persiapan MTQ Nasional XXIV Hampir Final

Pada hari Kamis (16/2) di Ambon berlangsung rapat koordinasi pelaksanaan MTQ Nasional XXIV bersama Ketua Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Abdul Jamil.

Rapat dihadiri Gubernur Maluku Karel Albert Ralahalu, Ketua Panitia daerah MTQ XXIV yang juga Wakil Gubernur Maluku Said Assagaff, Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Suharsono, unsur Polda Maluku, Sekretaris Kota Ambon A.G. Latuheru serta sejumlah panitia dan SKPD lingkup Pemprov Maluku.

Ketua Panitia Daerah MTQ Nasional XXIV Said Asagaff mengatakan persiapan dan pembangunan berbagai fasilitas pendukung kegiatan nasional itu rata-rata sudah mencapai 90 persen, seperti :

1. Pembangunan Gedung Islamic Centre (92%)

2. Pembangunan Tribun Merdeka (94%)

3. Renovasi Masjid Raya Alfatah (90%)

Said Assagaff juga menjelaskan bahwa selain pembangunan fisik, panitia daerah juga telah merenovasi berbagai gedung di sepuluh lokasi di Kota Ambon yang akan dijadikan sebagai tempat perlombaan MTQ dan seluruhnya sudah siap digunakan.

Sementara, seluruh penginapan yang ada di Kota Ambon juga telah disiapkan, termasuk dua kapal Pelni yang akan dijadikan sebagai hotel terapung untuk menampung para peserta.

Keamanan

Dalam rapat koordinasi tersebut Pangdam XIV/Pattimura Majen TNI Suharsono mengatakan bahwa sebanyak 2.700 personel TNI siap diterjunkan untuk membantu mengamankan jalannya pelaksanaan MTQ Nasional XXIV di Ambon.

"Seluruh satuan TNI lingkup Kodam XIV/Pattimura termasuk Angkatan Laut dan Angkatan Udara akan disiapkan untuk membantu Polda Maluku mengamankan pelaksanaan MTQ XXIV di Ambon," kata Pangdam.

Majen TNI Suharsono menghimbau kepada seluruh masyarakat Maluku khususnya Kota Ambon membantu aparat keamanan baik TNI maupun Polri dengan menjaga situasi keamanan tetap kondusif, sehingga pelaksanaan MTQ dapat berlangsung dengan sukses.

Pemerintah Provinsi

Gubernur Maluku Karel Albert Ralahalu, atas nama pemerintah provinsi dan masyarakat Maluku mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada pemerintah pusat yang telah mempercayakan Kota Ambon sebagai tuan rumah penyelenggaraan MTQ Nasional XXIV dan menyatakan kesiapannya untuk menyukseskan kegiatan dimaksud.

Selanjutnya Ketua LPTQ Abdul Jamil mengatakan bahwa MTQ Nasional XXIV akan menjadi wahana mempererat kerukunan umat beragama di Indonesia lebih khusus di Maluku.

"Saya yakin pelaksanaan MTQ di Ambon akan berjalan sukses karena didukung seluruh komponen masyarakat, termasuk dari umat Kristen dan umat beragam lainnya di daerah ini. Saya harap kerukunan hidup umat di Maluku dapat dijadikan contoh oleh para kafilah dari berbagai daerah di Indonesia," katanya.

Kegiatan MTQ Nasional XXIV dijadwalkan berlangsung pada bulan Juni 2012 dan rencananya akan dibuka langsung oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono dengan perkiraan jumlah peserta dan undangan yang akan menghadiri kegiatan tersebut mencapai 6.000 orang dari berbagai provinsi.

Jane Papilaya

/jpapilaya

"Keep your mind as bright & clear as the vast sky, the great ocean & the highest peak, empty of all thoughts."
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?