HIGHLIGHT

Walikota Solo Joko "Jokowi" Widodo, Manusia Langka di Indonesia

27 Mei 2011 01:25:40 Dibaca :

Sebenarnya saya malu mengatakan ini kepada Ibu-Ibu tapi karena ada yang bertanya tentang kebenaran bahwa saya tidak pernah mengambil gaji sejak saya menjabat Walikota Solo itu benar adanya, saya hanya menandatanganinya saja, dan untuk uangnya disumbangkan kepada yang memerlukan pertolongan untuk kesejahteraan mereka demikian sekilas jawaban Jokowi disebuah acara dalam rangka clean goverment di Jakarta. Selain itu untuk melakukan pengawasan terhadap jalannya pemerintahan kota solo, bila saya mempunyai program pembangunan kota , saya lebih dahulu menuliskannya di koran wilayah untuk mendapatkan opini maupun tanggapan masyarakat, setelah itu baru kita rencanakan apakah dilakukan atau tidak, hal ini bagi saya lebih utama, dari pada mengajukan langsung kepada Dewan perwakilan rakyat daerah, sebab saya tidak pintar melakukan deal-deal dan nantinya akan tersangkut hukum dan lainnya. Joko Widodo"Jokowi, telah menjabat Walikota Solo sejak tahun 2005 yang lalu, dan baru saja terpilih untuk periode kedua bersamaFX Hady Rudyatmo, jauh sebelum Joko terpilih sebagai Walikota, dia sudah mengalami kesuksesan dalam dunia bisnis lewat usaha mebel dan pertamanan yang sudah go International dimana usaha atau bisnis ini dikelola bersama sang istri hingga hari ini. Gaji bulanan sebagai Walikota sebesar Rp 6.5 Juta ditambah dengan fasilitas membuat orang-orang berduit mencalonkan diri menjadi Walikota maupun pejabat pemerintahan, dan berusaha semaksimal mungkin untuk menggunakan fasilitas dan koneksi yang ada untuk memperkaya diri dan kroninya sehingga banyak yang berakhir dipenjara, dari hal ini Jokowi mengambil hikmah bahwa untuk menjadi pemimpin rakyat harus melawan arus agar di Indonesia khususnya di Kota Solo ada Walikota langka, dan kini Jokowi menjadi sumber inspirasi bagi Masyarakat Solo, tanah Air bahkan Internasional lewat kunjungan pemerintahan Vietnam maupun Laos sebagai kota kembar antar negara. Solo memang kota kosmopolitan, walau cuma sebuah keresidenan saat ini Kota madya, namun nama Solo sangat terkenal dengan istilah Putri Solo, Bengawan Solo hingga Solo berseri, perusahaan Batik ternama ada dikota ini, dan Mantan Ibu Negara Indonesia Bu Tien berasal dari Solo trah Putri Mangkunageraan, dan masih banyak lagi hal-hal yang membuat nama kota Solo  akrab ditelinga masyarakat. Jokowi kini membawa perubahan gaya kepemimpinan kaum birokrat, walau hanya Walikota, namun sifat kepemimpinannya dan keterbukaan serta progam pengembangan kota solo menjadi kota budaya dan kota pendidikan membawa nama Jokowi menjadi bahan perbincangan orang di Tanah Air sebagai manusia langka.

Kapitan JoE JoE

/josephtim

A New Yorker, live and work for many years in Rockefeller center Area, Like to visit Ithaca in Upstate NY and Also Jersey shore.
The human heart feels things, the eyes can't see and know what the mind can't understand. Berteman dengan siapapun, mulai dari preman hingga President sudah pernah berdiskusi, hobby menulis apa saja, mulai dari Ekonomi, politik, music bahkan masa depan, dididik dan dibesarkan dengan penuh displin, melebihi tentara, membuat jiwa saya tegar, dan tidak pernah takut menghadapi apapun termasuk malaikat pencabut nyawa, life or die is just about the time.

Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?