PILIHAN HEADLINE

8 Bahan Pangan Penurun Kolesterol

17 Maret 2017 14:24:34 Diperbarui: 18 Maret 2017 12:27:10 Dibaca : Komentar : Nilai : Durasi Baca :
8 Bahan Pangan Penurun Kolesterol
Source: Freepik.com/evening.tao

Tentunya Anda sering mendengar bahwa kolesterol konon buruk bagi kesehatan. Padahal, hal tersebut tidak sepenuhnya benar, sebab terdapat jenis kolesterol yang justru dibutuhkan oleh tubuh. Jika HDL (High-Density Lipoprotein/Kolesterol baik) terbukti bermanfaat bagi tubuh karena dapat membuang lemak dari saluran pembuluh darah, maka LDL (Low-Density Lipoprotein/Kolesterol jahat) dan Trigliserida-lah jenis kolesterol yang harus dihindari karena akumulasi dua senyawa ini dapat memicu berbagai penyakit kardiovaskular.

Pertanyaannya, adakah cara mudah untuk meminimalisir jumlah LDL dan Trigleserida dalam tubuh? Berikut saya paparkan 8 bahan pangan yang terbukti mampu mengontrol sekaligus menekan kolesterol jahat: 

1. Kacang-kacangan

Tahukah Anda, bahwa kandungan sterol dan stanol yang terdapat dalam kacang-kacangan terbukti ampuh dalam mencegah penyerapan kolesterol jahat sekaligus mengurangi jumlahnya dalam darah? Ssst, jika ingin mendapatkan hasil maksimal dari bahan pangan yang satu ini, maka saya sarankan untuk mengonsumsi kacang-kacangan tanpa mencampurkan bahan perasa dan zat apapun.

2. Oatmeal

Serat beta-glukan yang terdapat dalam oatmeal ternyata mampu mengikat kolesterol yang ada di usus, lho! Selain itu, oatmeal juga dapat menurunkan kadar LDL sekaligus menghambat penyerapan kolesterol ke dalam aliran darah.

3. Beras Merah

Karena banyaknya manfaat beras merah bagi tubuh, saya menyarankan agar mengonsumsi beras ini sebagai sumber karbohidrat harian. Selain kaya akan vitamin B, selenium, magnesium, dan fitonutrien; kandungan serat di dalam beras merah ternyata bagus untuk menurunkan kadar gula dan lemak dalam darah. 

4. Salmon & Tuna

Salmon dan tuna merupakan dua jenis ikan yang kaya akan asam lemak dan omega-3. Nah, dua kandungan tersebutlah yang ternyata berperan dalam menurunkan tensi sekaligus memperkecil risiko terjadinya pembekuan darah. Tertarik mencoba? Jangan lupa untuk memasak dua ikan tadi dengan cara dibakar atau dikukus, ya! Alasannya karena proses menggoreng justru akan menambah jumlah lemak jahat yang masuk ke dalam tubuh.

5. Alpukat

Jarang yang mengetahui bahwa alpukat mengandung banyak kolesterol baik, seperti asam oleat dan lemak tak jenuh. Tak berhenti di situ, alpukat juga kaya akan serat pangan yang membantu meningkatkan HDL dan menurunkan LDL.

6. Bawang Putih

Setengah siung bawang putih mentah yang dikonsumsi setiap hari dapat menurunkan kolesterol sebanyak 9 – 12%. Kok bisa? Hal ini dikarenakan bawang putih mengandung senyawa bernama allicin yang mampu menurunkan kadar trigliserida serta LDL. 

7. Tomat

Ternyata, tomat -yang merupakan sumber likopen- baik bagi tubuh karena mampu mengurangi kadar kolesterol LDL. Demi mendapatkan manfaat optimal dari sayuran merah yang satu ini, Anda disarankan untuk mengolahnya terlebih dahulu menjadi sup atau jus. Mau?

8. Buah Anggur

Pada sebutir anggur, terdapat senyawa flavonoid yang bermanfaat untuk mencegah kerusakan serta penggumpalan trombosit akibat serangan radikal bebas yang bersumber dari kolesterol jahat.

Jadi, ayo lawan kolesterol jahat dengan memulai pola hidup dan makan yang sehat ya!

Baca tulisan saya seputar kesehatan menarik lainnya di www.go-dok.com

Dr. Jolinda Johari

/jolindajohary

TERVERIFIKASI

Ibu dengan satu orang anak yang bekerja sebagai dokter fulltime di Go Dok. Bagi saya menulis bukan pekerjaan tapi merupakan panggilan jiwa. Baca tulisan saya di www.go-dok.com
Selengkapnya...

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana