JepretPotret
JepretPotret

Facebook-Twitter-Instagram=>@JepretPotret Mail=>JepretPotret.ID@gmail.com Youtube=>JepretPotret.ID

Selanjutnya

Tutup

pilihan

Membuka Potensi & Mengangkat Tinggi Startup Indonesia

6 Agustus 2017   21:50 Diperbarui: 6 Agustus 2017   22:55 138 1 0
Membuka Potensi & Mengangkat Tinggi Startup Indonesia
Gambar: CartoonStocks.com

Usaha rintisan (startup) tumbuh sangat signifikan, yang diproyeksikan oleh lembaga riset Center for Human Genetic Research (CHGR) akan berjumlah 13 ribu startup pada tahun 2020. Hingga tahun 2016 tercatat ada kurang lebih 2.000 startup di Indonesia dan merupakan jumlah terbesar di Asia Tenggara.

Asosiasi Modal Ventura Indonesia Untuk Startup Indonesia (Amvesindo), menyadari betapa perkembangan startup yang pesat merupakan hal potensial dalam meningkatkan perekonomian nasional. Startup berkesempatan melakukan demo, menunjukkan prospek terbaiknya kepada para calon investor dalam Amvesindo Demo Day 2017.

Ada pula disediakan sesi pelatihan bagi startup pemula, membahas berbagai permasalahan yang bakal dihadapi berdasarkan kisah kasus nyata yang telah ada. Kemudian ada sesi diskusi interaktif (talkshow) yang menghadirkan narasumber yang sangat berkompeten dalam pengembangan startup.

Kegiatan ini telah didahului Amvesindo Pitch Day 2017 sejak 27 Juli lalu di Mandiri Inkubator Bisnis, dengan pelaksanaan presentasi 100 peserta yang telah terseleksi dari 5.000-an leads dari seluruh Indonesia. Mereka ini sudah harus memiliki MVP (Millenium Viable Product). Akhirnya terpilih delapan startup yang berhak mengikuti pitch day pada 3 Agustus 2017 di Gedung Auditorium Indosat Jakarta Pusat. Kedelapan startup itu adalah EVA, ShipperIndonesia, MedisOnlineIndonesia, GoCampus, Rumah Sinau, ExcellenceAsia, Billie, HomeGood.

Firly Savitri (Project Manager Amvesindo Demo Day 2017), menyatakan bahwa Amvesindo akan terus menjadi wadah teman-teman startup untuk terus dapat berinovasi dan berkontribusi positip bagi startup Indonesia.

Seusai pitch day, dilakukan diskusi interaktif bersama Paul Santos (Founder & Managing Partner for WaveMakerPartners Singapore), Peter Shearer (Co-Founder & Managing Director AR&Co) dan Natali Andrianto (Co-Founder & Chief Technology Officer Tiketcom). Mereka berbagi cerita bagaimana awalnya membangun startup hingga dapat membesarkannya bersama para partner pendiri lainnya.

Akhirnya hasil penjurian pitchday, memutuskan ketiga pemenang terpilih adalah EVA, Shipper dan Medis Online Indonesia. Pemenang ketiga diraih oleh Medis Online Indonesia, merupakan platform layanan pemesanan tenaga kesehatan (perawat / bidan) untuk di rumah / rumah sakit.
Pemenang kedua diraih oleh Shipper Indonesia, merupakan platform logistik & rantai pasokan, yang akan segera diperkenalkan kepada publik dalam waktu tak lama lagi.

Foto: JepretPotret
Foto: JepretPotret

Foto: JepretPotret
Foto: JepretPotret

Pemenang pertama diraih oleh EVA (Electronic Virtual Assistant) merupakan perangkat lunak untuk membuat ChatBot yang dilengkapi dengan kecerdasan buatan dan dapat berjalan dalam beberapa aplikasi chatting seperti FB Messenger, Telegram dan chat widget berbasis web.

Foto: JepretPotret
Foto: JepretPotret

Jefri Rudyanto Sirait (keempat dari kanan) mendampingi ketiga pemenang Pitch Day 2017 [Foto:JepretPotret]
Jefri Rudyanto Sirait (keempat dari kanan) mendampingi ketiga pemenang Pitch Day 2017 [Foto:JepretPotret]

"Amvesindo Demo Day 2017 merupakan wadah komunikasi bagi startup dengan semua stakelhoders seperti investor, inkubator, akademisi, asosiasi industri, media serta regulator. Penyelenggaraan Demo Day akan diupayakan dapat berkesinambungan dari tahun ke tahun," jelas Jefri Rudyanto Sirait (Ketua Umum Amvesindo & Presiden Direktur Astra Mitra Ventura) ketika ditemui seusai pemberian apresiasi kepada ketiga pemenang.