Anak Sekarang Responsif?

13 Juni 2012 12:50:35 Dibaca :

"Bang, nanti lewat sebentar ya dari depan rumah saya!"  ucap abang saya   ketika  kami sedang melewati penjual nasi goreng yang sedang  berjalan menjajakan dagangannya di salah satu perumahan di Tangerang Selatan.  "Untuk siapa, Bang" sahutku.  Sebelum kami meninggalkan rumah, saya sedang menyaksikan putri ke tiganya sedang bersantap malam. Seorang diri.  Kok, disuruh melintas dari depan rumah, kan baru makan? Demikian pertanyaan dalam benakku, maka pertanyaan itu terlontar.

"Dia, memang berbeda dari kedua kakaknya. Kedua kakaknya,  apa yang ada, ya itulah yang dimakan. Tidak  neko-neko. Namun yang bontot ini, ketika ia sedang makan malam  seringkali bertanya tentang apa menu makanan  untuk pagi harinya.  Coba, makanan masih ada dihadapannya dan sedang menyantap makanan,  bertanya tentang menu  serapan pagi. Badannya, ya gitu-gitu saja. Tidak gemuk, tetap kurus."

"Kalau itu sih, sudah keturunan. Bapak dan ibunya juga  gitu-gitu saja" jawabku.

"Ya, anak-anak sekarang berbeda.  Mengapa ya?"  Pertanyaan itu terlontar begitu saja dari kakak dan menjadi awal percakapan kami  malam itu  menuju Cikande, dekat Serang, Banten.  Saat itu kami akan melayat saudara yang meninggal karena serangan jantung.

Pertanyaan itu tidak serta merta mendapat  jawaban dari  abang dan kakak. Mereka terdiam. Ya, cukup lama tidak ada percakapan. Kami masing-masing mencoba memikirkan jawabannya.

"Ya, anak sekarang lebih responsif.  Semaunya saja" sambung  abang sambil mengendalikan stir mobil yang sedang melaju.

"Sekarang  anak hidup di era    digital  dan   instan. Permintaan maunya segera dikabulkan dan kurang sabar. Kalau tidak, ya ngomel dan wajahnya kelipat".

"Ya....orang tua harus banyak belajar. Belajar sabar dan  juga  mengikuti perkembangan teknologi. Tiap zaman memiliki karakter yang berbeda-beda. Orang tua juga memiliki tanggung jawab yang semakin menantang" sambung kakak yang duduk  persisi di depanku.

Jasmin Sitanggang

/jepes

Lahir saat gejolak G 30 S PKI di Sumatera Utara. Peringatan hari kesaktian Pancasila aku sering ke Tugu Sujono, letaknya di tengah perkebunan karet Bandar Betsy.
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?