pilihan

Travel Seorang Diri? Mengapa Tidak!

8 April 2017   20:59 Diperbarui: 9 April 2017   01:52 282 3 0
Travel Seorang Diri? Mengapa Tidak!
novabibliaviva.tumblr.com

Pernahkah anda merasa seperti membutuhkan perjalanan singkat untuk relaksasi dan mengobati kepenatan dari rutinitas sehari-hari? Lalu anda mulai bingung apakah lebih baik pergi sendiri atau mengajak kerabat? Kesibukan melanda membuat kerabat dekat atau saudara sulit untuk diajak berpergian begitu saja. Saran untuk anda, jangan takut untuk berpergian seorang diri! 

Travel seorang diri memang terkesan membuat enggan, apalagi saat kita harus membayangkan tidak ada tau arah dan kikuk sendirian. Seakan untuk melepas rasa penat saja seperti langkah besar untuk anda, perjalanan seorang diri memang tidak menjadi kebiasaan orang pada umumnya. Namun apakah anda tau ada banyak alasan mengapa menghabiskan perjalanan jauh seorang diri juga menyenangkan!

1. Lebih mengenali diri sendiri.

Berpergian seorang diri berarti anda memiliki banyak waktu untuk lebih memikirkan diri sendiri serta berkomunikasi dengan jiwa anda. Anda memiliki banyak waktu sepanjang perjalanan untuk memikirkan keputusan yang telah atau hendak anda ambil misalnya, dan fikiran serta perasaan anda merupakan murni dari diri sendiri terlepas dari saran orang-orang sekitar anda. 

Ini merupakan hal yang baik untuk kembali mencari definisi anda sebagai seorang individu, meskipun hidup sendirian bukanlah takdir manusia, namun apa salahnya untuk lebih mengenali diri? Gunakan kesempatan ini untuk melakukan perubahan positif dalam hidup, dan perubahan serupa tidaklah mudah dilakukan jika anda terus menerus terbawa jalan pemikiran orang lain.

2. Perjalanan lebih fleksibel.

Tidak perlu seketika merubah rencana perjalanan dikarenakan partisipan lain tidak bisa pada hari itu! Anda hanya perlu menyocokan dengan kesibukan diri sendiri. Anda tidak perlu khawatir dengan jadwal makan atau tidur yang akan berantakan karena banyaknya tempat yang hendak dituju. Tentunya selama anda bisa menikmatinya, anda bisa langsung melakukan rencana perjalanan yang diharapkan

3. Anda akan menjadi lebih berani dan belajar.

Jika anda sendirian dan membutuhkan pertolongan seseorang maka harus ada keberanian dari diri sendiri untuk berkomunkasi. Jika anda tidak memulai percakapan dengan orang-orang sekitar ditempat anda berpergian maka anda tentunya akan 'sesat dijalan'. Solo travel memaksa anda untuk keluar dari zona nyaman dan mulai untuk membuka diri terhadap lingkungan sekitar. Untuk beberapa orang, hal ini tidaklah mudah, namun jika anda sudah terbiasa akan menjadi mudah untuk selanjutnya. Banyak cerita diluar sana yang bisa membantu anda untuk belajar dalam hidup jika saja anda lebih terbuka untuk mendengar kisah-kisah orang yang anda belum kenal sebelumnya. 

4. Anda akan menjadi decision maker yang lebih baik.

Saat berpergian sendiri, anda harus membuat semua perencanaan dengan keputusan yang matang. Sesimpel itu? Iya! Tidak ada yang akan memberitahu anda apakah anda boleh atau tidak boleh melakukan sesuatu, semua benar-benar terserah anda. Untuk bisa memanfaatkan waktu dengan baik dan memiliki perjalanan yang menyenangkan, keputusan anda lah yang menentukannya.

5. Merupakan kesempatan yang langka untuk bisa merasakan kebebasan total.

Anda akan menjadi sosok independen saat harus travel sendirian! Tidak ada yang akan mengurusi anda. Pergi kemanapun yang anda inginkan dan lakukan segala sesuatu sebebas mungkin.

Lalu? Tunggu apa lagi? Jangan pernah takut untuk berpergian sendiri, karena itu bisa jadi hadiah terbaik yang pernah anda berikan untuk diri sendiri.