Forum Betawi Rempug - Pemuda Pancasila, Apa yang Kalian Ributkan!?

29 Juni 2012 03:53:03 Dibaca :
Forum Betawi Rempug - Pemuda Pancasila, Apa yang Kalian Ributkan!?

Mereka yang ada di Jakarta, Bogor, Tangerang, Depok, Bekasi (Jabodetabek), hampir semuanya mendengar dan tahu apa dan siapa Forum Betawi Rempug (FBR) dan Pemudan Pancasila (PP).

FBR merupakan forum komunitas anak-anak Betawi, ada dan eksis di Jabodetabek dengan

tujuan utama meningkatkan kesejahteraan Warga Betawi di Jabodetbek. Visi, Terbinanya masyarakat Betawi yang bersatu, kreatif, inovatif, pencipta dan pengabdi yang berkepribadian Islam serta bertanggung jawab atas terwujudnya masyarakat yang adil, makmur yang diridhai Allah Subhanahu Wata'la.

Misi

  1. Membina hubungan persaudaraan yang kokoh di antara sesama masyarakat Betawi dan yang lainnya demi terciptanya kehidupan yang aman, nyaman, dan damai serta bahagia di dunia dan akhirat;
  2. Membina hubungan kerjasama dengan pemerintah dan komponen lainnya dalam melaksanakan pemberdayaan masyarakat demi tercapainya kesejahteraan sosial;
  3. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia (sdm) masyarakat Betawi melalui pendidikan dan ketrampilan serta pembukaan lapangan kerja;
  4. Meningkatkan peran masyarakat Betawi dalam berbagai aspek kehidupan;
  5. Melestarikan dan mengembangkan seni budaya Betawi sebagai bagian dari kebudayaan nasional; dan
  6. Melaksanakan amar ma'ruf dan nahy munkar

1340702337842289522

PP merupakan ormas kepemudaan berskala nasional, dan ada di banyak tempat di Nusantara.

Dengan Visi Perjuangan, Kehadiran Satuan Pelajar dan Mahasiswa (SAPMA) Pemuda Pancasila bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumberdaya manusia Indonesia dibidang ilmu pengetahuan dan teknologi , mengabdikan dirinya kepada bangsa dan negara serta masyarakat Indonesia untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur dan sejahtera yang dilandasi oleh nilai – nilai yang terkandung dalam Pancasila sebagai ideologi NKRI.  SAPMA Pemuda Pancasila berjuang untuk membina rakyat Indonesia khususnya generasi muda Indonesia untuk meyakini ideologi Pancasila serta menanamkan semangat dan jiwa proklamasi 17 agustus 1945 beserta UUD 1945, sehingga terwujudnya Indonesia baru yang maju, modern, demokratis, bersatu, adil, dan makmur dengan masyarakatnya yang beriman dan bertakwa, berakhlak mulia , menjunjung tinggi supremasi hukum dan berdisiplin tinggi. Misi SAPMA Pemuda Pancasila, Menegakkan, mengamalkan, dan mempertahankan Pancasila sebagai ideologi negara bangsa Indonesia demi memperkokoh NKRI dan mewujudkan cita – cita proklamasi melalui pelaksanaan pembangunan nasional di segala bidang untuk mewujudkan kesejahteraan rakyat dan hak – hak asasi manusia serta mencerdaskan masyarakat khususnya generasi muda yang masih dalam proses pendidikan baik di tingkat pelajar dan mahasiswa.

1340702337842289522

Berdasar Visi dan Mis tersebut di atas, FBR dan PP, masing mempunyai kesamaan dan perbedaan; komunitas membernya pun berbeda, (walau ada juga kesamaan tertentu). Keduanya mempunya Tujuan dan gerakan untuk mencapai tujuan, yang diatas kertas berbeda; tapi bisa saja sama pada tataran pelaksanaannya, atau bahkan berbenturan serta tumpang tindih.

Agaknya, itu yang menjadi salah satu alasan sehingga mereka (FBR dan PP) sering konflik. Mereka, para anggota FBR dan PP tersebut,  sering bentrok  di berbagai kawasan Jabodetabek, misa;nya, Ciputat, Pondok Aren, Pesanggaran, Bintaro, dan Ciledug, Depok Baru, Sawangan, dan Beji.

Konflik PP - FBR tersebut, bukan lagi seperti anak-anak kecil rebutan mainan atau pun jajan, dan lapak mainan, namun sudah mencapai tingkat yang mengkuatirkan. Menurut polisi, bentrok yang sering terjadi tersebut akibat rivalitas di lapangan. Persaingan ini imuncul di lapangan dalam bentuk pemasangan bendera dan pendirian posko.  Agaknya, tidak sederhana itu, atau memang bangsa ini, sudah kehilangan akal sehat, sehingga harus menyelesaikan segala urusan dengan cara-cara brutal, pentung, serang, pedang, bacok, dan sejenisnya!?

Konflik mereka sudah menghasilkan korban nyawa, harta benda, dan saling bermusuhan. Dampak dari saling bermusuhan tersebut, ternyata terasa juga ke/pada lingkungan dan orang-orang tak terhisab dalam FBR maupun PP.

Upaya untuk menurunkan (syukur-syukur jika bisa meniadakan) konflik tersebut, bukan melalu peran para elite FBR dan PP serta polisi, namun perlu peluang serat kesempatan agar ada kesempatan kerja untuk mereka. Member FBR dan PP, harus diberi kesempatan sibuk, sibuk bekerja, sibuk cari nafkah, dan aneka sibuk lainnya, sehingga tak melulu nungguin-nongkrong di posko.  Mereka juga perlu mendapat pembinaan dan kegiatan postif, memperbanyak sosialisasi dengan masyarakat, serta berbagai kegiatan lainnya sesuai dengan visi dan misi masing-masing organisasi.

1340702337842289522

gambar koleksi rebutjakarta

1340702337842289522

Abbah Jappy P

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?