jamal setyawan

Keindahan Kerinci yang Tak Terawat

8 April 2017   07:20 Diperbarui: 29 April 2017   21:53 1012
Wisata. Sumber ilustrasi: FREEPIK/Freepik

Kerinci adalah negeri yang indah memiliki panorama wisata dan budaya yang beragam, gunung ,danau,air terjun peninggalan zaman purba keindahan alam yg masih alami yang dapat kita nikmati sejauh mata memandang, begitulah hal yang saya katakan pada teman2 di pekanbaru riau sehingga mereka pun memutuskan untuk berlibur ke kerinci

Dan dua minggu yang lalu di pandu saya sebagai pemandu wisata dadakan maklum kebetulan saya asli orang sana, kami berangkat berlibur kekerinci ,dengan penuh semangatnya kami mempersiapkan segala keperluan,planing awalnya kami menggunakan travel menuju ke kerinci tapi stelah memikirkan evisiensi waktu dan perjalanan nanti akhirnya kami memutuskan untuk menggunaka motor sekalian touring yg kebetulan teman2 kebanyakan adalah anak klub motor yg pling suka touring,

Perjalananpun kami mulai star di kota pekanbaru menuju payakumbuh kemudian ke arah batu sangkar menuju solok via singkarak dan melewati danau kembar terus ke muaro laboh dan ke kebun teh kayu aro kerinci jambi. Sebenarnya ada juga trayek laen yg bisa kita lewati yakni pekanbaru-payakumbuh-bukittinggi-padang-pesisir selatan tapn dan kota sungai penuh tetapi akan lebih lama 1 jam kurang lebih.

Sesampai di kerinci berbagai destinasi wisata di kerinci kami kunjungi oh ya kerinci sendiri merupakan branding icon wisata nya propinsi jambi dengan gunung kerincinya. Tempat pertama kali kami kunjungi adlah air terjun telun berasap nan exsotic bila cuaca cerah kita akan bisa melihat warna warni pelangi di sekitar air terjun akibat dari percikan air yg jatuh kemudian menjadi seperti asap sehingga jika di pantulkan dengan sinar matahari menjadikan pelangi yg indah tapai sayang saat kami di sana cuaca lagi mendung, dan kami hanya bisa menggigil kedinginan , setelah puas menikmati air terjun ,kami lanjut ke kebun teh kayu aro untuk menginap di homsty , cuacanya nya pasti dinginnn brrr khas pegununungan apalagi homstay nya berada di kaki puncak tertinggi sumatra dengan latar belakang perkebunan teh kayu aro yg konon katanya salah satu perkebunan teh terluas di dunia dan teh dengn kwalitas dunia.

Keesokan harinya lanjut menjelalah kerinci kami menuju ke aroma peco kayu arao, bukit tengah ohya bukit tengah adalah kompleks kantor bupati kerinci yang betada di atas bukit yg lumayan tinggi di atas bukit ini bisa kita lihat sebagian lembah kerinci ,lanjut ke air hangat semurup dan mandi air panas di sungai medang, dan kami lanjut ke kota sungai penuh untuk makan siang  menu yg kami pilih adalah gulai ikan semah yg merupakan ikan khas kerinci dan dendeng batokok ,dengen batokok ini beda sama dedeng yg biasa di rumah makan padang karna tekstur dagingnya lembut serta dagingnya di panggang . Setelah menikmati makan siang kami lanjut ke bukit khayangan yg untuk melihat keindahan lembah kerinci dan kota sungai penuh, kemudian kami menikmati ke eksotikan danau kerinci dari taman husein ,tanjung pelita dan lanjut ke dermaga sanggaran agung dan lanjut kembali ke kota sungai penuh untuk istirahat sebelum pulang ke esokan pagi nya, sebenarnya ada banyak lagi destinasi wisata kerinci yg belum kami jelajah namun karena terbatasnya waktu akhirnya kami memutuskan untuk kembali ke pekanbaru, destinasi yg belum kita kunjungi di antaranya desa wisata lempur di sana ada danau kaco yg terkenal bening berwarna biru, danau lingkat serta danau dua di sana juga bisa kita nikmati budaya adat masyarakat setempat. Ada juga air terjun talang kemulun,air terjun pancuran rayo, danau gunung tujuh,mendaki gunung kerinci.. Tapi lain waktu kita akan berkunjung lagi. Dari perjalanan ini teman teman merasa sangat terpesona dengan keindahan alam kerinci yg sangat indah udaranya yg sejuk dan makannya yg uenakk terutama gulai ikan semah nya dengan beras asli kerinci beras payo. Tetapi satu hal yg membuat mereka kecewa sebagai branding icon wisata propinsi jambi ,objek wisata di kerinci terksan tidak terurus di biarkan pemerintah daerah hanya mau memgambil distribusi tiket nya saja tampa ada nya petbaikan fasilitas dan kebersihan objek wisata yang terkesan kotor dan sebagian fasilitas rusak seperti wc yg kotor bau dan rusak, rumput yg udah tinggi terabaikan bahkan sampah yg berserak , yang merusak keindahan objek wisatanya yg seharusnya dapat nilai plus akhirnya dapat minus. Saya sendiri merasa sedikit kecewa .

Pemerintah kerinci dan kota sungaipenuh tidak serius mengurus pariwisatanya padahal potensinya sangat bagus. Harusnya pemrintah sudah tau potensi ini namun mereka terlalu sibuk mengurus jabatan dan kantong2 pribadi.

Dan saya berharap saat kami kembali wisata kerinci telah bersolek kembali..