jamal setyawan
jamal setyawan karyawan swasta

My life my pride

Selanjutnya

Tutup

Humaniora highlight

Dunia Terbalik antara Sinetron dan Kisah Nyata

13 September 2017   22:29 Diperbarui: 13 September 2017   22:50 450 0 0

Mungkin kita sudah tidak asing lagi dengam kisah sinetron DUNIA TERBALIK di rcti kisah warga ciraos kisah kelucuan bapak bapak yang menjadi bapak bapak rumah tangga yg di tinggal oleh para istri istri mereka menjadi tkw yang menjadi tulang punggung keluarga, kisah si idoy  ,akum, aceng dan dadang yg membuat kita tertawa geli , kisah mak eross yg membawa cerita sukses jdi tkw . Dan beragam tingkah polah para warga lainnya.

Kisah sinetron dunia terbalik sebenarnya bukan sekedar kisah drama fiksi belaka tetapi adakala nya kisah tersebut lazim dan biasa kita temui di desa2 yg ada di kabupaten kerinci jambi atau sperti nyata walaupun tidak sepenuh nya nyata . Ada beberapa kisah di sinetron dunia terbalik yg hampir seperti nyata di kerinci jambi betikut di antaranya

1. Kisah tkw sukses

Ce yoyo adalah seorang agen pjtki yg inspiratif yg selalu mengajak calon tkw barunya dengan menceritakan kisah para tkw yg sukses seperti mak eros , istrinya akum, istrinya dadang yg banyak emas dll.hal ini membuat tkw mjadi  terpikat.

Kisah ini sama yg terjadi di desa2 yang ada di kerinci ,berawal dari cerita sukses tki yg merantau ke malaysia dengan perhiasan yg banyak melekat di tubuh, membangun rumah yg mewah ,royal dengan para tetangga cerita mereka yg punya uang banyak atau membawa uang yg lebih ke kampung. Terkadang mereka juga pamer kaya si dadang dan ikoh istrinya ,mereka yg pulang kampung Di hargai masyarakat di elu elukan di kunjungi atau di jenguk istilah orang kerinci. 

Dan membuat masyrakat di desa2 di kerinci berbondong2 menjadi tki ke malaysia , jika di sinetron dunia terbalik yg berangkat adalah para istri di kerinci yg berangkat bisa istri bisa suami bisa kedua dua nya atau bisa juga anak2 mereka yang berangkat, bila istri yg brangkat anak di asuh suami jika dua dua nya berangkat anak di asuh nenek mereka atau kakak adek mreka yg tidak brngkat terkadang sdkit miris melihat anak2 yg umur 2 atu 3 tahun sudah di tinggal orang tua nya merantau dan di asuh nenek mereka. Atau anak anak yg tamat smp atau sma bercita2 ingin kemalaysia dan terkadang juga putus sekolah demi menjadi tki

Jika di dunia terbalik berangkat jadi tkw mereka menggunakn agen penyalur tki resmi di kerinci malah sebaliknya mereka berangkat kemalaysia secara ilegal atau tidak resmi dengan istilah di kerinci adalah 'nyelundup' ada juga yg menggunakan paspor tapi mereka menggunakan paspor wisata kemudian setlh masa visa mreka habis mreka menjadi tki ilegal lagi. Terkadang sungguh miris melihatnya di saat ada razia oleh pihak imigrasi malysia mereka harus sembunyi ke hutan. Jika di tangkap bisa jadi uang yg mereka kumpul kan menjadi buruh bangunan, buruh sawit, atu jadi pembantu rumah tangga bisa habis.

Kisah sukses para tki membuat mereka menempuh segala cara untuk mengubah nasib kehidupan mereka yg lebih baik setelah di negeri sendiri tak lagi mempunyai harapan hidup layak demi keluarga tercinta mereka terkadang menempuh resiko yang bertaruh nyawa baik saat keberangkatan ke negeri malysia yg 'nyeludup' menggunakan perahu kecil atau pun yg sudah di malysia bekerja sebagai tenaga kerja ilegal. 

Saat berangkat kemalysia dengan menyelundup mereka membayar sejumlah uang pada tekong(istilah orng kerinci) atau orang yg bertanggung jawab membawa mereka ke malysia . Dan mereka di berangkat kan menggunakan perhu kecil berisikan banyak orang tampa pengaman yg tidak menutup kmngkinan perahu yg mereka tumpangi bisa tenggelam.

Sesampai di malysia merka juga belum aman belum dapat kerjaan belum lagi ketakutan akan razia imigrasi dll.

2. Kisah cucu 

Cucu di tinggal ayah nya smnjak kevil dan pergi tampa kabar berita, selama di tinggal ayah si cucu dan ibu nya berjibaku bekerja apa pun untuk hanya sekedar menyambung hidup ,cucu kecil pun terpaksa tinggal di rumah gubuk bekas sapi.namun hal tak terduga datang setlah cucu tumbuh besar sang ayah datang menemuinya.

Kisah cucu ditinggal ayah nya hampir mirip dengan kisah saya,  jika cucu di tinggal ayahnya krna ibunya tidak mau jadi tkw dan bapak nya pergi dan tak kembali maka ayah saya justru pergi kemalaysia menjadi tki awalnya agar nasib hidup keluarga kami yg miskin ini bisa berubah pling tidak rumah yg berdiri tak berdinding bisa di perbaiki. Tapi ternyata nasib sukses para tki tidak terjadi pada keluarga kami ,ayah saya pergi ke malysia hanya bisa mengasih kabar ke kami cuma satu kali saat beliau menyampaikan kabar bahwa beliau sudah sampai di malysia setelah itu hilang tampa kabar berita bak di telan bumi. 

Tinggal lah ibu ku yg mencari nafkah pontang panting sana kemari jual sayur ,jual jengkol, jual petai tapi blum punya pnghsilan yang cukup untuk mnghidupi anak nya 5 bersaudara yg masih kecil2 hingga akhirnya ibu menjual ikan untuk menjual ikan  ibu ku harus mendayung sampan atau biduk dalam bahasa kerinci di danau kerinci untuk menemui para nelayan kemudian menjualnya ke pasar. Bgtu lah tiap hari yg ibu lakukan berangkat subuh pulang sore aku yg masih kecil waktu itu ,jika ibu pergi cari ikan di asuh sama kakak kakak2 ku yg yah harusnya sekolah smp tapi apa daya hidup yg membuat mereka tak tamat smp.

Bukannya kami tak mencoba mencri info kabar tentang ayah di mana, berbagai cara tlah di coba bahkan sma warga stu kampung yg merantau kemalysia tak satu pun yg tau keberadaan ayah saya, bahkan paman adik kandung ayah saya yg tempat ayah saya kunjungi pertama saat sampai di malysia juga tidak tau katanya sihh... , Padahal adik kandung ayah saya itu sudah jadi warga malysia miriss juga rasanya gak tau keberdaan ayah saya agak aneh gitu.

26 taun kurang lebih sudah smnjak ayah tiada kabar berita kakak2 sudah berkeluarga semua sudah punya anak semua bahkan anak2 kakak sudah beranjak remaja , dan aku pun mulai beranjak kepala 3 . Tiba2 ada kabar bahwa ayah ku sudah di rumah paman adik kandung ayah ku di malysia dan dari kabar yg kami terima beliau pulang sendiri kerumah paman benar atau tidak saya tidak tau. 

Singkat cerita ayah pun pulang ke kekerinci dalam keadaan sakit2an , jujur sya sulit mengingat wajah ayah krna gak ada fhto gak ada apa2. Dan jujur juga sampai sekarang saya gak pernah percaya sama adikk kandung ayah saya bagi saya ada hal yg tak biasa dan terasa sangat ganjil. Tapi apapun itu biar lah hanya allah yg tau.

Mungkin ayah memang bukan ayah yg baik tetapi bagaimnapun beliau tetap ayah saya. Dan bagiku ibu ku adalah ibu yg super super super yg tak semua bisa di lakukan oleh ibu2 yg lain yg mngkn bila di tinggal suaminya jdi kalng kabut.


BERSAMBUNG.............