Hari Ini Kota Yogyakarta Berulangtahun Ke-256

07 Oktober 2012 03:56:59 Dibaca :
Hari Ini Kota Yogyakarta Berulangtahun Ke-256
Logo Resmi HUT Kota Jogja 256

Hari ini genap 256 tahun usia Kota Yogyakarta. Lebih dari dua setengah abad setelah Pangeran Mangkubumi (6 Agustus 1717 – 24 Maret 1792) membangun sebuah kota sebagai tanda berdirinya Nagari Ngayogyakarta Hadiningrat dan pada 7 Oktober 1756 Pangeran Mangkubumi  menjadi raja bergelar Sampeyan Dalem Ingkang Sinuhun Kanjeng Sultan Hamengkubuwana Senapati-ing-Ngalaga Abdurrahman Sayidin Panatagama Khalifatullah Ingkang Jumeneng Kaping I.

Kini di abad millennium Kota Yogyakarta terus berkembang dan beradaptasi mengikuti jaman. Kota yang dikenal dengan berbagai predikat, yang terbentuk atas fungsi-fungsi pelayanan kota yang dominan, seperti kota budaya, kota perjuangan, kota pendidikan, kota sejarah dan kota pariwisata. Kota utama di Indonesia yang selalu mendapat predikat terbaik di berbagai bidang kehidupan.

Murwakani Pahargyan Ambal Warsa Kaping 256 Kutho Ngayogyakarta, menandai dimulainya peringatan HUT ini kemarin Jumat Sore (5/10) Walikota Yogyakarta Haryadi Suyuti secara simbolis memasang penjor di Pelataran Monumen Batik kawasan nol kilometer. Tradisi budaya Jawa ini berkolaborasi indah berpadu dengan pemasangan instalasi seni di ruang publik.  Kini bisa dilihat disepanjang jalan Malioboro telah dihiasi penjor dan telah terpasang 17 karya seni berupa patung-patung karya seniman Timbul Raharjo, renncananya akan dipasang hingga 20 Oktober 2012.

Hut Kota Jogja Merupakan Hari Ulangtahunnya Seluruh Masyarakat Kota Jogja

Di usia ke-256, masyarakat Kota Yogyakarta mengucapkan ikrarnya untuk Jogja istimewa. Ikrar yang dibungkus dalam semangat besar dan tekad yang kuat dalam mewujudkan cita-cita bersama, menyatakan bahwa masyarakat Kota Yogyakarta akan menggunakan filosofi Segoro Amarto (Semangat Gotong Royong Agawe Majune Ngayogyakarta) dalam penerapan kehidupan sehari-hari. Masyarakat Kota Jogja akan mengedepankan semangat Segoro Amarto sebagai titik awal untuk mewujudkan Jogja Istimewa.

Pembacaan ikrar ini dilakukan malam nanti pk.19.00 di Halaman Balaikota JOGJA di depan Gubernur DIY Sultan HB X dengan iringan pasukan Gajah melambangkan semangat yang besar, penuh gelora dan tekad bulat untuk diterapkan sepenuh hati,...

(Masyarakat yang tidak bisa hadir langsung dapat mengikuti di full live streaming acara ini di www.jogja.tv,,, monggo-monggo…….)

Ultah Kota Jogja kali ini juga membawa atmosfer yang sangat istimewa bagi masyarakat Kota Jogja karena bertepatan dengan disahkannya UU Keistimewaan Yogyakarta, yang diteruskan dengan Pelantikan Gubernur DIY Sultan HB X oleh Presiden SBY pada 10 Oktober nanti.

Dan khusus menyambut HUT Kota 256 dan menyambut pelantikan Gubernur DIY, Malioboro akan libur sehari pada tanggal 10 Oktober. Komunitas Malioboro juga akan menggelar tumpengan sebagai wujud syukur.

Semangat Segoro Amarto Untuk Jogja Istimewa, tematik yang diusung dalam HUT 256 Kota Yogyakarta tahun 2012. Menjadi semangat bagi seluruh warga Kota Yogyakarta untuk bergerak dalam karya bersama mewujudkan kesejahteraan dan kemajuan serta meningkatkan daya saing dalam upaya mewujudkan Jogja yang benar-benar istimewa.

HUT 256 menjadi momentum bagi seluruh warga Kota Yogyakarta untuk sadaya nyawiji rila gumreget ambangun diri lan nagari. Bersama bersatu ikhlas dalam membangun diri dan negara.

Selamat Ulang Tahun Kota Jogja

Jogja selalu istimewa untuk Indonesia

I lupp U full

Ismawati Retno

/ismawatiretno

TERVERIFIKASI (HIJAU)

Mencintai JOGJA bersama dinamika kehidupannya
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?