PILIHAN HEADLINE

"Skip Challenge", Trauma Tumpul pada Dada

16 Maret 2017 14:00:33 Diperbarui: 16 Maret 2017 20:21:00 Dibaca : Komentar : Nilai : Durasi Baca :
"Skip Challenge", Trauma Tumpul pada Dada
Sumber gambar: tribunnews.com/instagram

Trauma tumpul pada dada adalah cedera pada dada akibat benturan benda tumpul seperti kecelakaan yang mengakibatkan dada terbentur pada setiran mobil atau kecelakaan sepeda motor yang mengakibatkan dada terbentur pada aspal. Sebenarnya, Trauma dada diklasifikasi menjadi dua, ada trauma tumpul seperti diatas dan trauma tajam akibat benda tajam seperti pisau, dll. 

Adapun hubunganya dengan SKIP Challenge, permainan yang sedang digemari oleh anak-anak remaja saat ini, pada prinsipnya sama halnya dengan menyengaja untuk membuat dada trauma, khususnya trauma tumpul pada dada. Hal ini sangat berbahaya dan dapat berakibat fatal, karena ketika dada ditekan, maka akan terjadi perubahan tekanan pada dada. 

Perubahan Tekanan pada dada ini tentu akan mendorong organ-organ di dalam dada seperti paru, jantung, tulang iga dll. Alhasil, perubahan Tekanan yang tiba-tiba tersebut akan membuat perubahan fungsi pada organ-organ tersebut, yang akhirnya akan mengurangi suplai oksigen ke otak. Sementara otak manusia sangat membutuhkan oksigen. Jika suplai oksigen ke otak berkurang, akan berakibat matinya sel-sel saraf. Matinya sel-sel saraf inilah yang ditakutkan pada permainan Skip Challenge ini.

Selain hal tersebut diatas, hal lain yang juga berbahaya pada permainan SKIP CHALLENGE adalah jika Tekanan yang diberikan pada dada tersebut dengan kekuatan yang lebih, maka akan memungkinkan tulang rusuk atau tulang iga patah. Patahnya tulang Iga, tentu akan membuat tulang menonjol ke dalam, sehingga dapat membuat pembuluh darah pecah atau dapat merusak organ-organ di dada. Hal ini tentu akan berdampak pada keluarnya darah di dalam dada, hingga akhirnya darah kan banyak terkumpul di dalam dada. Jika hal ini terjadi, maka tindakan yang perlu dilakukan adalah operasi untuk mengeluarkan darah serta menghentikan darah dari dalam dada.

Jadi, Permainan Skip Challenge adalah permainan yang berbahaya, karena sama halnya membuat dada trauma tumpul. Oleh karena itu, carilah permainan lain selain permainan Skip Challenge. 

Sayangilah diri Anda. Karena Anda begitu berharga.

dr.La Mail Ziha

/ismailziha

Nama Lengkap: Ismail Harun Ziha. Nama Pena: La Mail. Pria, lahir di Sulawesi Tenggara, Profesi Dokter Umum. Hobi menulis, membaca, berpetualang, bernyanyi, berenang, memancing. Pengamat Politik, Sosial, Budaya, Ekonomi serta hal-hal lain. Selalu belajar dan belajar.
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH PLATFORM BLOG, SETIAP ARTIKEL MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

NILAI :

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana