Mohon tunggu...
ISJET @iskandarjet
ISJET @iskandarjet Mohon Tunggu... Administrasi - Storyteller

Follow @iskandarjet on all social media platform. Learn how to write at www.iskandarjet.com. #katajet. #ayonulis. Anak Betawi. Alumni @PMGontor, @uinjkt dan @StateIVLP. Penjelajah kota-kota dunia: Makkah, Madinah, Tokyo, Hong Kong, Kuala Lumpur, Langkawi, Putrajaya, Washington DC, Alexandria (VA), New York City, Milwaukee, Salt Lake City, San Francisco, Phuket, Singapore, Rio de Janeiro, Sao Paulo, Dubai, Bangkok.

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Artikel Utama

Visi Indonesia, Antara Naskah dan Transkrip Pidato Jokowi

15 Juli 2019   09:20 Diperbarui: 16 Juli 2019   08:40 1562
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gambar dijepret-layar oleh @iskandarjet dari tayangan Kompas TV.

Teks pidato itu menyebar secepat kilat. Belum selesai siaran langsung Pidato Kemenangan Presiden Terpilih 2019-2024 Joko Widodo di Sentul semalam, saya sudah melihat isi pidatonya dalam bentuk tulisan di salah satu grup WhatsApp.

Pidato Presiden Terpilih

"Visi Indonesia"

14 Juli 2019

Begitu tertulis di bagian atas naskah yang dikirim oleh salah seorang anggota grup, entah dari mana, entah siapa penulisnya. Saya lalu menanyakan siapa penulis naskah Presiden Jokowi ke seorang teman di istana, dia mengaku belum mengetahuinya. Tapi dia mengonfirmasi bahwa naskah ini asli.

Pertanyaan itu penting saya ajukan dalam rangka mengecek sumber naskah. Sebelumnya, saya sudah mencermati sekilas apa yang disampaikan Jokowi di hadapan puluhan ribu pendukung dengan apa yang tersebar di grup WhatsApp. Saya putar lagi siaran langsung Kompas TV ke bagian pidato yang disampaikan setelah pentas musik dari beberapa artis.

Setelah menemukan banyak kata kunci yang sama dengan teks yang ada, saya pun yakin teks itu asli dan tidak ada masalah dengan isinya. Kemudian saya sebarkan ke grup WA lain dan ke Facebook. Agar semua orang bisa membacanya.

Semula saya mengira yang saya sebar adalah transkrip atau salinan teks dari apa yang diucapkan Jokowi di atas panggung. Tapi setelah saya cermati lagi pidatonya dari awal, ternyata ada banyak perbedaan antara apa yang diucapkan dan apa yang tertulis.

Saya pun memutuskan untuk menyimak kembali pidato Jokowi dari awal sampai akhir, sambil mengedit tulisan tadi agar cocok 100% dengan apa yang diucapkan oleh Jokowi.

Dari situ saya tahu bahwa apa yang disebar di grup WhatsApp adalah naskah pidato, yaitu apa yang semestinya dibaca oleh Jokowi saat berpidato.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
  7. 7
  8. 8
  9. 9
  10. 10
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun