Iwan Permadi
Iwan Permadi karyawan swasta

a freelance tv creative

Selanjutnya

Tutup

Humaniora highlight

Play Golf or Go Golfing?

9 September 2017   13:56 Diperbarui: 9 September 2017   14:26 1384 3 0

Mengekspresikan suatu kegiatan berolah-raga dalam Bahasa Inggris bisa dilakukan dengan kata play, do dan go. Masalahnya olah raga apa yang bisa dipadankan dengan ketiga kata kerja (verb)tersebut dan tulisan ini mencoba menguaknya.

Pertama kata "play" seperti dalam kalimat "I can play football" dan "I can't play tennis". Olahraga lain yang juga menggunakan kata "play" seperti baseball,  basketball, volley ball,  soccer dan lain-lain. Prinsipnya permainan ini utamanya menggunakan bola jadi gunakan kata "play".

Kedua kata "go" seperti dalam kalimat "I go skiing" atau "He goes snowboarding". Selanjutnya "They go golfing". Mengapa olahraga "Golf"menggunakan kata kerja "go"?Itulah uniknya bahasa dimanapun, bahkan pada Bahasa Inggris,adanya pengecualian (exception), mengingat permainan "golf" menggunakan bola juga. Ada aturan dalam tata bahasa Inggris (grammar) setelah kata kerja seperti "go" , "enjoy", "like", dan lainnya yang sejenis selalu diikuti oleh kata berbentuk "gerund", atau kata benda berakhiran "ing"yang bentuk aslinya adalah kata kerja, seperti "I enjoy traveling" , "I like reading" dan "I go swimming" . Ketiga "gerund" tadi berasal dari kata kerja "to travel, to read dan to swim". Jadi kalau kata "golfing", maka yang tepat kalimatnya "I go golfing" atau "She goes golfing". Dan alasan lainnya adalah selama ini dalam keseharian didalam percakapan Bahasa Inggris tidak dikenal kata "play Golfing".

Lalu bagaimana dengan olah raga lain yang bersifat individu, "exercise" seperti "yoga dan aerobics" serta "martial arts" (olah raga bela diri) seperti "karate, judo, pencak silat,kung fu, wushu, taekwondo" dan lainnya? Nah disini kata kerja "do" digunakan seperti "I do yoga","He does exercises at a gym", "They do aerobics". Jadi yang tepat "I do stretches" dan bukan "I go stretching" atau "I play stretches".

Coba mana yang benar? I play table tennis atau I do table tennis? I play table tennis. I do racing atau I go racing? Jelas I go racing. Bagaimana dengan I play tai chi atau I do taichi? I do tai chi.

Football is football and talent is talent. But the mindset of your team makes all the difference. (Robert Griffin III)