Khilafah yang Dikenali tapi Tidak di Hati

19 Mei 2017 20:47:26 Diperbarui: 19 Mei 2017 21:09:47 Dibaca : Komentar : Nilai : Durasi Baca :

 Adakah tema-teman2 yg asing dengan kata KHILAFAH? Atau malah takut?

 Sebenarnya apa sih khilafah itu?  Kalau teman2 mau mengingat sih, yg pernah duduk di bangku MAN kelas 3 saya rasa pernah dapat materitentang khilafah pada mata pelajaran fiqih. Kalau saya tidak salah ingat ya. 

 Khilafah,  kepemimpinan tunggal umat islam di dunia yg menerapkan syari'at islam secara menyeluruh dan mendakwahlan islam ke seluruh penjuru dunia. 

 Masih ingatkah? Bahkan dalam pelajaran itu dibahas rinci dari asal katanya sampai penyebab keruntuhannya. Sayangnya saat pelajaran itu kurang menancap di saya bahwa urgensi khilafah itu tidak bisa diabaikan. Saya hanya menganggap oo..pernah ada dan runtuh dan ndak tahu harus sedih atau bahagia. There is no feeling at all. 

 Ya, maklum. Tidak merasa memiliki khilafah karena menganggap itu hanya sejarah, saya tidak tahu kegemilangannya dan yaa bgitulah...  yang penting sekarang saya sudah sholat, puasa dll yg bisa saya lakukan untuk membuktikan keimanan.
 Dan tahu juga kalo syariat islam seperti potong tangan itu sudah dijalankan oleh Arab Saudi jadi ya nggak ngeh kalo syari't itu harus diterapkan semua hhh.. Pikiran yg payah. 

 But now. Not now at all. Di awa-awal2 mengkaji islam lebih dalam (lha dulu apa yg dikaji 3 tahun di lingkungan islam?nggak ndalami islam? Entahlah) diri ini terhenyak dengan fakta2 islam yang mempunyai ajaran yg sangat kompleks, tidak hanya aku ibadah sholat, puasa, zakat tapi edukasi, ekonomi, politik, dkk, islam punya aturan itu semua. Kemana saja diriku selama ini? Astaghfirullah...

 Efek apa ini. Agama islam tapi ajaran islam saja tak terlalu paham. Sungguh diri ini...
Dan dengan mengkaji islam juga, baru tahu gimana posisi keimanan saya dan umat islam semua tanpa adanya khilafah. Iman kita tidaklah sempurna. How come? Yup, pasalnya undang-undang tahun ee.. Bukan bgtu alurnya. Pasalnya,  iman itu tidak hanya diucapkan dengan lisan dan diyakini dengan hati tapi diamalkan juga dengan action. 

Contoh : kalau orang islam yg beriman realisasi imannya adalah dengan sholat, puasa,  zakat,  naik haji saja,  nah itu belumlah sempurna karena ternyata banyak ibadah2 lain yg belum terlaksana. Apa? Laa takrobu az-zina 'jgn mendekati zina-pacaran-,  nah yoo, potonglah tangan org yg mencuri, rajamlah org yg berzina, jangan makan riba dan masih buanyak lagi yg tertera dlm alquran dan blm terterapkan. Nah, masalahnya hukum2 islam tadi tidak bisa kita laksanakam sendiri. Harus ada institusi yg menjalankan. Kalau tdk ada? Ya itu dosa investasi. Kita diam kita dpt dosa. Ngeri? Ngeri bgt.

 Dan dengan mengkaji islam juga, baru tahu gimana posisi keimanan saya dan umat islam semua tanpa adanya khilafah. Iman kita tidaklah sempurna. How come? Yup, pasalnya undang2 tahun ee.. Bukan bgtu alurnya. Pasalnya,  iman itu tidak hanya diucapkan dengan lisan dan diyakini dengan hati tapi diamalkan juga dengan action. Contoh : kalau orang islam yg beriman realisasi imannya adalah dengan sholat, puasa,  zakat,  naik haji saja,  nah itu belumlah sempurna karena ternyata banyak ibadah2 lain yg belum terlaksana. Apa? Laa takrobu az-zina 'jgn mendekati zina-pacaran-,  nah yoo, potonglah tangan org yg mencuri, rajamlah org yg berzina, jangan makan riba dan masih buanyak lagi yg tertera dlm alquran dan blm terterapkan. Nah, masalahnya hukum-hukum islam tadi tidak bisa kita laksanakam sendiri. Harus ada institusi yg menjalankan. Kalau tdk ada? Ya itu dosa investasi. Kita diam kita dpt dosa. Ngeri? Ngeri bgt.

 So, Khilafah itu ajaran islam kawan. Ngapain takut,  ngapain benci, ngapain menyuarakan keburukan tentang khilafah? 

 Masih nggak percaya kalo khilafah ajaran islam? Buka kitab kuning yg ditulis para ulama', kitab hadist,  kitab fiqih asli Indonesia seperti tulisan Suliman Rasyid, ada bahasannya khilafah disana. Nggak percaya? Coba deh buka dulu. 

 Jadi salahkah kita memberi tahu atau berdakwah tentang khilafah? 

 Ya nggak salahlah... Kan ajaran islam. Ya kayak ajaran islam lain seperti sholat, puasa, thoharoh dll.

  Malah tahu ndak kalau khilafah ndak ada, wajib diperjuangkan keberadaannya? Oleh siapa? Ya umat muslim seluruhnya. Ndak percaya? Makanya kaji islam. Malu ahh... Malu sekarang atau mau  dimintai pertanggung jawaban kelak di akhirat? Tholabul 'ilmi faridhotun 'ala kulli muslimin wa muslimatin 'menuntut ilmu itu wajib bagi setiap laki laki muslim dan perempuan Muslim'. Apalagi ilmu islam yg buat bekal masa depan, wajib tuh di pelajari. Tak kenal usia yaa.. Yuk cus kenali islam. Kenali khilafah,  kenali ajaran islam seluruhnya biar kita ndak salah paham yg membuat paham kita salah dan akhirnya malah membenci apa yg dibawa oleh islam. 

KOMPASIANA ADALAH PLATFORM BLOG, SETIAP ARTIKEL MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.
LABEL muda

NILAI :

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana