:: Beraneka Jenis Benang Rajut ::

07 Oktober 2012 01:46:56 Dibaca :
:: Beraneka Jenis Benang Rajut ::

Kain adalah barang yang dibuat dari benang yang digunakan untuk pakaian atau untuk maksud lain. Cara membuat kain ada 2 macam yaitu dengan cara di tenun dan dirajut. Tenun adalah menyilangkan 2 benang dengan cara dianyam atau menggunakan mesin tenun sedangkan rajut adalah teknik membuat kain dengan cara mengaitkan dua buah benang.

Benang merupakan serat panjang yang digunakan untuk memproduksi tekstil, tenun, knitting, crochet, jahit dll. Ada empat macam jenis benang berdasarkan bahan pembuatnya. Empat macam bahan pembuat benang adalah  serat alam, sintesis, semi sintetis dan blending.

Benang katun adalah benang rajut yang terbuat dari serat alam. Benang ini terbuat dari kapas. Benang rajut sintesis adalah benang rajut yang dibuat dari bahan sintesis. Bahan sintesis adalah bahan buatan yang sudah dirancang sedemikian rupa sehingga mempunya sifat (kelenturan, kekuatan, elastisitas) tertentu. Pada umumnya benang sintesis memiliki harga lebih mahal daripada benang katun. Benang rajut yang termasuk benang sintesis adalah benang bulky, benang jala, benang poliester, benang acrylic dan benang nilon. Benang semi sintesis adalah benang sintersis yang bahan penyusunnya terbuat dari bahan yang komposisi penyusun kimianya bersifat organik. Benang rajut yang termasuk benang semi sintesis adalah benang rayon. Jenis benang rajut berdasarkan bahan pembuatnya adalah benang blending. Benang blending adalah benang yang terbuat dari campuran bahan alam dan bahan semi sintesis. Benang rajut yang termasuk dalam benang blending adalah benang athena.

Untuk membuat sandal rajut, baju, tas rajut, topi, syal dan berbagai pernak-pernik lain hendaknya memilih benang rajut yang sesuai dengan produk unik dan cantik yang akan dibuat. Mayoritas benang rajut yang terbuat dari katun cocok untuk dibuat berbagai macam produk rajutan apapun sedangkan beberapa benang rajut yang lain hanya cocok digunakan untuk membuat jenis produk rajutan tertentu saja. Benang rajut dijual per gulung atau per kilo (untuk benang nylon). Harga benang rajut relatif murah yaitu berkisar antara Rp. 5.000,00 sampai dengan Rp. 38.000, 00.

Berikut beberapa benang yang biasa digunakan untuk membuat rajutan :

1. Benang Katun. Benang Katun adalah benang rajut yang terbuat dari serat alami (kapas). Benang ini adalah benang yang biasa digunakan oleh pemula yang baru belajar merajut. Benang katun sifatnya dingin, ringan dan memiliki banyak variasi warna. Benang katun bisa digunakan untuk membuat berbagai macam pernik sulam.

Benang katun ada yang memiliki satu warna dan memiliki warna gradasi. Benang yang memiliki warna gradasi biasa disebut dengan benang sembur. Jenis benang katun yang lain adalah benang katun bali halus (jasmine), benang katun import 2. Benang Katun Minlon

Benang Minlon adalah benang rajut yang sejenis dengan benang Kinlon. Benang ini adalah benang katun yang lembut. Oleh karena sifatnya yang ringan dan lembut maka cocok untuk digunakan sebagai bahan membuat syal, amigurami dan baju.

3. Benang Katun Kinlon Benang katun Kinlon adalah benang rajut yang sejenis dengan benang katun minlon. Benang inipun cocok digunakan untuk membuat syal karena sifatnya yang mengembang dan hangat jika mengenai tubuh.

4. Benang Katun Panda.Benang katun Panda adalah benang yang cocok digunakan untuk membuat kaos kaki karena teksturnya lembut dan hangat dikulit.

5. Benang Katun Orchid Benang katun orchid adalah benang katun yang lembut namun memiliki tekstur benang yang agak pecah. Benang Orchid cocok jika digunakan untuk membuat baju dan syal. Benang ini kerap dibandingkan dengan benang Panda. Untuk yang belum terbiasa dengan benang yang agak pecah disarankan menggunakan benang Panda atau menggunakan Hakpen dengan ukuran 1 ukuran di atasnya. 6. Benang Rajut Bulky. Benang Bulky adalah benang rajut yang terbuat dari bahan acrylic. Benang ini lembut dan berserat. Benang Bulky cocok digunakan untuk membuat tas, syal atau topi. 7. Benang poliester. Benang rajut poliester adalah benang rajut yang banyak digunakan untuk membuat sweater, cardigan dan juga syal. Sifat benang poliester adalah tidak mudah kusut, tidak mudah lekuk serta tidak mudah luntur.

8. Benang rajut Acrylic. Benang rajut acrylic adalah jenis benang rajut yang terbuat dari bahan sintesis yaitu acrilic. Sifat acrylic adalah lembut, ringan dan dingin jika dikulit.

9. Benang  nilon Benang Nilon adalah benang rajut yang karena sifatnya yang kuat dan elastis serta mengkilat. Oleh karena itu benang nilon banyak digunakan sebagai bahan tas rajut. Benang nilon yang berukuran kecil bisa digunakan untuk membuat berbagai aksesoris.

10. Benang Smock Benang smock adalah benang yang terbuat dari bahan rayon yang khusus digunakan untuk membuat hiasan pada bagian pinggir jilbab.

11. Benang Rayon Rayon adalah salah satu jenis benang rajut yang terbuat dari bahan semi sintesis. Benang ini sifatnya kaku dan tidak mudah kusut. 12. Benang Athena

Benang Athena adalah benang rajut yang terbuat dari bahan campuran katun, acrylic dan beberapa benang menggunakan rayon sebagai campuran. Benang ini lembut sehingga cocok jika digunakan untuk membuat topi, syal atau topi.

13. Benang Jala

Benang Jala adalah benang rajut yang digunakan untuk membuat taplak meja.

[http://vecrolbag.blogspot.com/2012/10/macam-macam-benang-rajut.html]

Ina Tiara

/inatiara

Owner of Vecrol Handycrafts.
Vecrol Handycrafts adalah produsen barang-barang handmade ASLI INDONESIA seperti sandal unik, sandal karakter, sandal rajut, tas rajut dan barang-barang handmade lain yang unik, lucu dan apik.
| http://www.facebook.com/inatiara | inatiara.blogspot.com | vecrol.blogspot.com | vecrolbag.blogspot.com

Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?