HIGHLIGHT

Persembahan Cinta Fir'aun Bagi Istrinya

09 Juni 2012 14:29:30 Dibaca :
Persembahan Cinta Fir'aun Bagi Istrinya
Kuil Nefertari, persembahan Cinta Ramses II kepada Istrinya. Foto by Muassis

Malam minggu enaknya nulis apa ya? Yang berbau cinta cintaan aja deh. Biar semangat, hehee.  Dan cinta kali ini bukan sembarangan cinta. Tetapi persembahan cinta Fir'aun kepada istrinya. Memang, ketika minggu lalu, 28 Mei 2012, ke Abu Simbel di Aswan Mesir, selain menyaksikan patung Ramses II yang segede gaban itu, kami juga menyaksikan kuil Hathor yang dipersembahkan Ramses II kepada istrinya, Nefertari. Kuil itu berada tidak begitu jauh dari patung kuil Ramses II tersebut. Dan di depan kuil itu, terdapat patung yang sama tingginya antara Ramses II dan istrinya, Nefertari.

13392576081784742062
Kuil Nefertari, dengan ke-6 patungnya. Foto by Muassis
Nah, kalo di patung sebelumnya kan kita bisa lihat, di kaki Ramses II terdapat patung cewek yang kecil banget. Itu adalah ke delapan orang istrinya, tetapi diposisikan rendah banget sejajar dengan setengah betisnya. Yang sejajar dengan dia hanya Nefertari yang terdapat di kuil Hathor ini. Ada 6 patung di kuil ini, masing masing setinggi 10 meter. Keenam patung tersebut adalah representasi Ramses II, dengan 2 patung Ramses II mengapit Nefertari. Jadi ada 4 patung Ramses II, dan 2 patung Nefertari. Digambarkan Nefertari sebagai Dewi Hathor, dengan mahkota tanduk sapi suci, matahari dan buah plume.
13392515131702934878
Bangunan dalam Gunung Batu yang Memisahkan Kuil Ramses II dan Nefertari. Foto by Muassis
Dari buku Abu Simbel yang kubaca, disebutkan bahwa walaupun Ramses II (1290 SM - 1224 SM, masa pharaonic) memiliki 8 istri (yang sah), tetapi Nefertari adalah istrinya yang paling dicinta. Nefertari selalu diikutkan oleh Ramses II dalam setiap upacara keagamaan maupun upacara negara. Dialah yang selalu berada disisinya dalam setiap upacara tersebut. Sayang, Nefertari wafat sebelum kuil selesai. Tetapi keanggunan kuil ini masih bisa kita saksikan hingga sekarang. Isinya menakjubkan. Dengan lukisan lukisan yang menggambarkan aktivitas Nefertari, baik sebagai ratu maupun ketika sebagai Dewi Hathor (sayang, tidak boleh memfoto didalam kui). Dalam mitologi Mesir, Hathor dapat dikatakan sebagai ibunya para dewi. Ia juga merupakan dewi kecantikan, keceriaan, dan kebaikan. Nah, yang menarik, kalo kita kaitkan Nefertari dengan seorang perempuan mulia beriman yang disebut dalam Al Quran dan Hadist. Istri Firaun yang mengambil bayi Musa yang dibuang ibunya ke sungai Nil, demi menyelamatkan sang bayi dari pembantaian sang Fir'aun. Sang istri pula yang berhasil membujuk Firaun untuk memelihara bayi tersebut. Dan hebatnya, bujukan itu berhasil, berkebalikan dengan tekad Firaun untuk membunuh semua bayi laki laki bani israel tersebut. Kalau bukan karena cinta kepada istrinya, kenapa dia mau? hehee Sementara kalo dari hadist Nabi, tentu kita juga tahu bahwa istri Firaun ini termasuk 4 orang perempuan paling mulia di surga, yaitu Asiah (istri Firaun), Maryam (ibunda Nabi Isa as), Khadijah binti Khuwailid (istri Nabi Muhammad saw) dan Fatimah Az Zahra (putri Nabi saw). Jadi, apakah Nefertari itu adalah Asiah? Yah bisa jadi sih, kalo asumsinya emang bener Ramses II yang disebut Firaun pada zaman Nabi Musa itu. Gitu kali 'penerawangan' amatiran ini, hehee Cerita sebelumnya ada disini: Misteri Ramses II dan Patung Paling Narsis Sedunia Ya Sudah, Salam Kompasiana!

Ilyani Sudardjat

/ilyani

TERVERIFIKASI (BIRU)

"You were born with wings, why prefer to crawl through life?"......- Rumi -
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?