FEATURED

Menulis Kreatif seperti Menghitung Tanpa Menggunakan Kalkulator

23 Januari 2014 19:21:51 Diperbarui: 06 Februari 2017 02:33:51 Dibaca : Komentar : Nilai : Durasi Baca :
Menulis Kreatif seperti Menghitung Tanpa Menggunakan Kalkulator
ilustrasi: shutterstock

ANDA mungkin sering gagal menuliskan sesuatu karena merasa ide yang Anda ingin ungkap sudah dituliskan oleh orang lain. Jangan panik, bukan hanya Anda yang mengalami hal serupa! Sejujurnya, saya juga sering jatuh tersandung batu yang sama.

Salah satu tugas penulis kreatif adalah menemukan the road not taken, jalan yang belum ditempuh orang lain.Jika Anda percaya bahwa salah satu tugas penulis kreatif adalah menemukan cara baru mengungkapkan sesuatu, Anda akan lebih mudah terlepas dari situasi di atas. Jika Anda tidak percaya, saya menuliskan catatan ini untuk membuat Anda percaya.

Sering kali, menulis kreatif seperti memecahkan soal matematika tanpa menggunakan kalkulator. Saya berharap Anda akan mengerti maksudnya seusai membaca catatan ini.

JANGAN malas. Anda mungkin setuju bahwa itu aturan yang bagus diberlakukan untuk aktivitas apapun. Begitulah. Jika ingin menjadi ahli matematika atau penulis yang bagus, Anda harus tekun dan tidak bergantung kepada hal-hal yang bisa membuat Anda malas dan tidak kreatif.

Baiklah, meskipun ini catatan ihwal menulis kreatifkarena saya lebih senang menulis ketimbang menghitungsaya akan mengajak Anda untuk kembali belajar cara berhitung tanpa menggunakan kalkulator atau menghitung di luar kepala.

Berapa lama waktu yang Anda butuhkan jika seseorang tiba-tiba meminta bantuan Anda memecahkan soal berikut ini? Tunggu, maksud saya, Anda harus menghitungnya tanpa menggunakan alat apapun kecuali pikiran Anda. Ini soalnya: 29 x 21 sama dengan berapa?

Sebelum menjawab soal di atas, saya akan mengajari Anda cara memecahkan soal pengalian yang lebih sederhana. Terima kasih, saya memang baik hati. Misalnya: 6 x 57. Mula-mula, 6 x 50 = 300, lalu 6 x 7 = 42. Tambahkan keduanya untuk menemukan hasil 342.

Masih butuh contoh? Baiklah, 7 x 29 sama dengan berapa? Kita tahu bahwa 7 x 20 = 140 dan 7 x 9 = 63. Hasilnya, 140 + 63 = 203. Tetapi, ada alternatif lain untuk memecahkannya dengan lebih muda. Caranya? Andaikan 29 sebagai 30 – 1, lalu kerjakan 7 x 30 = 210. Kemudian kurangkan dengan hasil 7 x 1. Hasilnya, 210 – 7 = 203. Nah!

SEKARANG, saya yakin ada di antara pembaca yang bisa dengan cepat menyebut angka 609 untuk soal 29 x 21. Dan, ya, itu betul. Tapi, catatan ini bukan tentang betul atau salahnya jawaban anda. Catatan ini ingin menunjukkan kepada anda bahwa setidaknya ada 4 cara mudah dan cepat untuk mengetahui bahwa jawaban pertanyaan di atas tanpa perlu menggunakan kalkulator. Anda percaya?

Jika Anda tidak percaya, saya akan menguraikannya satu per satu. Saya tahu, banyak orang yang selama ini menganggaphanya ada satu cara memecahkan soal semacam itudan merasa nyamanmenggunakan cara itu terus-menerus. Jika mau jadi penulis kreatif, Anda harus segera keluar dari golongan orang-orang malas itu!

Pertama, kita bisa menempuh Cara Penambahan.Mula-mula, Anda bisa ‘berpura-pura’ menganggap 21 sebagai 20 + 1. Selanjutnya, Anda akan jadi lebih mudah karena 20 x 29 = 580. Ingat, Anda harus juga mengalikan 1 x 29 untuk mendapatkan 29. Sekarang, tambahkan keduanya: 580 + 29. Hasilnya: 609.

Kedua, kita juga bisa menempuh Cara Pengurangan.Mula-mula, andaikan bilangan 29 sebagai 30 – 1 dan kita dapatkan 30 x 21 = 630. Selanjutnya, jangan lupa, 1 x 21 = 21. Terakhir, kurangkan keduanya dan kita mendapatkan 630 – 21 = 609.

Ketiga, kita juga bisa menggunakan Cara Faktor. Andaikan bilangan 21 sebagai 7 x 3 untuk mengubah 29 x 21 menjadi 29 x 7 x 3. Mula-mula, hitung 29 x 7 = 203 (Ingat, cara yang sudah kita lakukan pada latihan sebelumnya!) Lalu, kalikan bilangan tersebut dengan 3 untuk mendapatkan 203 x 3 = 609.

Keempat, ternyata kita juga bisa memecahkannya dengan Cara Sulap. Bulatkan masing-masing bilangan untuk mendapatkan 30 x 20 = 600, lalu tambahkan dengan 9 x 1 = 9. Anda sudah lihat hasilnya? Iya, 609. Jangan tanya saya kenapa bisa begitu! Please!

JIKA soal matematikasesuatu yang sering orang anggap sebagai ilmu pastibisa dipecahkan dengan berbagai cara, Anda harus percaya bahwa satu ide bisa diungkapkan dengan bermacam-macam cara.

Jadi, tinggalkan kalkulator Anda, maksud saya, tinggalkan kemalasan Anda. Mulailah mencari cara baru untuk menuliskan ide yang Anda anggap sudah dituliskan oleh orang lain.

Nah, karena saya sudah berbagi kiat berhitung tanpa menggunakan kalkulator, saya ingin Anda memecahkan soal berikut ini. Sekali lagi, percayalah judul catatan ini. Jika Anda bisa menjawab soal berikut ini, Anda akan punya kiat menulis yang lebih baik.

Soalnya mudah saja. Sebutkan angka selanjutnya dari urutan angka berikut ini:

2, 5, 4, 1.000, 11, ….

Silakan menulis jawaban Anda di kolom komentar. Saya tunggu. Terima kasih.

Catatan:

Saya berharap Anda tidak semata belajar soal cara memecahkan masalah hitung-hitungan dan kebuntuan menulis setelah membaca tulisan di atas. Barangkali Anda juga bisa percaya bahwa matematika dan sastra bukanlah dua dunia yang begitu jauh harus ditempatkan terpisah. Maksud saya, imajinasi dan fakta bukan dua kubu yang bermusuhan.*

Tulisan di atas berhutang kepada buku The Experts’ Guide to Doing Things Faster: 100 ways to make life more efficientyang disusun oleh Samantha Ettus.

M Aan Mansyur

/hurufkecil

Penyuka tomat. Sehari-hari bekerja sebagai relawan di Komunitas Ininnawa, di Makassar. Tulisan-tulisannya yang lain bisa dibaca di blog pribadinya: www.hurufkecil.net
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH PLATFORM BLOG, SETIAP ARTIKEL MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

NILAI :

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana