Ya Amplop, Anies Blunder Lagi?

18 Maret 2017 16:36:17 Diperbarui: 18 Maret 2017 17:36:43 Dibaca : Komentar : Nilai : Durasi Baca :
Ya Amplop, Anies Blunder Lagi?
detik.com

Anies Baswedan sedang berusaha untuk menjadi Gubernur DKI jakarta. Tentu saja ia harus mampu menyingkirkan Ahok yang selama ini sudah menunjukkan prestasinya, bukan baru sebatas wacana. 

Apakah mudah bagi Anies untuk menggantikan Ahok sebagai Gubernur DKI Jakarta? Sebelumnya Anies sempat menjadi menteri, tapi tidak lama, karena dipecat oleh Presiden Jokowi. Memang Presiden Jokowi tidak menjelaskan secara gamblang alasannya, tapi publik bisa menangkap "ada masalah pada diri Anies" sehingga keluar keputusan pemecatan atas dirinya tadi. Jika tidak ada masalah, kok dipecat?

Entah ada masalah apa pada diri Anies, tapi pikirannya tentang DP 0 persen, kemudian dikatakannya DP Rp 0, atau apalah ngelesnya itu dianggap publik Anies sudah melakukan blunder. Akibat dari sebuah blunder bisa berujung kekalahan. Blunder, berarti ada masalah. 

Blunder DP 0 persen, DP Rp 0, atau apalah ngelesnya itu tadi, diulangi lagi? Ya amplop...blunder yang satu melahirkan blunder lainnya. Ya amplop...mengapa bisa begitu? 

Ya amplop (maksudnya, ya ampun) merupakan tanda heran atau tidak percaya. 

Memangnya seperti apa sih blunder yang dilakukan oleh Anies lagi?

Pada saat Anies bertemu dengan Muslimat Nahdlatul Ulama (NU) Jakarta Utara (18/3/2017), ia menjanjikan semua ormas akan mendapat dana yang diambil dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD). "Komitmen kita adalah kita ingin memastikan semua ormas di Jakarta dapat dukungan dari Pemda dan dananya ada. Begitu ada keberpihakan, dananya bisa disalurkan kepada mereka," ujarnya seperti dikutip dari detik.com.

Semua ormas? Ya amplop...ada yang berkomentar tidak rela uang pajaknya digunakan untuk keperluan semua ormas tadi. Ada juga yang mempertanyakan fungsi ormas selama ini. Lebih saklek lagi sampai ada yang mengatakan programnya "gila", selain hanya bisa memberikan janji-janji yang sulit direalisasi, atau programnya di awang-awang, mirip program DP 0 persen, DP Rp 0, atau apalah ngelesnya itu.

Semua ormas? Tidak tertutup kemungkinan, jika Anies menjabat Gubernur DKI Jakarta akan bermunculan "ormas jadi-jadian" dengan tujuan agar bisa mendapat dana yang dikucurkan dari APBD DKI Jakarta tadi.

Ya amplop...Anies blunder lagi?

KOMPASIANA ADALAH PLATFORM BLOG, SETIAP ARTIKEL MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

NILAI :

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana

Featured Article