Wildan Awaludin
Wildan Awaludin Mohon Tunggu... Buruh - Karyawan

Hobi alam

Curug sentral jayanegara dan sepedahku

23 Desember 2016   02:07 Diperbarui: 23 Desember 2016   17:21 295
Curug sentral sensasi sepedah mtb (Dokumentasi pribadi)

Sepedah sudah terikat di motor dan sudah siap berangkat menuju curug sentral jayanegara yang ada di desa jayanegara kecamatan kabandungan sukabumi dan berada di kawasan taman nasional gunung halimun dan gunung salak. Perjalanan di mulai dari titik kumpul yang sudah di tentukan,setelah semua hadir kami pun langsung berangkat menggunakan kendaraan roda dua kami dengan membawa sepedah masing masing.
Dengan kecepatan  40 - 45 km/jam perjalanan di tempuh sekitar 1,5 jam untuk sampai di tujuan dengan melewati rute cicurug-stasiun parungkuda-kalapa nunggal-jayanegara.

Setelah tiba di lokasi tempat pendaftaran pintu masuk curug sentral,kami harus membayar karcis masuk sebesar Rp 5000/orang dan Rp 2000/motor. Setelah urusan administrasi selesai selanjutnya kami menyiapkan sepeda kami untuk melakukan perjalnan ke curug sentral.
menurut cerita warga sekitar di lokasi curug sentral ada beberapa air terjun yang mengalir ke sungai yang sama yang bisa di kunjungi namun baru dua air terjun yang sudah resmi di buka untuk umum.

Setelah semuanya siap,pedal sepedah mulai kami kayuh dari pintu masuk pendaftaran curug sentral. tak lama mengayuh sepedah,kami mulai di suguhkan dengan pemandangan hamparan perkebunan teh yang indah dan luas, selanjutnya kami mulai menyusuri jalan setapak di pinggiran perkebunan teh untuk menuju ke lokasi air terjun (curug) sentral.
Di sepanjang jalan menuju ke air terjun kami  berpapasan dengan warga sekitar dan para pemetik teh yang ramah menyapa kami dengan senyuman

Jalan menuju curug sentral dan indahnya pemandangan (Dokumentasi pribadi)
track sepedah sukabumi
track mtb sukabumi
Saat  tiba di lokasi air terjun,keadaan masih sepi belum terlihat banyak pengunjung yang datang,hanya ada sekelompok anak muda yang sedang camping di lokasi tersebut. tak banyak basa basi kami pun langsung menikmati keindahan air terjun curug sentral 1 sambil berpoto dan menikmati secangkir kopi yang sudah kami siapkan,selanjutnya kami mencicipi jajanan di warung yang ada di lokasi tersebut.setelah perut terisi,sepedah kami titipkan di warung tadi dan kami melanjutkan dengan berjalan kaki menuju ke curug sentral 2, namun sangat di sayangkan baru setengah perjalanan ke curug sentral 2,hujan turun lumayan lebat terpaksa kami kembali ke warung tadi untuk berteduh kami hanya terdiam sambil menunggu hujan reda,setelah hujan reda pengunjung pun mulai berdatangan ke lokasi air terjun curug sentral.waktu sudah menujukan jam 12 siang kami menyempatkan untuk melaksanakan sholat dzuhur di lokasi air terjun. sekedar informasi, di lokasi air terjun ini memiliki fasilitas yang lumayan lengkap dari mulai mushola,toilet,saung( gazebo) dan 2 warung jajanan. setelah selesai kami kembali ke warung tadi lalu ngobrol dengan si ibu penjaga warung,kami bertanya kepada si ibu penjaga warung "apakah ada jalan lain selain jalan yang sudah tadi kami lewati?"karena jujur saja baru kali ini kami menyusuri bukit perkebunan teh menggunakan sepedah dan itu membuat kami ketagihan lalu si ibu tadi memberitahu kami jalan perkebunan teh yang bisa kami lalui menggunakan sepedah yang berujung ke pt chevron geothermal.
setelah mendapatkan petunjuk arah,kami pun berpamitan kepada si ibu penjaga warung tadi untuk segera meninggalkan lokasi air terjun. kami sepakat untuk melewati jalan yang di beritaukan oleh si ibu tadi.

keseruan di mulai dari sini,beberapa tanjakan dan jalan setapak yang curam mulai menemani perjalanan kami,hujan pun mulai turun lagi membasahi jalanan yang kami lewati dan membuat sedikit kesulitan buat kami lewati,tapi hal itu membuat lebih seru perjalanan kami di tambah lagi di sepanjang jalan tidak ada habis nya pemandangan hamparan perkebunan teh yang indah yang terus setia menemani perjalanan kami. setelah selesai menyusuri bukit bukit indah di perkebunan teh,lalu kami keluar dari perkebunan dan mulai masuk ke jalan aspal yang merupakan jalan menuju ke gerbang pt chevron geothermal,dari sini pemandangan tidak kalah indah,jalan aspal yang hitam berkelok kelok di tengah bukit perkebunan teh mirip seperti jalanan di daerah puncak cisarua bogor,sejenak kami istirahat di tempat ini sambil menikmati pemandangan yang ada. Hujan gerimis belum juga reda lalu kami kembali ke tempat pendaftaran pintu masuk  curug sentral, jalan yang akan kami lewati selanjutnya adalah jalan aspal menurun tanpa satupun tanjakan yang di sisi kanan kiri nya terhampar  pemandangan kebun teh yang luas dan indah,sepedah pun tak perlu kami kayuh cukup duduk saja di atas sadel jok lalu meluncur sambil menikmati indahnya pemandangan di sepanjang jalan.

Setelah sampai di tempat pendaftaran pintu masuk curug sentral kami lalu merapikan bawaan kami termasuk sepeda kami untuk kembali di naikan ke kendaraan masing masing. setelah semua selesai kami istirahat sejenak sambil menikmati teh manis hangat dan setelah sholat ashar kami berpamitan kepada para petugas di sekitar lokasi,lalu kami pun pulang di tengah guyuran hujan yang lebat dengan sepedah terikat kuat di kendaraan roda dua kami masing masing.

curug sentral
track sepedah sukabumi
jayanegara
kebun teh jayanegara
Itulah sedikit cerita pengalaman kami tentang sensasi bersepeda di bukit perkebunan teh dan segar nya  bermain air di curug sentral jayanegara.
Perjalanan sepedah ke curug sentral membuat kami smakin bersyukur tentang kebesaran sang maha pencipta,dengan segala keindahan yang telah di ciptakan NYA dan kami merasa sangat bersyukur karena masih di beri kesempatan menikmati keindahan yang di ciptakan NYA

Setiap orang pasti  mempunyai hobi yang berbeda beda,kita tidak akan pernah tau dimana letak kepuasannya jika kita tidak menggelutinya secara langsung. Kita tidak boleh memaksa orang lain untuk menyukai apa yang kita sukai. Mungkin yang lebih baik kita lakukan adalah saling menghargai dan saling berbagi pengalaman dari apa yang kita sukai.

Tidak ada maksud lain dari setiap yang saya posting di akun ini, hanya sekedar berbagi cerita dan semoga apa yang saya share kali ini bisa menjadi sedikit nformasi yang bermanfaat.