Hendro Santoso
Hendro Santoso Purnakaryawan

Seorang Kakek Pensiunan yang menyukai olah raga terutama sepakbola dan badminton.

Selanjutnya

Tutup

Bola highlight

[Timnas U-19] Ingat, Kalah Adalah Bagian dari Sepak Bola

12 September 2017   12:52 Diperbarui: 12 September 2017   13:44 932 7 6

Persaingan di grup B ajang Piala AFF U 18 di Myanmar semakin seru. Vietnam, Myanmar dan Indonesia masih berpeluang lolos ke semi final yang lawannya sudah menunggu dari grup A yaitu Malaysia dan Thailand. 

Laga matchday ketiga Timnas U 19 melawan Vietnam harus berakhir tragis dengan kekalahan 0-3 bagi skuat asuhan Indra Sjafri ini. Hasil ini menempatkan Indonesia pada posisi ketiga di bawah Myanmar yang berhasil mengalahkan Filipina 7-0 pada laga lainnya di grup B. 

Nikmati saja karena kekalahan juga bagian dari sepakbola. Kekalahan ini menunjukkan bahwa ada yang harus dibenahi dalam skuat ini. Menyadari dan menerima kekalahan adalah selain sikap terpuji juga menunjukkan mental yang selalu ingin maju dalam prestasi. 

Klasemen sementara menunjukkan bahwa Vietnam masih memimpin grup B dengan 9 poin dan surplus 15 gol. Disusul posisi kedua adalah tuan rumah Myanmar dengan 6 poin dan surplus 13 gol. Indonesia di posisi ketiga walaupun memiliki nilai 6 poin sama dengan Myanmar namun kalah dalam produktivitas gol yaitu hanya surplus 7 gol. 

Pada matchday terakhir akan berhadapan antara Vietnam lawan Myanmar dan Indonesia lawan Brunei. 

Vietnam sudah dipastikan lolos ke semifinal. Posisinya baru bisa dilewati jika Myanmar mengalahkannya minimal dengan selisih dua gol. Pada laga lain Indonesia menang atas Brunei dengan minimal 8 gol. Pada posisi seperti ini nilai ketiga kontestan sama yaitu 9 poin dan penentuan akan dilakukan berdasarkan surplus gol yang dihasilkan. 

Menariknya laga matchday terakhir yang berlangsung 13 September 2017 di Stadion Thuwunna Yangon dilakukan tidak bersamaan waktunya. Laga Indonesia vs Brunei akan berlangsung terlebih dulu. Maka akan menarik jika Indonesia berhasil mengalahkan Brunei dengan selisih minimal 8 gol. Laga pada jam berikutnya antara Myanmar vs Vietnam benar benar hidup mati bagi tuan rumah. Hanya kemenangan atas Vietnam yang bisa meloloskan Myanmar ke semi final. Sedangkan Vietnam cukup bermain imbang. 

Situasi di atas menggambarkan bahwa posisi Timnas U 19 masih memiliki peluang besar untuk lolos ke semi final. Sekarang tinggal bagaimana menyikapi kekalahan atas Vietnam pada laga kemarin (11/9/2017). 

Saatnya move on tidak perlu larut dalam rasa kekalahan. Menatap laga lawan Brunei jauh lebih penting karena laga ini jalan terbukanya kembali menuju tangga juara. 

Jangan lupa kawan minimal 8 gol. Namun harus ingat juga 8 gol tetap harus dimulai dari gol pertama. Jadi pikirkan dulu gol pertama baru gol berikutnya. Ya berat memang tapi Pejuang tidak pernah kenal menyerah apalagi belum mulai berjuang. 

Selamat bertanding Garuda Nusantara. Bravo Merah Putih. 


#hensa12092017