Hendro Santoso
Hendro Santoso Purnakaryawan

Seorang Kakek Pensiunan yang menyukai olah raga terutama sepakbola dan badminton.

Selanjutnya

Tutup

Bola highlight

Ada Angin Surga Bertiup Lembut Menjelang Laga Arema vs Persib

11 Agustus 2017   16:37 Diperbarui: 12 Agustus 2017   08:39 187 6 9
Ada Angin Surga Bertiup Lembut Menjelang Laga Arema vs Persib
Ezechiel Persib Bandung (Foto Fourfourtwo.com)

Dalam lanjutan kompetisi Liga 1 pekan ke 19 bertanding dua Tim yang sama-sama memiliki kostum Biru yaitu Arema Singo Edan melawan Persib Maung Bandung, pada Sabtu 12 Agustus 2017 di  Stadion Kanjuruhan Kabupaten Malang.

Laga ini bagi kedua klub sangat penting sekali. Bagi Persib adalah upaya mereka untuk meniggalkan zona degradasi menuju papan tengah merupakan motivasi tersendiri apalagi pekan kemarin mereka berhasil menang lawan PS TNI di Jalak Harupat. Untuk Arema sendiri tentu saja menjadi target wajib menang setelah pekan ke 18 harus kehilangan angka ketika kalah dari Bhayangkara di Stadion Patriot Bekasi.

Pelatih Fisik Persib Bandung, Yaya Suryana mengemukakan perkembangan positif mengenai fisik pemain baru Persib yang baru saja direkrut, Ezechiel.  "Dia mencerna semua menu latihan.  Saya lihat Ezechiel bisa beradaptasi dengan cepat. Untuk main lihat nanti lah. Masih ada satu kali latihan lagi.  Kami coba lagi supaya bisa lihat dan disesuaikan skema yang kita punya," ujar Yaya dikutip dari Republika.co.id (11/08/2017).

Apakah ini pertanda bahwa Kapten Timnas Chad itu pasti akan turun pada laga melawan Arema FC di Stadion Kanjuruhan, Malang pada Sabtu 12 Agustus 2017 ?

Jika melihat dalam sepekan ini Ezechiel yang baru berlatih dua kali yaitu pada Selasa 8 Agustus 2017, dengan hanya latihan ringan jogging keliling lapangan. Sedangkan latihan teknik dan taktik baru sekali diikutinya pada sesi latihan hari berikutnya.

Maka terlalu riskan jika striker baru Persib ini masuk dalam starting eleven. Kemungkinannya dia menjadi pemain pengganti di babak kedua jika Persib mengalami kebuntuan mencetak gol. Bahkan mungkin akan diturunkan lebih awal walaupun tetap sebagai pemain pengganti jika Persib ketinggalan gol dari Arema.  

Namun demikian kabar baiknya adalah bahwa Ezechiel dalam kondisi kebugaran yang sudah siap untuk turun bermain dalam sebuah laga. Hanya tinggal kesiapan mental bertandingnya harus ditata pada saat suasana Stadion Kanjuruhan Malang yang pasti dipenuhi para supporter fanatic Arema yaitu Aremania.

Saat ini baik Arema maupun Persib sudah mendatangkan pemain asing baru mereka. Arema mendatangkan Ahmet Atayew yang juga merupakan kapten tim nasional Turkmenistan, sedangkan Persib sukses mengontrak penyerang asal Chad, Ezechiel N'Douassel dan juga ternyata adalah kapten tim nasional di negerinya. Sangat menarik jika dalam laga ini kedua pemain baru mereka sudah bisa diturunkan di lapangan.  

Tidak seperti tamunya Persib Bandung yang tidak mengalami kendala berarti tentang kelengkapan pemain-pemainnya kecuali Febri dan Zola yang memperkuat Timnas U-22 Sea Games Malaysia, maka saat ini sang tuan rumah diketahui tengah dalam krisis lini belakang karena sejumlah pemain kemungkinan tidak bisa diturunkan.

Johan Alfarizie, Bagas Adi Nugroho dan Hanif Sjahbandi kedua pemain terakhir ini masuk skuat Timnas U-22. Maka Arema hanya memiliki Arthur Cunha dan Benny Wahyudi sebagai pemain yang bisa diandalkan dan berpengalaman di sektor belakang. Demikian pula Juan Pablo Pino yang sedang menjalani hukuman akumulasi kartu tidak bisa bermain. Dalam kondisi pemain-pemain yang pincang ini diharapkan El Loco dan Kurnia Mega menjadi sosok yang bisa memberikan motivasi kuat bagi pemain-pemain lainnya untuk meredam Maung Bandung.

Performa Persib sendiri dalam kondisi sangat siap seperti ditunjukkan saat laga melawan PS TNI. Laga pekan lalu itu merupakan pertanda awal kebangkitan mereka. Saat itu Maitimo dan Essien merupakan dua pemain yang berhasil mencetak gol dari assist matang Febri Hariyadi. Pemain sayap Persib ini absen dalam laga ini kemungkinan posisinya akan diganti oleh Tantan dengan cadangan Billy Keraf.   

Di bawah mistar gawang Made Wirawan tidak tergoyahkan. Empat pemain belakang adalah Henhen Herdiana, Ahmad Jufriyanto, Vladimir Vujovic, Tony Sucipto. Masih ada pelapis mereka yaitu Wildansyah, Purwaka Yudi, Jajang Sukmara. Lini Tengah diperkuat oleh Kim Kurniawan, Michael Essien dan  Dedi Kusnandar dengan pelapis mereka adalah Hariono

Untuk Lini Depan Atep dan Tantan dari sisi sayap akan turun sebagai starter dan Raphael Maitimo merupakan pemain False Nine nya Persib. Pada posisi sayap masih ada Shohei Matsunaga, dan Billy Keraf. Sedangkan striker murni adalah Ezechiel N'Douassel yang kemungkinannya baru diturunkan di babak kedua.

Jika Ezechiel benar-benar melakukan debutnya bersama Persib dan berhasil mencetak gol atau menunjukkan performa yang ciamik dalam kontribusinya terhadap tim maka angin surgapun mulai bertiup sepoi-sepoi. Namun jika Marquee Player ini bermain buruk maka bersiap-siap saja menerima segala macam tekanan dari para Bobotoh.

Ezechiel tidak mencetak gol tidak masalah namun tunjukkan terlebih dulu bahwa dirimu adalah menjadi pembeda bagi Persib.   

Kumaha yeuh?

#hensa11082017