PILIHAN HEADLINE

5 Aktivitas Pembunuh Waktu, Biar Nggak Bosan Waktu Menunggu

11 Januari 2017 12:47:42 Diperbarui: 12 Januari 2017 10:34:09 Dibaca : Komentar : Nilai : Durasi Baca :
5 Aktivitas Pembunuh Waktu, Biar Nggak Bosan Waktu Menunggu
Lakukan 5 Aktivitas Online Biar Nggak Bosan Waktu Antri dan Menunggu || Starlyns.com

Antri dan menunggu adalah aktivitas paling membosankan. Setuju kan?

Untungnya sekarang banyak gadget yang bisa akses online. Apalagi paket data internetan juga makin jor-joran dijual murah. Hal baik dari ini ya..., di mana saja kita bisa internetan. Termasuk ketika antri dan menunggu. Sudah lazim dilihat juga kan di kiri-kanan kita, kalau lagi antri di kasir minimarket aja udah langsung megang hape. Lalu sibuk sendiri mantengin layar ponsel pintar (smartphone) itu. 

Trus apa aja sih yang bisa dilakukan ketika kita lagi ngisi waktu? Kalau saya biasanya ini nih:

1. Buka sosial media.

 Biasanya otomatis saya buka facebook. Nggak tau tuh, otomatis aja hehehe. Sosmednya emak-emak kali ya. Memang sosmed ini bisa jadi jujukan untuk membunuh waktu. Membaca timeline bisa jadi hiburan tersendiri. Sesekali saya mengomentari status dan postingan teman, dengan komen yang lucu dan menarik. Sayang sekali, sekarang di sosmed juga banyak beredar berita hoax yang serem dan menebarkan kebencian. 

Saya paling anti deh baca berita begitu. Langsung saya skip, hide, atau malah unfollow teman yang gemar share berita serem-serem gitu. Bagi saya sosmed itu hanya untuk nyambung silaturahmi, share good things dan memperluas networking. Saya mah bukan siapa-siapa yang ingin menggalang massa atau pendapat orang. Serem ah. Ada UU ITE juga kali. Hati-hati kalau mau share atau nulis sesuatu kan?

2. Baca komik online. 

Kalau kegiatan yang satu ini, karena saya kesetrum anak saya yang lagi seneng menggambar lagi dan bikin komik lalu di-upload di Webtoon. Demi memenuhi rasa kepo dan menjaga anak juga, saya ikutan buka webtoon deh. Eh ternyata banyak juga komik lucu juga disana. Beberapa saya suka, karena konsepnya lucu dan gambarnya alus baguuus banget. Kayak yang berjudul Pengantin Gaje. Itu saya suka banget tuh. Romantis lucu, culun, gimana gitu. Gambarnya juga aduuh seneeenng. Kayak yang bikin kartun film Jepang aja deh. bagus bangeett. 

3. Baca ebook dari aplikasi Ipusnas. 

Nah ini hobi terbaru nih. Aplikasi yang dibikin perpustakaan nasional ini, bisa memenuhi kesukaan saya membaca. Ipusnas harus diunduh dulu dari android. Setelah itu bisa mencari judul buku sesuai keinginan. Prosedurnya meminjam buku biasa seperti di perpus. Setelah pinjam, unduh, lalu baca. Disini saya sudah baca buku komedi, bisnis marketing digital, fashion, fotografi, art, desain rumah dan beberapa komik anak. Tinggal modal tablet berukuran 7 inchi, saya udah bisa baca banyak buku gratisan. 

Biasanya saya baca ipusnas ini waktu nungguin anak sulung saya pulang sekolah. Sambil nyumput di balik pagar sekolah, berlindung dari sinar matahari yang bikin saya nggak bisa baca layar tablet. Hihihi tabletnya rodok jadul, jadi nggak kelihatan kalau di lokasi terang benderang. Saya sering rekomendasikan ipusnas ini ke teman-teman. Tapi beberapa menolak, karena kurang suka baca ebook. Matanya pedes kalau diajak baca layar lama-lama gitu katanya. Emang sih. Pedes mata tapi bahagia kok, ehhheeee.

4. Nonton film. 

Kalau ini sih butuh akses internet yang lumayan jos. Ya kalau ada hotspot yang ciamik, saya isi waktu nonton film. Bisa dari You Tube atau dari browser langsung ke website yang menyediakan film streaming. Nonton apa saya coba? ayo tebak?. Beneeer.... saya nonton drama Korea alias drakor, hahaha. Paling demen nonton drakor streaming. Hal terbaik untuk membunuh waktu, versi saya, hahaha. Kadang dimanyuni sama suami dan anak pun saya nggak peduli. wkkk...ibu-ibu tega'an. 

5.  Window shopping. 

Naah ini nih aktivitas paling disukai sama ibu-ibu. Window shopping online alias cuci mata lihat toko online. Paling enak aktifitas ini ya di instagram. Karena fiturnya mirip katalog online, kita tinggal scroll aja udah langsung kelihatan aneka gambar atau konten mini video yang menarik. Belakangan saya lebih sering buka instagram deh, lebih adem. Teman blogger saya juga banyak yang bermigrasi ke instagram. Bagus efeknya. Karena disitu kudu share gambar, jadinya kita terpacu untuk belajar bikin konten visual yang bagus. Belajar fotografi. Belajar edit foto. Belajar bikin video. 

Nah, saya juga makin tertarik nih belajar fotografi. Kebetulan di rumah ada kamera digital mini, dipinjemi oleh kakak saya. Sebenarnya yang dipinjemi anakku, buat bikin vlog gitu. Nah, lumayan, saya, emaknya bisa sekalian minjem. Beberapa kali jeprat-jepret pohon Belimbing, bunga Adenium dan pohon cabe yang mulai tumbuh di halaman rumah. Saya ingin mempraktekkan teori bahwa memotrat yang bagus itu di jam 9 pagi atau 3 sore. Jadi deh itu banyak foto hasil jepretan kamera saya. Mulai dari kembang Belimbing sampai Lebah yang lagi nempel di bunga Adenium. Semua foto ini ingin sekali saya upload ke instagram pribadi saya. Pengen niru blogger lain gitu loh. Sayangnya kok entah kenapa tablet android saya kok nggak bisa baca file yang saya transfer dari kamera - ke laptop - ke tablet. Gagal deh upload foto dedaunan saya ke instagram.

 Seandainya ada cara untuk upload foto langsung dari laptop ke instagram ya? kan enak.  Dengan masalah ini, saya akhirnya browsing deh, dan nemu Celebpost yang bisa membantu instagrammer mengunggah atau mengupload foto atau gambar dari laptop ke instagram. Wah ini sip ini, patut dicoba. 

Dari kelima aktivitas online ini, yang paling mencerahkan pikiran ya Window Shopping itu deh. Karena minat bikin toko online atau onlineshop lagi seperti dulu kala, masih muncul lagi. Iya nih, saya dulu penjual jilbab online. Namun berhenti karena sesuatu hal. Sekarang olshop di instagram makin banyak juga munculnya. Selebritis juga selalu mendapatkan ribuan follower di instagram. Kita yang orang biasa jadi ikutan kepo juga mau pake instagram buat eksis dan bisnis hehehe. 

Tapi, kadang rempong juga sih emak-emak kalau kudu megang hape terus buat eksis di instagram. Next, saya mau coba aplikasi yang bisa mempermudah posting gambar dari laptop ke instagram, sekaligus bikin jadwal postingan yang terencana. Biar kayak celebrity ahli postingan gitu loooh. Kabarnya pake aplikasi ini bisa bantu banget buat orang yang mau bikin onlineshop di instagram. Karena biasanya olshop itu bikin akun sosmed banyak banget. 

Jadi butuh tenaga dan waktu banyak sekedar untuk memposting foto dan gambar, sekaligus nulis kalimat di captionnya. Belum milih hesteknya. Teman saya bilang, Celebpost bisa bantu banget, ibarat jadi asisten online kita gitu. Nah, kalau udah bisa teratur kerjanya, nanti kan giliran onlineshop saya yang dijadikan sasaran window shopping orang kan? mereka makin antri nunggu, omset olshop jutaan rupiah bisa mengucur padaku. Eaaa...impian emak-emak pengen jadi jutawan nih. Amiin. Siapa tau bisa jadi resolusi tahun baru 2017 kan? iya kan? iya kan?

Iya'in aja deh :)

Heni Prasetyorini

/heniprasetyorini

TERVERIFIKASI

MomBlogger •• Digital Explorer. Mengeksplorasi internet sehat untuk kemajuan pendidikan dan kreatifitas. Blog: http://www.heniprasetyorini.com
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

NILAI :

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana