Ternyata Daun Sirih Tidak Bisa Mengobati Keputihan, Benarkah?

11 Agustus 2017   16:15 Diperbarui: 15 Agustus 2017   10:20 101 0 0
Ternyata Daun Sirih Tidak Bisa Mengobati Keputihan, Benarkah?
obat herbal keputihan

Kompasianer, sebagai kaum wanita pasti dong pernah mengalami keputihan dan tahu persis bagaimana cara mengobati keputihan yang benar. Namun ada diantara sebagian wanita yang tidak tahu bagaimana cara mengobati keputihan yang benar, bukannya malah sembuh tapi malah memperparah keadaan, hal seperti inilah yang harus dihindari. hendiherbal

Image Sumber: drolat.id/ Cara mengatasi keputihan pada wanita

Salah satu yang menjadi mitos tentang mengobati keputihan adalah ai rebusan daun sirih. Banyak yang percaya bahwa air rebusan daun sirih dapat mengobati keputihan. Hmm, bagaimana pendapat anda?

Nah dalam kesempatan kali ini akan saya coba ulas mengenai apakah benar air rebusan daun sirih dapat mengobati keputihan? atau hanya sebuah mitos belaka? jellygamatwalatra

Fakta Tentang Keputihan Pada Wanita

Keputihan, ya hampir setiap wanita pasti pernah mengalaminya. Banyak sekali masalah-masalah yang menjadi penyebab utama dari keputihan, seperti aktivitas sehari-hari, faktor lingkungan, dampak psikologis sampai masalah kesuburan.

Yang perlu diketahui adalah, bahwa keputihan dalam kondisi normal merupakan suatu proses alami yang tidak bisa sembuh karena akan berjalan dengan sendirinya. Jadi, ketika keputihan tersebut normal maka tidak perlu dikhawatirkan.

Di dalam vagina terdapat bakteri bernama lactobacillus. Kebanyakan dari bakteri ini bersifat umum dan tidak membahayakan bagi kesehatan. Dalam manusia, bakteri ini dapat ditemukan di dalam vagina. Kuman lactobacillus ini berfungsi untuk mengatur keasaman atau pH pada vagina. Normalnya, tingkat keasaman atau pH pada vagina berkisar antara 3 atau 4.

Menurut beberapa ahli kebidanan, tingkat atau suasana asam ini sangat menguntungkan. Apabila ada bakteri atau kuman dari luar yang sifatnya negatif atau mengganggu, kuman ini akan mati terkena asam vagina. songjoong.bcz.com

Fakta Air Rebusan Daun Sirih

Air rebusan daun sirih mempunyai sifat anti bakteri, yang mana apabila digunakan terus-menerus ke dalam vagina, maka bisa berdampak buruk karena akan membunuh bakteri lactobacillus yang sebenarnya tidak membahayakan. Akibatnya, keasaman vagina menjadi berubah dan terganggu.

Namun, bukan berarti air rebusan daun sirih tidak bermanfaat. Jika keputihan sudah menandakan ketidaknormalan keputihan abnormal (patologis). Maka penggunaan air rebusan daun sirih dianjurkan, hal ini bertujuan untuk membunuh bakteri, virus, parasit atau jamur pada keputihan yang tidak normal.

Meski menggunakan air rebusan daun sirih dianjurkan, namun disarankan agar tidak menggunakannya terlalu sering. Gunakanlah ketika keputihan sudah berlebihan, gatal dan terasa panas.

JIka memang anda mengalami keputihan yang abnormal, maka segeralah untuk berkonsultasi ke dokter dan lakukan pengobatan. Obat herbal keputihan seperti air rebusan daun sirih atau ramuan herbal lainnya juga efektif untuk mengobati keputihan yang tidak normal.