Cara Sederhana untuk Mengobati Jerawat Batu

10 Agustus 2017   12:21 Diperbarui: 10 Agustus 2017   12:36 100 1 0

Halo kompasianer dan para pembaca yang budiman. Ini merupakan tulisan pertama saya di kompasiana, kali ini saya akan mencoba membagikan tips sederhana untuk mengobati jerawat batu.

Apakah anda sedang mengalami jerawat batu dan bingung bagaimana cara mengobatinya? Tenang saja, saya akan kasih solusi terbaik untuk anda semua. Sedikitnya ada 4 cara sederhana yang bisa anda lakukan untuk mengobati jerawat batu.

Tapi sebelum ke pokok pembahasan, mari kita ketahui terlebih dahulu apa penyebab wajah agan dan sista bisa berjerawat. Berikut uraiannya: 


Jerawat Dan Penyebabnya

Jika anda adalah seorang remaja muda, pasti yang namanya jerawat sudah menjadi keluhan yang biasa.  Tapi apa sebenarnya penyebab jerawat? Menurut Mayo Clinic, jerawat terjadi bila terlalu banyak bakteri, minyak dan sel kulit mati menyumbat folikel rambut. 

 Hal ini terjadi karena folikel rambut terhubung dengan kelenjar minyak. Kelenjar minyak menghasilkan zat yang disebut dengan sebum, sebum bertanggung jawab untuk melumasi kulit dan rambut. Sebum bergerak di sepanjang rambut melalui pembukaan folikel rambut dan keluar ke permukaan kulit. 

Karena berbagai alasan, tubuh terkadang menghasilkan minyak berlebihan.  Jika ini terjadi, dan Anda memiliki terlalu banyak kulit mati, campuran ini bisa menghalangi pori-pori. Begitu penyumbatan terjadi, bakteri bisa masuk dan berkembang biak, menyebabkan kemerahan dan peradangan yang dikenal sebagai jerawat.

Lalu pertanyaannya, apa yang menyebabkan produksi minyak berlebihan di tubuh? Ya, penyababnya adalah hormon. Hormon akan meluap selama masa remaja. Dan inilah kenapa jerawat sering dialami oleh remaja dibandingkan dengan orang dewasa.

Nah, setelah kita mengetahui apa penyebab jerawat. Selanjutnya bagaimana cara mencegah atau mengobati jerawat batu yang membandel?

Berikut adalah 3 cara yang dapat anda lakukan di rumah untuk mengobati jerawat batu:

1. Mengobati Jerawat Batu Dengan Lidah Buaya

Siapa sih yang tidak tehu dengan tanaman lidah buaya. Faktanya, tanaman ini telah banyak digunakan dalam berbagai macam produk kecantikan. Nah untuk anda yang memiliki masalah wajah berjerawat. Lidah buaya adalah solusi pengobatan ala rumahan yang paling efektif.

Aloe vera atau lidah buaya telah digunakan selama ribuan tahun untuk mengobati masalah kulit seperti:

  • Terbakar
  • Luka
  • Iritasi kulit
  • Peradangan kulit

Menggunakan gel lidah buaya sebagai obat herbal jerawat batu dapat menenangkan dan mengurangi tingkat keparahan. Lidah buaya digunakan dalam banyak produk kecantikan kulit karena khasiatnya yang luar biasa.

2. Mengobati Jerawat Batu Dengan Yogurt dan Oatmeal

Anda mungkin pernah mendengar mengenai manfaat probiotik dari yogurt, tapi tahukah Anda bahwa probiotik sebenarnya bisa menghambat bakteri yang menyebabkan jerawat? Selain itu, Yogurt juga bisa membantu menenangkan rasa gatal, terbakar dan radang.

Karena oatmeal adalah sebagai exfoliator yang hebat, ini bisa membantu menghilangkan kulit mati dan pori-pori yang tersumbat.

Campur beberapa yogurt murni dengan oatmeal kemudian oleskan kepada wajah berjerawat sebagai masker selama 20 sampai 30 menit. Cuci dan ulangi setiap hari untuk mendapatkan hasil yang maksimal.\

3. Mengobati Jerawat Batu Dengan Madu dan Kayu Manis

Benurut salah satu tulisan yang bersumber dari livestrong bahwa madu memiliki sifat antibakteri sementara kayu manis dapat mencegah efek oksida nitrat, zat kimia yang dipercaya dapat menyebabkan jerawat yang menyakitkan.

Dengan adanya sifat-sifat penyembuhan tersebut, madu dan kayu manis dapat anda gunakan sebagai obat herbal rumahan untuk mengatasi masalah jerawat.

Untuk menggunakan metode ini, anda cukup campurkan 3 sendok makan madu dengan 1 sendok teh bubuk kayu manis. Gunakan ramuan ini sebagai masker sebelum tidur.

Itulah Ke 3 cara alami untuk mengobati jerawat batu secara alami dan aman yang bisa anda lakukan di rumah. Semoga bermanfaat...!