Kompasiana
Kamis, 31 Juli 2014

Bantuan

FAQ (Frequently Asked Question)

Akun Kompasiana

Apakah Kompasiana itu?
Kompasiana adalah sebuah Media Warga yang seluruh kontennya diisi dan dikelola oleh pengguna internet (user-generated content). Kompasiana dibuat dan dioperasikan oleh KOMPAS.com.

Bagaimana cara membuat Akun di Kompasiana?
Caranya, daftarkan diri Anda dengan mengklik tombol Register di sudut kanan atas. Untuk arahan lebih lanjut, baca Tutorialnya di sini.

Apakah saya boleh menggunakan identitas palsu saat mendaftar?
Tidak boleh. Anda diminta memasukkan identitas dan foto diri asli saat mendaftar. Kompasiana sedang menyiapkan sistem Keanggotaan Terverifikasi (Verified Member) untuk menyeleksi keaslian identitas Kompasianer.

Kalau belum mendaftar, apakah saya bisa memberi komentar?
Tidak. Selama belum mendaftar, Anda hanya bisa membaca Konten Kompasiana. Setelah mendaftar, silakan Login (Masuk) agar dapat memberi Komentar dan menggunakan fitur Kompasiana lainnya.

Saat mendaftar, mengapa saya berada di halaman pendaftaran KOMPAS.com?
Karena KOMPAS.com menerapkan sistem Single Sign On alias Akun Tunggal. Artinya, Anda cukup memiliki satu akun dan Login dengan akun tersebut untuk dapat mengakses semua fitur dan layanan online KOMPAS.com. Kompasiana adalah salah satu layanan KOMPAS.com.

Saya tidak bisa mengakses halaman Registrasi. Apa yang harus saya lakukan?
Kemungkinan besar akses internet yang Anda gunakan sedang bermasalah. Tunggu beberapa saat atau gunakan akses internet lainnya.

Akses internet saya tidak ada masalah. Mengapa saya masih belum bisa mendaftar?
Coba gunakan browser lain. Anda disarankan menggunakan Mozilla Firefox pada saat mengakses Kompasiana.

Login

Bagaimana cara Login atau Masuk di Kompasiana?
Klik tombol Masuk di sudut kanan atas Kompasiana. Baca Tutorialnya di sini.

Mengapa saya gagal Login ke Kompasiana?
Anda salah memasukkan Email atau Password yang diminta. Pastikan Email dan Password tersebut sama dengan yang Anda masukkan pada saat mendaftar. Kesulitan Login juga bisa disebabkan adanya masalah pada koneksi internet atau Kompasiana. Tunggu beberapa saat, lalu coba Masuk kembali.

Email saya sudah benar. Tapi mengapa masih belum bisa Login?
Anda salah memasukkan Password. Ingat kembali Password yang Anda buat, termasuk ada tidaknya huruf besar dan kecil.

Saya sudah Login, tapi tidak bisa menayangkan Tulisan. Apa yang harus saya lakukan?
Bila ini terjadi, berarti Anda belum melakukan Konfirmasi Pendaftaran. Periksa kembali email yang dikirim KOMPAS.com ke alamat email Anda sesaat setelah Anda melakukan Registrasi. Periksa juga di folder Spam.

Saya sudah periksa, tapi tidak menemukan email konfirmasi dari KOMPAS.com. Apa yang harus saya lakukan?
Tunggu beberapa jam. Kalau email tersebut tidak ada, klik tombol Kirim Ulang Konfirmasi di bagian bawah halaman Login untuk meminta kembali email konfirmasi dari KOMPAS.com.

Bagaimana bila saya kehilangan Password yang diminta?
Bila Anda lupa atau tidak yakin dengan Password yang Anda buat pada saat mendaftar, klik Lupa Password untuk meminta Password baru. Ikuti petunjuk berikutnya, lalu gunakan Password terbaru yang dikirim oleh KOMPAS.com ke alamat email Anda.

Saya sudah meminta Password baru sesuai prosedur yang ada, tapi mengapa belum dapat Password baru dari KOMPAS.com?
Selain mengecek folder Inbox, periksa juga folder Spam. Bila belum ada, tunggu beberapa jam kemudian.

Bagaimana cara mengganti Password?
Untuk mengganti Password, klik Dashboard > Setting, lalu klik tautan untuk ubah Password di kolom New Password. Ikuti petunjuk berikutnya.

Bagaimana cara memasang foto diri untuk Profil?
Caranya, klik menu Dashboard > Setting, lalu masukkan foto di kolom yang tersedia. Baca Tutorialnya di sini.

Kelola Konten

Bagaimana cara menayangkan Tulisan di Kompasiana?
Masuk ke menu Dashboard > Write Post. Masukkan Judul dan Isi Tulisan di tempat yang tersedia. Setelah itu, masukkan Tags di kolom yang tersedia, pilih Jenis Tulisan dan Kategori Tulisan. Lalu klik Save untuk menyimpannya sebagai Draft atau klik Publish bila Anda ingin langsung menayangkannya. Baca juga Tutorial lengkapnya.

Apakah Tulisan saya langsung tayang?
Ya, begitu Anda mengklik Publish, Tulisan tersebut langsung tayang di Kompasiana.

Bagaimana cara menghapus sebuah Tulisan?
Caranya, masuk ke menu Dashboard > Manage. Pilih Tulisan yang ingin Anda hapus dengan memberi centang pada kolom yang tersedia. Lalu klik tombol Delete.

Apa yang harus saya lakukan jika tidak ingin menayangkan sebuah Tulisan?
Bila Anda tidak ingin menayangkannya, klik Tulisan tersebut lalu pilih Unpublish pada kolom Status yang terdapat di atas tombol Publish.

Saya ingin memasukkan lebih dari satu Tulisan sekaligus. Apakah itu dibolehkan?
Tidak boleh. Bila Anda ingin menayangkan lebih dari satu Tulisan, Tulisan kedua dan seterusnya harus diberi jarak waktu tayang minimal satu jam.

Bagaimana cara menjadwal penayangan suatu Tulisan?
Caranya, sebelum mengklik tombol Publish, klik kata Edit yang terdapat di samping tanggal dan jam tayang (ada di sebelah atas tombol Publish). Lalu ubah tanggal dan jam penayangannya.

Kalau Tulisan sudah tayang (published), apakah saya masih bisa mengubah jamnya?
Tidak bisa. Tulisan yang sudah tayang tidak bisa diubah waktu tayangnya.

Saya lebih senang membuat Tulisan dengan program MS Word. Bagaimana cara memindahkannya ke Kompasiana?
Untuk memindahkan Tulisan dari Word, klik ikon Paste from Word yang terdapat di kotak Post. Jika ikon bergambar ikon Microsoft Word ini tidak muncul, klik tombol Show/Hide Kitchen Sink yang ada di bagian paling kanan deretan ikon kotak Post.

Mengapa Foto yang saya masukkan lewat program MS Word berubah menjadi kode-kode aneh?
Anda hanya bisa memasukkan Foto ke dalam Tulisan dengan menggunakan fitur yang telah disediakan.

Bagaimana cara memasukkan Foto ke dalam Tulisan?
Pertama, letakkan kursor pada paragraf yang diinginkan, lalu klik tombol Add Media yang ada di sebelah kiri tab Visual | HTML. Setelah itu, klik Browse, cari foto yg diinginkan, klik Open, kemudian klik Upload. Setelah itu, Anda bisa memasukkan Keterangan Foto di kotak Caption, menentukan posisi foto (None, Center, Left, Right) dan ukurannya (Thumbnail, Medium, Full Size). Terakhir, klik Insert into Post. Baca Tutorial lengkapnya di sini.

Mengapa foto yang saya masukkan mendadak hilang?
Admin akan menghapus foto yang tidak dilengkapi dengan identitas pemilik atau sumbernya. Pastikan Anda menyebutkan pemilik atau sumber foto tersebut.

Mengapa terdapat Foto di Tulisan saya padahal saya tidak memasukkannya?
Untuk keperluan Headline, Admin akan memasukkan sebuah foto ke dalam Tulisan sebagai ilustrasi.

Apakah saya bisa memasukkan tautan ke dalam Tulisan?
Bisa. Caranya, sorot kata atau kalimat yang diinginkan, lalu klik ikon Insert Link.

Apakah saya bisa menghapus Komentar?
Bisa. Caranya, masuk ke menu Dashboard > Comment. Pilih Komentar yang ingin Anda hapus dengan memberi centang pada kolom yang tersedia. Lalu klik tombol Delete.

Bagaimana agar saya tidak menerima komentar dari seseorang yang tidak saya inginkan?
Masuk ke menu Dashboard > Comment. Pilih Komentar dengan memberi centang pada kolom yang tersedia. Lalu klik tombol Mark as Spam.

Apakah saya boleh mempromosikan satu produk?
Anda tidak dibolehkan menayangkan Konten berisi iklan atau promosi sebuah produk atau jasa.

Mengapa Tulisan saya mendadak hilang?
Admin akan menghapus Tulisan yang melanggar Ketentuan Layanan yang telah ditetapkan. Baca kembali Tata Tertib Kompasiana di sini.

Fitur & Layanan

Apa saja fitur dan layanan yang ada di Kompasiana?
Setelah mendaftar, Anda bisa mengirim Komentar, menayangkan Tulisan dan Konten lainnya, menjalin pertemanan dengan sesama Kompasianer dan saling berkirim Pesan.

Bagaimana cara mencari alamat Profil seorang Kompasianer?
Anda bisa mencarinya dengan mengetik nama Kompasianer yang diinginkan di kotak Search. Enjin akan memberikan pilihan nama Kompasianer untuk Anda.

Apa yang dimaksud dengan Headlines di halaman muka Kompasiana?
Headline adalah empat Tulisan Utama terbaru yang dipilih oleh Admin.

Apa kriteria Headline di Kompasiana?
Kompasiana mengutamakan Tulisan Reportase sebagai Headline. Tulisan lain yang berbobot, menarik, bermanfaat, unik dan tidak terdapat di media lain juga akan diprioritaskan sebagai Headline.

Kapan Admin mengganti Headline Kompasiana?
Headline akan diganti setiap dua atau tiga jam sekali. Namun jika tidak ada Tulisan yang layak Headline, pergantian akan dilakukan lebih lama.

Mengapa Berita Admin sering ditayangkan sebagai Headline?
Untuk memastikan setiap Kompasianer membaca dan mengetahui setiap informasi yang disampaikan oleh Admin.

Bagaimana cara mengikuti Topik Pilihan di Kompasiana?
Caranya, masukkan Tag yang diminta di Topik Pilihan.

Apakah saya bisa berkirim Pesan ke sesama Kompasianer?
Bisa. Gunakan fitur Pesan Kompasiana untuk saling berkirim pesan dengan sesama Kompasianer.

Bagaimana cara mengirim Pesan ke Kompasianer lain?
Buka Tulisan atau Halaman Profil Kompasianer yang diinginkan, lalu klik tombol Kirim Pesan.

Bagaimana cara menyampaikan pertanyaan, keluhan atau saran kepada Admin?
Anda bisa menyampaikan pertanyaan, keluhan atau saran untuk Admin lewat fitur Pesan Kompasiana. Caranya, akses Halaman Profil Admin di http://kompasiana.com/admin, lalu klik tombol Kirim Pesan.

Fitur Pertemanan

Apakah saya bisa membalas sebuah Komentar atau Sapaan seorang teman?
Bisa. Cukup klik tombol Balas Komentar atau Balas Sapaan.

Bagaimana cara menjalin pertemanan di Kompasiana?
Buka Tulisan atau Halaman Profil Kompasianer yang diinginkan, lalu klik tombol Jadikan Teman.

Saya sudah mengklik Jadikan Teman, tapi mengapa namanya belum muncul di Daftar Teman?
Karena orang tersebut belum mengkonfirmasi Anda sebagai temannya.

Bagaimana cara mengonfirmasi seseorang sebagai Teman?
Caranya, klik menu Dashboard. Lalu lihat di daftar Teman Baru. Klik Oke untuk konfirmasi pertemanan atau Cancel untuk menolak permintaan.

Bagaimana cara mengirim Pesan ke Kompasianer lain?
Buka Tulisan atau Halaman Profil Kompasianer yang diinginkan, lalu klik tombol Kirim Pesan.

Bagaimana cara membuka dan membalas sebuah Pesan?
Caranya, masuk ke menu Dashboard > Messages. Anda bisa membaca pesan yang masuk dan menjawabnya dengan mengklik tombol Reply.

Apakah saya bisa memasukkan alamat Facebook, Twitter dan situs jejaring lainnya?
Bisa. Caranya, masuk ke menu Dashboard > Setting, lalu masukkan alamat Facebook, Twitter, Plurk dan Friendster di kolom yang tersedia. Baca Tutorialnya di sini.

Bagaimana cara berteman di Facebook atau mengikuti Twitter seorang Kompasianer?
Buka Halaman Profil Kompasianer yang diinginkan, lalu klik tombol Facebook, Twitter, Plurk atau Frienster yang terdapat di bawah Foto Profil.

Kontak Kami

Saya belum tahu cara menggunakan Fitur dan Layanan Kompasiana.
Silakan pelajari cara-caranya di menu Tutorial.

Saya ingin mengetahui Tata Tertib dan hak cipta Konten Kompasiana.
Silakan akses menu Tata Tertib.

Saya ingin mengetahui ketentuan Jurnalisme Warga dan definisi Jurnalis Warga di Kompasiana.
Kami memiliki Ketentuan Jurnalisme Warga untuk semua pengguna Kompasiana. Silakan baca dan pelajari dengan seksama.

Saya memiliki banyak pertanyaan seputar Kompasiana.
Silakan mulai dengan membuka FAQ Frequently Asked Questions--Pertanyaan Paling Banyak Ditanya).

Saya menemukan Tulisan dan Anggota yang melanggar ketentuan.
Klik tombol Laporkan yang tersedia di setiap Tulisan dan Halaman Profil.

Saya ingin menggunakan Konten atau menjalin kerjasama dengan Kompasiana.
Hubungi kami lewat email di kompasiana [at] kompasiana.com.

Saya ingin menyampaikan pertanyaan, saran dan keluhan.
Kirim pertanyaan, saran dan keluhan melalui fitur Letter to Admin.

SUBSCRIBE AND FOLLOW KOMPASIANA:

About Kompasiana | Terms & Conditions | Tutorial | FAQ | Contact Us | Kompasiana Toolbar RSS
KOMPAS.com
© 2008 – 2014