Mohon tunggu...
Helmi Irfansah
Helmi Irfansah Mohon Tunggu... -

Newbie Blogger | mashel.me | @helmirfansah

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup

Bersama XL Saya Selalu Bangun Pagi dan "Up-to-date"

18 Agustus 2017   15:14 Diperbarui: 1 September 2017   15:39 649
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

XL menjadi operator yang saya pakai dari dulu dan belum berganti ke lain hati sampai sekarang dan menariknya XL adalah operator yang saya gunakkan paling lama rentan waktunya dari pada operator lain, Karena mereka memberikkan kualitas pelayanan yang pas, dan membuat hidup saya baik karena tidak ada lagi kejadian lemot dan putus-putus. Tetapi sebelum adanya XL banyak sekali masalah yang saya alami.... Yuk flashback dikit.

Sebelum saya menggunakan XL banyak sekali kejadian-kejadian yang tidak mengenakkan yang sering terjadi pada saat saya sedang mengerjakan tugas, membuat artikel, membaca berita, menonton video di youtube dan bermain game online. Seperti saat menggunakan operator A jaringan yang kadang putus-putus yang mengakibatkan lemot dan tiba-tiba jaringan mati dengan seketika membuat pekerjaan saya terganggu bahkan hampir tidak bisa dilakukkan sampai 3 hari lamanya Internet mati. Dan masalah itu saya atasi dengan berpindah operator B tetapi harganya.... Bikin dompet tipis lalu kualitasnya tidak sebanding dengan apa yang dibeli. Semua itu membuat saya galau, malas-malasan kerjaannya cuman tiduran saja dari pagi sampai siang membuat saya tidak produktif lagi dan tidak ada hiburan.

Dan saya pun mencoba untuk keluar  rumah dan mencari solusi yang tepat untuk permasalahan yang kritis ini (maklum ya generasi millennial pasti hal seperti ini sudah wajib hehe). Dan akhirnya saya pun bertemu dengan teman saya yang sedang menggunakan smartphonenya untuk browsing dan anehnya dia tidak mengalami apa yang saya alami ternyata teman saya menggunakan fasilitas jaringan Internet dari XL Axiata.

Lalu saya mencoba untuk mengatakan kepada ayah saya untuk dibelikkan kartu XL 4G LTE (Ini terjadi dulu saat dimana XL 4G LTE masih baru-barunya dan belum ada di konter terdekat mungkin karena banyak yang memborongnya). Inilah awal mula saya menggunakan XL untuk memfasilitasi pekerjaan saya, Pada pertama menggunakannya pada awal tahun 2016 mungkin lebih (agak lupa ya) saya menggunakan paket Internet yang paling murah dulu untuk mencoba tes apakah XL berbeda atau sama seperti operator internet lainnya.

Setelah digunakkan hampir 2 mingguan ternyata sangat lancar sekali tidak ada gangguan dan paket internet tersebut habis dan saya menjadi lebih percaya untuk menggunakan XL sebagai fasilitas Internet saya dimana saja untuk jangka panjang, Dan saya pun langsung bergegas ke konter untuk mengisikan pulsa agar dapat membeli paket internet dan saat itu saya langsung membeli paket yang memiliki kuota yang besar, Karena saya sehari dapat menghabiskan 1-3 GB kuota internet jika sedang dirumah saja sebagian besar habis karena untuk digunakkan menonton youtube. Saya sempat berpikir karena ini adalah layanan baru mungkin seperti operator lain kualitas sangat baik di awal dan akhir-akhirnya banyak masalah juga tetapi bulan demi bulan terlewati tidak ada masalah yang signifikkan dari jaringan Internet XL.

Tetapi akhir-akhir tahun 2016 saya merasa kalau penggunaan kuota saya terlalu besar dan membuat saya boros bahkan kuota yang jangka waktunya 1 bulan bisa saya habiskan dalam 2 minggu, Bagaimana tidak menonton video di youtube menghabiskan sebagian besar dari kuota XL selain itu karena kecepatan yang diatas rata-rata Internet Indonesia dapat mengakibatkan saya keterusan dalam bermain Internet. Tetapi sisi baiknya saya bisa semakin update tentang sesuatu yang sedang viral pada saat itu.

Dan saya masih ingat sekali saat "OM Telolet OM" saat itu sedang viral ke seluruh dunia. Beberapa jam saat viral saya mencoba untuk membuat artikel blog tentang maksud dari kata-kata itu dan alhasil pengunjung blog saya naik 500 persen karena artikel itu, Kenapa bisa begitu? Karena saya mengetahui tentang viralnya kata tersebut dengan cepat karena dukungan Internet dari jaringan XL yang membuat saya cepat-cepat mengupdate artikel saya dan boom blog saya viral juga. Lalu bagaimana jika saya bisa mengupdate konten blog saya jika internet lagi lemot beruntung saya sedang menggunakan XL XTRA Combo jadi semuanya aman untuk mengakses segala website dengan cepat membuat blog saya selalu "Up-to-date".

Terkait masalah borosnya saya dalam menggunakan platform youtube saya mencoba untuk mengurangi untuk menonton youtube. Dan kerennya pada bulan maret 2017 saya sempat kaget dengan paket baru XLXTRA Combo yaitu pembagian kuota untuk mengakses youtube dan browsing biasa. Dan menariknya lagi pada jam 01.00-06.00 dapat mengakses dan menonton video youtube tanpa kuota dan saya hanya bisa mengatakan "wow" namun ada syarat dan ketentuannya mengenai peraturan ini seperti jika pada jam 1-6 pagi kalian menonton youtube melebihi 5GB akan diturunkan kecepatannya menjadi 64Kbps dan akan dinaikkan untuk hari esoknya.

Tetapi itu tidak akan menjadi masalah karena jika kalian menonton youtube dari jam 1-6 pagi dengan kualitas 720p HD tidak akan melebihi 5GB. Mari berhitung: 1-6 pagi = 5 Jam = 300 Menit, Rata-rata ukurang video 720pHD permenitnya adalah 14,50Mb. Dan jika dikalikkan maka hasilnya 300x14,50= 4350MB kuota atau sama dengan 4,2GB kuota jika kalian menonton youtube dengan perhitungan seperti itu. Dengan adanya paket internet baru saya sangat setuju karena saya sering sekali menonton youtube untuk hiburan semata, untuk belajar dan agar lebih update. Tetapi banyak sekali yang kontra karena tidak semua netizen menggunakan fitur dari paket youtube tersebut.

Dan mulailah saya mencoba untuk menggunakan fitur baru dari paket internet XLXTRA Combo dan bertahan sampai sekarang. Dan mulailah timbul kebiasaan baru tapi saya tidak tau ini kebiasaan baik atau buruk ya. Kebiasaan itu adalah bangun pagi-pagi sekali yaitu sekitar jam 2 sampai 3 pagi dengan alasan untuk menikmati fasilitas Youtube tanpa kuota dari XL. Tetapi dengan kebiasaan tersebut saya juga mengimbanginya dengan beribadah di tengah malam dahulu lalu setelah selesai saatnya berselancar berkeliling dunia maya sambil menikmati tontonan youtube yang sangat menghibur.

Entah dari kapan kebiasaan bangun pagi ini saya alami, Mungkin menurut kalian saya bangun karena bunyi alarm? Kalian salah ini terjadi dengan begitu saja tanpa ada bantuan untuk membuat saya bangun pagi, Tetapi saya sangat bersyukur dapat bangun lebih pagi dari pada orang tua saya. Dan dipagi hari adalah waktu yang tepat untuk mengisi otak dengan hal-hal yang positif, Dengan memanfaatkan jaringan internet yang cepat dan stabil dari XL.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gaya Hidup Selengkapnya
Lihat Gaya Hidup Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun