Hanif Novrandhita
Hanif Novrandhita

Nubie yang ingin menjadi lebih baik melalui tulisan-tulisan nubie, SEORANG S.STATS BERMIMPI UNTUK MENJADI LEBIH BAIK,

Selanjutnya

Tutup

Jakarta

Pemindahan Ibukota dan Sejarahnya

5 September 2017   20:51 Diperbarui: 5 September 2017   21:00 739 0 0

Dulu di waktu pemerintahan SBY , sempat ada rencana pemindahan ibukota. Namun rencana itu hanya rencana sampai SBY di gantikan oleh presiden Jokowi. Pemindahan Ibukota merupakan hal-hal yang sudah di rencanakan oleh presiden-presiden terdahulu. Pada masa pemerintahan founding father Indonesia, Ir Soekarno pernah ada rencana pemindahan ke ibukota palangkaraya karena soekarno menilai ibukota Jakarta, Merupakan ibukota warisan Belanda. Sebagai informasi dulu belanda beribukota di Batavia (saat ini masuk Jakarta).

Lalu Di era kepempiminan Soeharto juga sempat ingin memindahkan ibukota, pemindahan ibukota ke jonggol, sempat ada bangunan dinas kepresidenan di jonggol, namun rencana ini gagal karena Indonesia di terpa oleh krisis Moneter yang menyebabkan Soeharto turun dari kursi kepresidenan. Pemerintahan Jokowi memfokuskan pemindahan ibukota pemerintahan pindah dari Jakarta, namun untuk pusat bisnis akan tetap di fokuskan ke Jakarta. 

Berkaca pada negara lain yang telah berhasil, Malaysia pernah memindahkan ibukota dari Kuala lumpur ke Putra Jaya, namun jarak Kuala lumpur ke putra Jaya seperti Jakarta Ke Jonggol tidak lebih dari 40 Km. Tiongkok pernah memindahkan dari Ghuagzu ke Beijing, dalam ini berjarak ribuan kilometer namun masih terletak di pantai timur yang menjadi titik pusat pertumbuhan ekonomo tiongkok. Negara Sukses lainnya, adalah Brasil dari Rio De Janeiro ke Brasilia membuka poros ekonomi baru. Pemindahan juga Berjarak ribuan kilometer namun masih satu daratan.

Contoh 3 Negara tersebut berbeda dengan kondisi negara Indonesia yang merupakan negara kepulauan. Dan 3 negara tersebut pemindahan masih berada dalam satu daratan lua.  Ibukota Indonesia dan daerah terpadat bukan di pulau yang besar , di Pulau Jawa. Rencana dari Bappenas ibukota di pindahkan ke daerah luar pulau Jawa. Kemanakah Indonesia harus melakukan bench mark?

Akankah berhasil atau rencana semata saja, apapun itu penulis hanya berharap untuk tidak menjadi senjata politik program di periode berikutnya jika sampai 2019 rencana ini belum terealisasi.