Mohon tunggu...
Azizah Arde
Azizah Arde Mohon Tunggu... -

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Perjuangan Masuk SMAN 16 Bekasi

22 Agustus 2017   19:35 Diperbarui: 22 Agustus 2017   19:55 4600
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

assalamualaikum wr.wb 

pertama tama saya memulai cerita dari awal saya masuk smp kelas 9 dan awal kelas 9 saya memutuskan untuk memasuki salah satu bimbel di luar sekolah. setelah saya memutuskan untuk masuk bimbel di luar sekolah saya berfikir kalu misalkan saya masuk bimbel di luar sekolah akan membantu saya belajar tapi teryanta pada kenyataan nya tidak seperti apa yang saya fikirkan. banyak positive dan negative yang saya dapatkan ketika saya mengikuti bimbel di luar .

 positive nya adalah sistem belajar saya kebantu dengan saya mengikuti bimbel di luar dan negative nya adalah saya merasa tempet bimbel saya dengan tempat bimbel saya sangat jauh sehingga setiba saya di rumah sudah malam dan saya tidak memiliki waktu belajar di rumah.sekolah pertama yang saya impikan adalah sman 5 bekasi dan itu baru angan angan saya saja.saya mengawali awal kelas 9 dengan baik baik saja dan pada stu saat saya bilang ke diri saya bahwa saya menargetkan nilai hasil un,tapi saya masih merasa santai saja karena masih awal kelas 9,

saya masih malas2an contohnya, saya jarang mencatat dengan tepat waktu.saya selalu mencatat dengan cara menyalin kepada teman saya yang sudh selesai mencatat. dan saya mencatat jika ada ulangan atau tugas saja.karena saya merasa santai saja toh masih awal kelas 9, belum serius2 banget karena belum mendekati ujian nasional.dan saya sangat malas jika disuruh belajar di rumah oleh orang tua . dengan maksud tidak serius belajar , pelajaran di sekolah saya banyak,kurang lebih 20 mata pelajaran.karena saya sekolah di sekolah islam terpadu itu salah satu alasan saya mengapa saya malas belajar karena pelajaran di sekolah saya sangat banyak.hari demi hari berlalu sampai pada hari dimana saya berfikir bahwa saya harus serius belajar dan gabole main2 lagi. 

akhirnya saya coba untuk terbiasa belajar di rumah. pada suatu saat saya merasa lelah untuk melanjutkan bimbel di luar,karena tempat nya jauh dari rumah saya.dan pada pertengahan semester dua sudah mendekati hari ujian nasional dan saya belom mau menyerah masih ingin melanjutkan bimbel di luar dan saya pun mengikuti bimbel yang diadakan sekolah saya dan saya mengikuti nitu semua dan saya harus pintar2 mambagi waktu bimbel di luar dan bimbel di sekolah . karena jadwal yang padat.setiap hari bimbel di sekolah itupun di saat hari jumat saya tidak bimbel dari sekolah untuk masuk bimbel di luar sekolah. dengan sekolah saya yang pergi pagi pulang sore. saya menjalani itu semua karena karena untuk mendapatkan hasil un yang bagus dan masuk sman yang di harapkan.

 tetapi tetap saja rasa malas mengelabui segalanya dan ya.. gt saya jadi malas belajar.lanjut sampai saya memutuskan untuk keluar dari bimbel luar karena saya sudah tidak kuat dengan perjalanan menuju tempat bimbel saya.dan saya memutuskan untuk les privat saja karena kalu privat guru yang mengajarkan lebih fokus kepada 1 murid.lanjut ke detik2 un perasaan saya masih agak santai karena pelajaran bahasa indonesia tidak ada hitung hitungan.dan di hari kedua dengan mapel matematika saya mulai kepikiran dari malam hari nya pun say tidak bisa tidur besok nya pun saya harus ke tempat les lagi untuk tambahan, kebetulan saya dapat jadwal sesi un yang kedua jam 10 sampai setengah satu 5 menit sebelum un matematika saya masih di tempat les, langsung saya ngebut tanpa ampun. 

dan satu menit sebelum pengawas un dateng untung nya saya sudah sampai sekolah dan ketika mengerjakan udah keringat dingin takut tidak selesai karena soalnya ngga sesuai ekspetasi.yasudah saya di situ pasrah dan gak lupa setiap malam saya tahjud agar di mudahkan.lanjut hari berikutnya dan akhir nya pun un selesai. tapi say belom tenang karena di sekolah saya masih ada ujuan tahfidz yang dmn menentukan kelulusan ijazah dan alhamdulillah nya saya lulus tidak remed.menunggu pengumuman nem rasanya deg degan ,galau,ngga bisa tidur . 

dan hasilnya pun alhamdulillah cukup :D . saya sudah pasrah dengan hasil nilai yang saya dapatkan tetapi saya tetap bersyukur dengan apa yang saya dapatkan dengan perjuangan dan jerih payah saya sendiri. setelah pengumuman tanggal 6-10 pendaftaran sman jalur afirmasi,zonasi,dan prestasi.kebetulan karena rumah saya deket dan kakak saya bersekolah di sman 16 jadi saya mendaftarkan diri lewat jalur zonasi dan 16 menjadi pilihan pertama sekolah yang akan saya masuki.pengumuman jalur zonasi tanggal 10 saya masih main di rumah teman saya dan saya tidak tahu kalau pengumuman nya di tempel di mading,an sewaktu saya datang ke 16 sekitar jam 3an saya lihat pengumuman nya dan ternyata ada nama saya,alhamdulillah saya keterima di sma negeri. 

tanggal 14 juli diberi tahu untuk tes tertulis untuk jurusan ipa,saya hanya ikut mencoba bagaimana contoh soal ipa , dan ternyata susah sekali dan saya mengerjakan apa adanya saja. tanggal 15 nya ada tes psikotes,saya mengikuti tes psikotes dengan lancar dari awal saya sudah mengincar jurusan ips karena saya lemah di hitung2an. makanya saya lebih memilih jurusan ips tanggal 17-19 saya mengikuti mpls ddi sman 16 dan saya mengikutinya dengan lancar dan dua hari terahir dari pekan itu ada demo eskul,say melihat banyak yang mendemokan eskul.dan saya tertarik dengan eskul voli.dan saya masih bingung untuk eskul ke 2 saya.yang saya senangi dari sekolah negeri adalah sabtu minggu libur.itu saja yang saya bisa ceritakan wassalamualaikum wr.wb

Mohon tunggu...

Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun