The Seven Summits of Brebes

24 September 2016 01:24:05 Diperbarui: 24 September 2016 02:05:02 Dibaca : Komentar : Nilai :
The Seven Summits of Brebes
Dokumentasi Jelajah Brebes

Adalah tujuh puncak gunung paling tinggi di Brebes . Konsepnya mirip dengan Seven Summits yang merupakan tujuh puncak gunung tertinggi di tujuh benua di dunia.

Kabupaten Brebes dengan bentangan alam yang luas dan kabupaten terluas kedua setelah Cilacap memiliki beragam potensi wisata alam yang menjulang tinggi bak gunung – gunung yang ada di Indonesia maupun dunia .

Puncak tertinggi di jawa Tengah yang sudah cukup populer di kalangan pendakian , memiliki kaki dan punggungan yang berada di sisi Kabupaten Brebes . Bentangan hijau menjulang tinggi dan memanjang membentuk deretan gunung – gunung kecil dan menyimpan beragam wisata dan keanekaragaman budaya masyarakatnya .

Kecamatan Salem merupakan salah satu kecamatan dari Kabupaten Brebes, yang terdiri dari 21 desa. Walapun akses jalan penghubung sudah mulai di perbaiki kembali , namun tidak mengurangi kegiatan masyarakat sehari-hari. Budaya gotong royong di Salem ini sangat kental dan hubungan antara masyarakat dengan aparat desa serta desa dengan kecamatan dan kabupaten sudah terjalin baik.

Sevent summit Of Brebes sendiri terdiri dari :

1 . Gunung Slamet 3.432 mdpl

Gunung Slamet adalah gunung tertinggi di Jawa Tengah dan merupakan gunung tertinggi kedua di Pulau Jawa dengan ketinggian 3.432 mdpl . Pada masa penjelajahan dunia yang pertama Sir Frances Drake, seorang pelaut Inggris pada tahun 1580, ketika itu melihat Gunung Slamet dan segera mengarahkan perahunya dan berlabuh di Cilacap.
 Gunung Slamet memiliki jalur pendakian resmi di Jalur Bambangan Purbalingga . Namun beberapa jalur lainnya juga tersedia di Brebes dengan dua buah jalur pendakian yaitu di Desa kaliwadas dengan akses melalui kecamatan Sirampog dan lewat Perkebunan Teh Kaligua Kecamatan Paguyangan . Sedangkan jalur alternatif lainnya di Pemalang ( Jalur Prabasari & Jurang Mangu ) , Tegal ( Guci ) dan Purwokerto ( Batu Raden ) .

2 . Puncak Sakub 2.080 mdpl

Terletak di Perkebunan Teh Kaligua , Kecamatan Paguyangan . Dari gardu pandang yang disebut “Puncak Sakub”, hamparan kebun teh terlihat seperti permadani hijau. Sesekali, kabut tebal yang turun dari lereng gunung menghalangi pandangan. Namun, saat cuaca cerah, akan terlihat pucuk-pucuk daun teh yang berkilau karena embun yang mulai mencair. Keindahan pemandangan dari ketinggian ini membuat beberapa wisatawan yang datang ke sana menyebut Puncak Sakub sebagai negeri di atas awan.

3 . Gunung Kumbang 1.218 mdpl

Gunung Kumbang merupakan salah satu gunung yang ada di kecamatan salem, gunung kumbang berada di desa ciputih, merupakan gunung tertinggi di kecamatan salem . Gunung Kumbang masa lampau mungkin adalah sebuah tempat lemah dewasasana, kabuyutan, dan tempat bagi para intelektual masa kerajaan Sunda . Beberapa grup / rombongan pendaki lokal , beberapa kali pernah melakukan pendakian ke Gunung Kumbang . Di gunung Kumbang terdapat tempat yang masyarakat menyebut nya Pagedongan , kata sepuh tempat itu adalah bekas padepokan dan petilasan wali, tempat nya adem, sejuk di bawah lebatnya hutan gunung Kumbang .

4 . Gunung Segara ± 900 mdpl

Gunung sagara terletak di desa gandoang kec salem kab brebes. Bersebelahan langsung dengan gunung kumbang . Disana terdapat situs peninggalan sejarah , sering di kunjungi para Mahasiswa yg ingin menggali sejarah.

5 . Gunung Sumping ± 900 mdpl

Terletak di desa Plompong kecamatanSirampog . Bentuknya kerucut seperti nasi tumpeng terdapat tugu sebagai penanda titik Trianggulasi di puncaknya yang banyak ditumbuhi pepohonan jenis bambu. Dari puncak bukit yang tinggi ini bisa dilihat pemandangan ke berbagai penjuru yang sangat eksotis dan menakjuban. Kita bisa menyaksikan perkampungan penduduk, hamparan sawah, kebun, lembah, perbukitan, gunung-gunung, hutan dan sungai-sungai yang berkelok-kelok di kejauhan.

6 . Gunung Lio

Gunung Lio yang berada di perbatasan Salem dan Banjarharjo, dapat dikembangkan sebagai Bumi Perkemahan, sehingga mampu meningkatkan daya tarik Salem namun tidak mengurangi fungsinya sebagai daerah penyangga suplai air bagi kabupaten Brebes. Setiap hari libur Puncak ini selalu di padati oleh wisatawan dari berbagai daerah. Selain menikmati hawa sejuk dan pemandangan yang luar biasa eksotis kita juga bisa mengenal keanekaragaman hayati yg ada di Sekitar Gunung Lio. puncak ini bisa di tempuh dari arah Banjarharjo dgn melewati Bandungsari dan juga di tempuh dari Desa Pasirpanjang Salem .

7 . Tugu Kopasus

Jalur pendakian ke puncak perbatasan Jawa Tengah dgn Jawa Barat, bisa di tempuh lewat Dusun Ciwindu Desa Wanoja dan Desa Windusakti . Akses ke lokasi masih berupa hutan – hutan dan untuk sampai ke lokasi dengan olah raga hiking / mendaki .

Demikianlah mengenai sevent summit of Brebes yang sebagian besar masyarakat di sekitar lokasi maupun pendaki lokal sudah melakukan beberapa pendakian . Salah satu kemudahan dalam menggapai puncak – puncak tertinggi di Brebes ini adalah waktu yang cukup relatif singkat namun cukup menguras tenaga , kecuali Gunung Slamet yang butuh beberapa hari untuk menggapai puncaknya .

@Jelajah Brebes

@Ajhies Savana

Dokumentasi Jelajah Brebes
Dokumentasi Jelajah Brebes

Hajis Sepurokhim

/hajis

Alam beserta isinya ada sebuah pesan untuk di pelajari
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.
Featured Article