Hairil Anuar
Hairil Anuar pelajar/mahasiswa

One Time, One Spiritand One Goal. pin : 23943626 Email : Hairilanuar27@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Hankam

ASAS- ASAS PEMBANGUNAN

6 Agustus 2014   10:31 Diperbarui: 18 Juni 2015   04:18 8825 0 0
ASAS- ASAS PEMBANGUNAN
14072706532008004903

  1. 1. Asas Manfaat


Bahwa segala usaha dan kegiatan pembangunan nasional memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi kemanusiaan, peningkatan kesejahteraan rakyat, dan pengembangan pribadi warga negara serta mengutamakan kelestarian nilai-nilai luhur budaya bangsa dan kelestarian fungsi lingkungan hidup dalam rangka pembangunan yang berkesinambungan dan berlanjut.

Misalnya pembangunan sarana dan prasarana umum, jalan raya, telepon umum, rumah sakit dan lain sebagainya. Itu merupakan sarana yang dibangun untuk kepentingan rakyat dengan melihat dari sisi manfaat yang ada sangatlah besar bagi kehidupan masyarakat Indonesia.


  1. 2. Asas Usaha Bersama dan Kekeluargaan


Bahwa upaya mencapai tujuan pembangunan nasional yang meliputi seluruh kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara, dilakukan dengan semangat kekeluargaan yang bercirikan kebersamaan. Gotong-royong, persatuan dan kesatuan melalui musyawarah untuk mencapai mufakat.

Misalnya dengan adanya kerja bakti disetiap wilayah, karang taruna disetiap desa. Serta adanya pemiihan ketua desa secara bersama-sama.


  1. 3. Asas Demokrasi (Musyawarah)


Bahwa dalam penyelenggaraan pembangunan nasional, penyelenggaraan negara dan masyarakat harus memiliki mental, tekad, jiwa, dan semangat pengabdian serta ketaatan dan disiplin yang tinggi dengan lebih mengutamakan kepentingan bangsa dan negara di atas kepentingan pribadi atau golongan.

Misalnya musyawarah dalam setiap pengambilan keputusan ataupun adanya voting untuk mencapai suatu keputusan serta adanya pemilu di bangsa Indonesia


  1. 4. Asas adil dan Rata


Bahwa pembangunan nasional diselenggarakan sebagai usaha bersama harus merata di semua lapisan masyarakat dan di seluruh wilayah tanah air di mana setiap warga negara berhak memperoleh kesempatan berperan dan menikmati hasil-hasilnya secara adil sesuai dengan nilai-nilai kemanusiaan dan darma baktinya yang diberikan kepada bangsa dan Negara.

Misalnya pembangunan di daerah pinggiran kota yang tertinggal dari pusat kota, contohnya sarana umum seperti jalan raya, jembatan, gedung sekolah, rumah sakit dan lain sebagainya.


  1. 5. Peri kehidupan dalam keseimbangan


Bahwa dalam pembangunan nasional harus ada keseimbangan antara berbagai kepentingan, yaitu keseimbangan, keserasian dan keselarasan antara kepentingan dunia dan akhirat, material dan spiritual, jiwa dan raga, individu, masyarakat dan negara, pusat dan daerah serta antardaerah kepentingan peri kehidupan darat, laut, udara, dan dirgantara serta kepentingan nasional dan internasional. Contohnya adanya pembangunan gedung sekolah dan masjid, adanya pertahanan baik di darat, laut maupun udara (AD, AL dan AU)


  1. 6. Kesadaran Hukum


Bahwa dalam penyelenggaraan pembangunan nasional setiap warga negara dan penyelenggara negara harus taat pada hukum yang berintikan keadilan dan kebenaran, serta negara diwajibkan untuk menegakkan dan menjamin kepastian hukum.

Contohnya yaitu dengan adanya lembaga penegak hukum seperti kepolisian dan pengadilan serta KPK yang tidak berpihak kepada siapa pun.


  1. 7. Kepercayaan pada Diri sendiri


Bahwa pembangunan nasional berlandaskan pada kepercayaan akan kemampuan dan kekuatan sendiri, serta bersendikan kepada kepribadian bangsa.

Contohnya yaitu dengan adanya kebudayaan bangsa yang menjadikan ciri khas bangsa Indonesia

PERUMUSAN MASALAH BANGSA INDONESIA


  1. 1. Kemiskinan


Penyebab kemiskinan yang ada di Indonesia yaitu tingginya biaya hidup, lapangan kerja yang terbatas dan masih rendahnya pendidikan akibat tingginya biaya pendidikan yang ada. Serta kesenjangan social yang sangat signifikan antara perkotaan dan pedesaan, sehingga menjadi daya tarik warga desa untuk transmigrasi ke kota untuk mengadu nasib dengan bekal dan kemampuan yang minim sehingga tidak memperoleh pekerjaan maka timbullah pengangguran dan kemiskinan.

Solusinya yaitu dengan memperbanyak lapangan kerja, adanya program pendidikan gratis 9 ataupun 12 tahun serta mengadakan/menyelenggarakan pendidikan skill/non formal.


  1. 2. Korupsi


Penyebab tindakan korupsi yaitu rendahnya moral dan kurangnya keimanan pada diri seseorang serta sifat dasar manusia yang tidak akan pernah puas atas apa yang mereka miliki, sehingga mengambil langkah instant untuk mengambil keuntungan sepihak.

Solusinya yaitu dengan adanya ketegasan hokum dan sanksi tegas bagi para koruptor dan meningkatkan kinerja KPK serta lembaga hokum yang ada.


  1. 3. Kriminalitas


Penyebabnya yaitu dengan tingginya biaya hidup dan rendahnya iman dan moral pada diri seseorang serta kesenjangan social yang sangat tinggi sehingga timbul kecemburuan social dan menimbulkan tindakan kriminalitas baik itu pencurian, perampokan, pemerkosaan, pembunuhan, KDRT (Kekerasan Dalam Rumah Tangga) dan lain sebagainya.

Solusinya yaitu dengan adanya tindakan tegas dan sanksi dari pihak yang berwajib, pengaruh lingkungan baik keluarga maupun lingkungan masyarakat yang dapat membentuk kepribadian setiap orang serta tokoh masyarakat agama sebagai pengayom/pembimbing warga masyarakat harus berperan aktif dalam membina warga sekitar.


  1. 4. Transportasi Umum


Penyebabnya yaitu ketidak disiplinannya warga dalam berlalu lintas dan dalam penggunaan alat transportasi umum serta penyalah gunaan fasilitas umum yang mendukung oprasional transportasi tersebut, misalnya trotoar yang beralih fungsi menjadi tempat para pedagang menjajakan dagangannya ataupun bahu jalan yang digunakan sebagai area parkir umum. Selain itu buruknya fasilitas transportasi umum dan rendahnya kesadaran masyarakat dalam menggunakan fasilitas yang ada, sehingga warga lebih cendrung menggunakna kendaraan pribadi. Sehingga timbullah kemacetan lalu lintas.

Solusinya yaitu adanya tindakan tegas dan sanksi dari pihak yang berwajib atas perusakan maupun penyalahgunaan fasilitas umum, pembatasan kepemilikan kendaraan pribadi serta peningkatan sarana dan prasarana umum khususnya armada transportasi.


  1. 5. Moral


Penyebabnya yaitu telah rusaknya moral anak bangsa disebabkan oleh berbagai macam factor, diantaranya yaitu faktor lingkungan, keluarga, pendidikan, agama serta kemajuaan teknologi yang semakin pesat. Faktor yang paling mendasar dan yang paling utama yaitu agama, karena seorang anak yang dalam dirinya dibekali pengetahuan agama maka itu merupakan benteng untuk dia dapat memilih dan menyeleksi segala informasi yang ia terima dari berbagai sumber dan media. Menurut hasil penelitian diberbagai daerah banyak kalangan remaja sudah mengenal yang namanya sek bebas dan ironisnya banyak dikalangan pelajar sudah tidak virgin lagi dan tidak sedikit dikalangan pelajar pula telah melakukan aborsi akibat pergaulan bebas. Selain lingkungan peran kemajuan teknologi juga ikut andil besar dalam  penyimpangan moral anak bangsa, yaitu dengan semakin mudahnya para remaja mengakses video porno.

Solusinya yaitu dengan pendidikan agama, etika dan moral diberikan dilembaga pendidikan baik formal ataupun non formal. Adanya ketegasan hokum dan sanksi bagi para pelaku penyimpangan moral.