Hapuskan UN Sekarang Juga .. !!

18 Juni 2011 15:30:18 Dibaca :

Memperhatikan isu-isu yang berkembang saat ini berkaitan dengan kasus pencontekan massal, saya tertarik untuk menuliskan opini saya. Kasus pencontekan sebenarnya bukanlah hal yang pertama kali ini terjadi. Kalau kita ingat, setiap tahun selalu ada tayangan berita di televisi tentang aksi pencontekan saat Ujian Nasional (UN) berlangsung. Dalam beberapa kasus, pemerintah lalu mengadakan UN Ulang, namun apakah hal ini benar-benar memecahkan seluruh permasalahan ? Apakah ada jaminannya pada UN tahun berikutnya tidak ada aksi mencontek ?  Tidak perlu dipungkiri lagi aksi mencontek itu akan tetap ada. bahkan modus yang digunakan akan lebih canggih lagi.


Menurut saya pemerintah saat ini seharusnya jangan hanya meributkan aksi pencontekan dan atau  para politisi senayan membahas tentang kejujuran. Pemerintah seharusnya bersikap objektif dengan membahas akar permasalahan dari semua ini. Logikanya kenapa seorang anak harus berbuat curang ? karena ada alasan yang menyertainya. mereka semua ingin LULUS UN. Jelas UN ini telah menyengsarakan siswa. Seharusnya pemerintah dalam hal ini Kementerian Pendidikan Nasional segera menghapuskan UN bagi tingkat SD dan SMP. UN di Jenjang SD dan SMP tidak layak untuk diterapkan. Bukankah pemerintah mencanangkan wajib belajar 9 tahun ? bahkan sekarang ini justru wajib belajar 12 tahun ? Lalu untuk apa adanya UN ? Karena logikanya pasti ada kelompok siswa yang lulus dan yang tidak lulus. Kalau ada kelompok yang tidak lulus berati kelompok ini tidak bisa melanjutkan ke jenjang berikutnya. Memang pemerintah memberikan solusi dengan adanya ujian ulangan dan program Paket. Tetapi semua itu untuk apa ? Jelas ini hanya menghambur-hamburkan anggaran negara.


Kembali lagi ke topik semula, dalam kasus ini mencontek adalah suatu "akibat" dan Ujian Nasional (UN) adalah "sebab" maka apabila UN ini tidak dihapuskan bibit-bibit kecurangan seperti mental koruptor akan tumbuh subur disana. Sadarkah wahai Pak Menteri ?

Hadi Yanuar Iswanto

/hadiyanuariswanto

Hadi Yanuar Iswanto dilahirkan di Bandung pada 30 Januari 1992. Saat ini saya kuliah di program Sarjana (S1) Jurusan Pendidikan Teknik Arsitektur, Fakultas Teknologi dan Kejuruan, Universitas Pendidikan Indonesia. saya memiliki minat dan ketertarikan terhadap bidang politik, pendidikan, arsitektur dan sejarah kota Bandung Tempo Doeloe.
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?