Media

Persamaan dan Kesamaan

13 Agustus 2017   01:41 Diperbarui: 13 Agustus 2017   02:55 55 0 0

Persamaan dan kesamaan dalam konteks matematika itu, maknanya tentu berbeda. Dengan kata lain, persamaan tidak sama dengan kesamaan. Anda bingung? Hehehe. Baiklah, kalau begitu, berikut saya akan mencoba untuk menjelaskannya.

Menurut KBBI, persamaan merupakan perihal mempersamakan (tingginya, tingkatannya, dan sebagainya), perbandingan, persesuaian. Sedangkan, kesamaan merupakan perihal sama. Berdasarkan definisi dari kedua kata tersebut (menurut KBBI), Anda barangkali bisa memahami, apa yang menjadi perbedaannnya.

Oke. Saya akan memberikan contoh dalam konteks matematika. Memang, pada dasarnya dan sepintas kita melihatnya, persamaan dan kesamaan itu sama, yaitu menggunakan tanda "=" (baca: sama dengan). Namun, dari segi makna, tentunya pasti tidak sama, alias beda.

Persamaan dalam konteks matematika, misalnya: 2a=10. Berdasarkan definisi seperti yang disebutkan di atas, maka sangat jelas di sini adalah menyamakan (perihal mempersamakan). Nah, untuk menyamakan ruas kiri dan ruas kanan, maka tentu nilai a-nya harus dicari. Namun, perlu diingat, jika a sudah diganti dengan bilangan tertentu (telah diselesaikan), maka bukan lagi bermakna "persamaan." Untuk lebih jelasnya, silakan dibaca tulisan ini sampai selesai.

Sedangkan, kesamaan dalam wilayah matematika, misalnya: 7+2=4+5. Sesuai dengan definisi menurut KBBI di atas, di sini bermakna "perihal sama." Maksudnya, 7+2 itu memiliki nilai yang sama dengan 4+5. Ingat, nilai yang sama. Itu. Contoh lainnya, bisa Anda tambahkan sendiri. Anda paham kan? Semoga saja.

Namun, bila kita mau mengkajinya lagi berdasarkan masing-masing contoh di atas, maka akan terlihat perbedaan yang sangat jelas. Perbedaannya, adalah bahwa "persamaan" mengandung variabel (dalam contoh di atas, variabelnya adalah a), sedangkan "kesamaan" tidak mengandung variabel.

 Wallahua'lam.

Oleh: Gunawan