HIGHLIGHT

Cerpen :) Geng Motor Chibi-chibi

16 April 2012 18:05:10 Dibaca :
Cerpen :) Geng Motor Chibi-chibi
-

Memuat ulang dari postingan humor saya, saya pindahkan kemari mumpung masih hangat-hangatnya berita ttg Geng Motor ini, silahkan dinikmati dan semoga menghibur sbg cerpen komedi-sosial : ------------------------------------------------------------- Salam Koplak !! (Kompak Ala Kompasiana !!) saya, Somplak Taplak Tambel Ban, Reporter berita “Koplak”(Kompasiana Punya Lapak !!), untuk Stasiun TV KOPLAK !! Satu untuk semuaaa.. (Jiahhh.. Ga kebagian donk gue..).. ——————————————– Pemirsaku yang Koplak !! (Jawab Pemirsa di rumah : “Iyeee Reporterku yang somplak !!”). Baru-baru ini, warga Jakarta sedang heboh-hebohnya dengan pemberitaan adanya Geng Motor yang menebar TERORRRRSSSShhhh….(suara mendesah seram).. Saat ini kami sedang mewawancarai salah seorang polisi yang menjadi perwakilan dari pihak Mabes Polri Jakarta untuk menjabarkan lebih lanjut tentang ciri khas para pengendara motor ini (sambil berjalan mendekati seorang polisi). —————————————————– SOMPLAK : Selamat Malam Pak Polisi.. POLISI : Malemmm.. (senyum mengembang, kumis terkembang, mata berkunang-kunang) SOMPLAK : Saya Somplak, reporter untuk berita KOPLAK !! POLISI : Wahh.. nama kita hampir mirip yah.. SOMPLAK : Ah Masaaa… emang nama Bapak siapa ?? PAK POLISI : Saya Sempak, anggota kepolisian di sekitar sini.. SOMPLAK : Eh Busyet.. Somplak mah artinya “bentuk yang tak beraturan”, kalo sempak, “bau yang tak beraturan !!” Yah, mirip dikit sih.. Ohya, ngomong-ngomong, bapak katanya yang mau menjelaskan pada saya perihal ciri khas para Geng Motor yang sedang merajalela di Jakarta beberapa hari belakangan ini.. POLISI : Oh Iya, saya akan memberikan informasi berguna ini, semoga masyarakat bisa bijak menyikapinya dan memilih yang benar.. Coblos No 3 !! SOMPLAK : Pak, pemilu masih jaooohh… Silahkan Pak Infonya .. —————————————————– POLISI  : Ehem.. Begini Dik Somplak, ciri khas yang dimiliki oleh Geng Motor ini umumnya yang pertama adalah (tiba-tiba pak polisi diam)… SOMPLAK : (menunggu penuh perhatian dan kasih sayang).. apa tuh Pak ? POLISI : (membentak ) MENAIKI MOTOR !!! (Somplak : Ehh busyettt.. dikata gua bego kali yah, ya iyalah naik motor, kalo naik becak, itu mah Geng Becak !! Dasar koplak !!) ————————————————— POLISI : Lalu ciri khas kedua, mereka suka keliling di jalanan sambil BERGEROMBOL !! (Somplak : Cap cay dehhhh, puu yueeeng hai dah kepalaku.. Kaga meaning banget sehhh penjelasannya. Yah jelas bergerombolah, kalo sendirian, itu mah bukan geng motor, tapi tukang ojek langganan gua !! Dasar Koplak !!) —————————————————- POLISI : Ciri khas ketiga, mereka suka memakai JAKET MOTOR dan CELANA JEANS !! (Somplak : (Geleng-geleng) Nih Polisi pas ujian masuk dulu, pake dites dulu atau kaga sih ?? Namanya naik motor, yah pake jaket motorlah, masak pake KAOS KUTANG ama BOXER, emangnye model pakaian dalem GT MAN. Pulang-pulang tuh Geng Motor bisa masuk angin semua.. minta dikerokin emaknye.. Dasar Kuuoooplakk !!) ————————————————— POLISI : Ciri khas yang ke 4. Nah, ini yang paling penting nih Dek Somplak, tanpa ini mereka ga bisa idup.. Somplak segera menyenderkan kepalanya di bahu Pak Polisi, sambil duduk berdua di bawah pohon Kamboja, diterangi oleh cahaya bulan purnama malam hari bak sepasang sejoli — OOooohh.. Romantosnyaaa.. (Info Redaksi : Kalo cowo ama cewe, romantis, tapi kalo cowo ama cowo, romantos.. gitu Gan) SOMPLAK : Iyyya Pakkkkk.. (suara mesra memelas baju, eh.. memeras baju) POLISI: Mereka suka …………  NGISI BENSIN !! (JLEGERRRRRR… Bunyi petir di kejauhan) SOMPLAK : AARRRGGHHH.. (muncrat dan muntah-muntah)… HOAAAKKKCCCuuiiiihhh !!! Ngos.. Ngos.. Ngos.. (tarik nafas dalem-dalem..) (Gregetan jadinya gregetan…-nyanyi ala Sherina) SOMPLAK : (mikir) Heran dah gua ama nih polisi, namanya juga geng motor, pasti ngisinya pake bensin, masak tuh motor diisi air keringet apalagi air ujan.. Ga sekalian aja diisi aeerrr kelapaaaa.. Dasar Very-Very Koplak !! Duhh, nemu dimana nih komandannya, kok bisa yah, punya anak buah kayak gini.. bikin gua es teler.. eh, Essmmoosii) —————————————————– SOMPLAK : Pak Polisi !! Dari tadi ciri khas yang disebutin kok ciri-ciri umum doank !!  SEMUA YANG NAIK MOTOR JUGA GITU KALEEEE !!!  (nada tinggi pitch suara mencapai 600 Hertz) Tiba-tiba muncul salah satu juri Indonesian “IDOL” (Singk. Dari : INGIN AFDOL). Anang KD (Anang Koplak Dong) : Eittss..  awas tuh suaranya, pitch kontrol kamu harus dijaga.. Inget, pitch kontrol !! SOMPLAK : Oh iya.. maaf mas Anang, maaf, ehem.. (perbaiki suara) Pak Pol.. kira-kira ada penjelasan yang lebih spesifik ga ? POLISI : Ohh.. ada, baiklah, saya bukakan salah satu rahasia Geng Motor ini.. ini rahasia yang jarang diketahui oleh khalayak ramai !! SOMPLAK : WOW !!! Apa tuh Pak.. !! (Nah, kali ini bener-bener serius nih Pak Polisi, tumben bisa nyambung.. akhirnya, gua ada berita hepiii) POLISI : Rahasianya adalah.. SOMPLAK : Eng..Ing.. Eng… (dag dig dug menanti jawaban) POLISI : Setelah pesan-pesan berikut ini, tetap di Opera Van Java.. Yaaa.. SOMPLAK: YAAEEEeeeeeee… !!!Horeeeee… (bertepuk tangan) (Setelah 5 menit, baru nyadar) Lho !! Ngapain gua ikut-ikutan sih, AArrrrrgghhh !!!  (jedotin kepala ke kamera TV-nya sambil gigit-gigit mic di tangannya) —————————————————- Setelah detik-detik yang penuh haru biru, dibantu kru kamera, Somplakpun akhirnya bisa menenangkan diri. SOMPLAK : Pak Pol !! Ini bukan OVJ !! Ini kita lagi di acara berita Koplak !! Bapak tahu ga sih.. Bapak lagi ditonton LLUUAAAEEEVVV (Red : Live) oleh jutaan pembaca berita “Koplak”, tolong donk serius dikit.. hargai saya donk sbg ketua pembicaraan.. POLISI : Interupsi !! Interupsi Pak Ketua !! Saya mau melanjutkan pembicaraan saya tadi.. SOMPLAK : Nah, gitu donk.. hayooo, apa tadi rahasianya ? POLISI : Gini nih Gan.. (Maklum, nih polisi anggota Kaskuser juga rupanya), mereka punya ciri khusus, yaitu TAAATOOOO.. SOMPLAK : APAAAA !!!! (”Ceeesss!!! ” Bunyi Simbal + Tetesan iler, kamera zoom out, zoom in, zoom ke kanan.. zoom ke kiri.. tralalalalalalili…- lagu potong bebek angsa) SOMPLAK : Taatoo Dado !! POLISI : Itu mah Tata Dado.. ini Tatoooo !!! SOMPLAK : Oh iya, maksud saya itu.. Bisa diperjelas, tatonya seperti apa ?? POLISI : Hemm.. tato mereka bergambarrr…??? SOMPLAK : Tengkorak Nyengir !! Kelelawar Berkumis !! Pangeran Bertopeng !! Raja Singa Anti Impoten !! Darth Vader !! POLISI : Bukan !! Gambar tato mereka adalah.. CHERRY BELLE !!! Nih, saya juga ada.. (sambil membuka lengan bajunya, nampak wajah-wajah personil Cherry Belle). Gimana ? Cuteee-kan ? (Somplak terdiam bengong, hidungnya mendadak mimisan, muka membiru) —————————————————- SOMPLAK : “GGUUBRRAAKKKKKK… BERANTAKANNNNN” (Jatuh berkeping-keping).. Ngos.. ngos.. ngos.. (menarik nafas dan ilmu dalam, sedalam-dalamnya).. Bapak yang bener donk, masak geng motor punya tato Cherry Belle, kalo itu sih, saya juga punya, nih.. (Membuka baju dan memamerkan tato wajah 2 personil Cherry Belle, Wenda dan Devi, plus tulisan : Pliisss !! Marry Me !!) POLISI : Wahhh, bagus yah gambarnya. Eh, aku punya nomer pinnya lho.. SOMPLAK : AAHHH .. yang bener Pak !! Bagi donk !! Tau ngga seehh.. aku tuh ngefans banget ama mereka.. POLISI : Nih, pin BB Winda, 26cxxxxx…(tiiiittt….. - maaf, 5 digit terakhir harus disensor oleh stasiun berita Koplak) Somplak dan Pak Polisi asyik bertuker no pin girlband favorit mereka. ————————————————————————- KAMERAMAN : Ga presenter, Ga polisinya, sama-sama Koplak .. Dasar presenter Koplak ! Woi Somplak ! Lagi live nih ! SOMPLAK : Oh iya, maaf seribu tiga pemirsa, saya lanjutkan obrolan tadi. Jadi rupanya Geng Motor ini biarpun sangar-sangar tapi penggemar Cherry Belle juga yah Pak ?? PAK POLISI : Iya Gan.. SOMPLAK : Ohya, apa pihak kepolisian sudah melakukan tindakan preventif agar kasus ini tidak mencemaskan masyarakat ?? (Kameraman : Tumben nih presenter gua nanyanya berbobot, pakai bahasa luar lagi “preventif”, biasa tau-nya cuma “insentif” doank-Red : Bonus Insentif) ——————————————————– POLISI : Ohh.. tentu sudah.. untuk mengatasi Geng Motor ini, kami sudah menurunkan  5 personil utama kami dengan kekuatan masing-masing, yaitu : 1. XENIA MAUT yang akan dipimpin oleh Apriyani sendiri, mereka akan menabrak geng motor-geng motor. Bila sekali tabrakan, bisa menjatuhkan 12 motor, maka dia akan mendapatkan 12 STRIKE !! (Somplak : Jiaaahhh.. lu kata lagi main bowling !! Dasar Koplak !!) 2. NENEK GAYUNG : Ia suka berkeliaran di jalanan sambil membawa keranda dan gayung, ilmu hitamnya bisa menjatuhkan orang-orang yang ia temui di jalanan.. (Somplak : Nih Polisi pake dukun segala.. !! Ilmu Hitam lagi.. ga sekalian Ilmu Pelangi.. Dasar Koplak !!) 3. PENEBAR PAKU : Yang ini disebut pasukan Ninja Paku.. bersenjatakan paku bengkok, mereka akan menebar 30 ribu paku di jalan raya, semoga bisa memperlambat laju para geng motor ini.. (Somplak : Iye.. bukan hanya geng motor, kite-kite juga kena.. Punya rencana ga dipikir dulu.. dasar Koplak !! ) 4. Yang ke 4, Senjata ini sudah cukup lama tidak kami pakai, tapi sangat ampuh untuk menghambat laju para pengendara motor, yaitu.. Si Komo.. (Terdengar lagu : Macet lagi, macet lagi.. gara-gara si Komo lewat..) (Somplak : Jiiiaaahhh.. kaga sekalian aja nyewa teletubbies !! Koplak !!) 5. Yang ke 5, senjata terbaru, yang bisa menyerang dengan ganas.. yaitu Tom Cat !!! Pihak kepolisian sedang berternak Tom Cat, budidaya Tom Cat akan digunakan dan dilatih oleh Pawang Sirkus, sehingga bisa menyerang pengendara motor yang mencurigakan.. (Somplak : Sejak kapan Tom Cat jadi Agen KGB - Kelompok Gangguan Bermotor.. pake diternakkin segala lagi, mending ternak sapi ama kambing, dasar kuuooooplaaak !!) —————————————————— SOMPLAK : Baiklah pemirsa, sekian berita yang kami turunkan.. Tiba-tiba datang 2 orang polisi dan langsung menangkap Pak Polisi bernama Sempak. SOMPLAK : Lho..lho.. Pak !! Mau dibawa kemana temannya ini ?? POLISI 1 : Ini bukan teman kami, ini orang gila yang suka nongkrong di pos polisi dekat Mabes.. cita-citanya jadi polisi, ga kesampean.. POLISI 2 : Betul Pak, dia kemarin mencuri pakaian dinas salah satu rekan kami saat rekan kami sedang mandi luluran.. Permisi !! ————————————— SOMPLAK : OOOaaaalllaaahhhhh… yang dari tadi saya wawancara itu orang gila, pantes saya ikutan gila.. dasar KOPLAAKKKKKKKK !!! ————————————— Pemirsa.. Sekian berita KOPLAK (Kompasiana Punya Lapak ), pesan kami : Silahkan berorganisasi, tapi berorganisasilah yang baik dan berikan kontribusi yang positif bagi lingkungan, jangan memberikan kontribusi yang meresahkan, bila tidak, lama-lama rakyat akan gerah dan mengusir kalian seperti yang dialami oleh ormas-ormas maupun preman-preman yang meresahkan warga. Ingat !! Hari ini kalian bisa menikmati bensin murah, itu hasil kerja keringat rakyat.. ————————————— Salam KOPLAK (KOMPAK ALA KOMPASIANA), Saya Somplak Taplak Tambel Ban, reporter berita KOPLAK !! Sampai ketemu di episode berikutnya.. (Jiaahhh... Kayak lagi maen sinetron Cinta Karmijah 2) ——————————————– Ini hanyalah humor belaka, bila ada kesamaan nama dan peristiwa, itu hanya sebuah kebetulan saja.. betul-betul Koplak !! He3x ——————————————– The End . Salam Action !! Getto : 14-04-2012 ———————————————- Baca reportase saya sebelumnya ttg jenis-jenis minuman demonstran : http://hiburan.kompasiana.com/humor/2012/03/30/ha3xminuman-demonstran-humor/

Gatot "Jendral" Subroto

/getto_movie

Mantan Asisten Sutradara.. (Coboy Junior The Movie 1 dan 2, Slank Ga Ada Matinya, Tak Kemal Maka Tak Sayang, 7 Misi Rahasia Sophie dll) yang terus belajar untuk menulis untuk sesama.
FB : dream_catcher2015@yahoo.com
Blog : http://takketik.blogspot.com/
Twitter
: @gatot_winner

Selengkapnya...