Mohon tunggu...
Firdaus Tanjung
Firdaus Tanjung Mohon Tunggu... Wiraswasta - Memberi dan mengayuh dalam lingkar rantai kata

"Apabila tidak bisa berbuat baik - Jangan pernah berbuat salah" || Love for All - Hatred for None || E-mail; firdaustanjung99@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Lyfe Pilihan

Ketika Merah Putih di Atas Gunung Bersanding dengan Sepeda

17 Agustus 2017   23:07 Diperbarui: 18 Agustus 2017   08:34 966
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Tiga Sepeda di atas gunung Marapi, Sumbar 17 Agustus 1993 {dokpri}

Setiap orang tentu tidak akan sama dalam pengalaman hidupnya. Terlebih dalam hal berbuat sesuatu bagi bangsa dan Negara ini.

Katakanlah berbuat sesuatu tentang semangat Cinta Tanah Air. Seperti mengibarkan Bendera Merah Putih di titik ketinggian atau di laut maupun danau.

Rasanya ini tidaklah berkelebihan tentang sesuatu apa yang sudah saya lakukan untuk negeri ini. Ya, negeri indah yang menawan di lintas khatulistiwa ini memiliki beragam suku dan kultur budayanya.

Kegiatan yang pernah saya lakukan semasa dahulu dalam berbuat sesuatu tentang Indonesia adalah Misi Pengibaran Merah Putih dengan Sepeda di atas Gunung Marapi Sumbar.

Saat itu saya masih duduk di bangku kelas tiga SMA. Aktiv sebagai siswa pencinta alam (Sispala) Cougar SMA N 4 Padang.

Hoby berpetualang di alam bebas sudah mulai saya geluti sejak di bangku SMA. Beberapa gunung dan penyusuran gua serta wall climbing telah mulai saya geluti. Memang belum banyak gunung-gunung yang saya jelajahi. Masih berkisar di Sumatera Barat yang banyak memiliki gunung.

Lebih kurang sebulan sebelum pendakian gunung, saya bermimpi bahwa saya telah sampai di puncak suatu gunung dengan sepeda. Dalam mimpi itu hanya satu sepeda dengan 3 orang yang membawanya.

Pada kesempatan lain,  saya bertemu dengan dua orang rekan saya yang sudah senior dalam mendaki gunung. Beliau ini tergabung dalam komunitas pencinta alam (KPA) di Kota Padang. Namanya Alfizar tergabung dalam KPA Kalilawa dan Jufri di KPA Alpen.

Saya berjumpa dengannya saat sedang kumpul-kumpul di salah satu tempat mangkal anak muda di Kota Padang. Lalu saya menceritakan perihal mimpi saya itu kepadanya. Beliau juga kaget sedikit heran. 

Gayung bersambut, dua orang senior ini bahwasanya akan merencanakan pengibaran Merah Putih Gunung Marapi pada 17 Agustus 1993 dengan membawa sepeda. Mendapat "ilham" demikian, kemudian saya diajak bergabung dalam ekspedisi itu.

Singkatnya, kami berangkat pada tanggal 16 Agustus pagi sekitar pukul 10 menggunakan bus. Tidak lupa membawa perbekalan selama dua hari. Tak kalah pentingnya bendera Merah Putih dan bendera masing-masing organisasi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun