Jokowi jadi Youtuber

17 Mei 2017 16:04:55 Diperbarui: 18 Mei 2017 15:53:28 Dibaca : 17 Komentar : 0 Nilai : 0 Durasi Baca :

Jokowi youtuber; Langkah tepat atau tidak?



Era modern sering kali menuntut kita untuk lebih berkembang dan juga berpikir kreatif dalam pemecahan masalah yang ada. Hal tersebut juga berlaku dalam usaha atau pekerjaan. Kretivitas memanglah sangat penting, tanpa berpikir kreatif manusia akan larut dan tergilas roda perubahan. Manusia tidak akan mampu bertahan menghadapi perubahan yang semakin cepat, kreativitas merupakan proses kehidupan manusia dan melahirkan penciptaan besar yang mewarnai sejarah kehidupan manusia dengan karya- karya spektakulernya. Kreativitas dari manusia bisa kita lihat dari tercipta dan berkembangnya teknologi yang begitu cepat. Teknologi yang juga diciptakan dari kreativitas manusia ini mampu menjadi perubahan besar dalam kehidupan, dengan bantuan teknologi segalanya menjadi mudah dan cepat. Tak hanya itu, perkembangan teknologi juga menghasilkan dampak pada terciptanya lapangan pekerjaan. Salah satu pemanfaatan teknologi sebagai lapangan pekerjaan yang menghasilkan uang adalah mengunggah video ke situs web video sharing yang dikenal sebagai youtube. Tak disangka dengan hanya memberikan konten kreatif atau bahasan yang menarik dalam video, dapat membuat ribuan bahkan jutaan pasang mata melirik. Saat ini, dapat kita lihat banyak orang yang bisa menjadi kaya dengan mengunggah video dengan konten menarik ke youtube, orang tersebut sering kali kita sebut sebagai “youtuber”. Hal tersebut mengubah dunia saat ini menjadi sering dimunculkan oleh video- video viral dengan jumlah viewer jutaan bahkan miliaran yang diunggah dari berbagai youtuber dan dari berbagai kalangan. Tak heran juga youtuber tersebut dapat menjadi populer serta menghasilkan uang miliaran rupiah.

Youtuber di Indonesia yang mencapai ratusan dan memiliki subscriber hingga jutaan pengguna akun youtube ini juga memiliki video- video dengan konten yang dapat menarik penikmat youtube di Indonesia sendiri. Tak heran menurut data yang diungkapkan oleh Managing Director Google Indonesia, Tony Kausgen selama satu tahun yang terhitung sejak Januari 2016 hingga Januari 2017 tercatat durasi menonton Youtube di Indonesia naik hingga 155% dan kenaikan unggahan konten video Youtube sebanyak 278%. Konten- konten yang disajikan oleh youtuber Indonesia ini juga cukup beragam, diantaranya video komedi, vlog, dan juga video tutorial. Saat ini Indonesia dibanggakan oleh beberapa youtuber yang memiliki subscriber ratusan hingga ribuan, diantaranya yang tercatat oleh Socialblade adalah Raditya Dika dengan 2.224.739 subscriber, Edho Zell dengan 1.211.099 subscriber, Rezaoktovian dengan 1.122.260 subscriber, Tim2one ChandraLiow dengan 1.012.147 subscriber, dan masih banyak lagi Youtuber lokal milik Indonesia. Namun, bagaimana dengan video youtube yang disajikan untuk kepentingan politik? Indonesia yang dipimpin seorang Presiden bernama Joko Widodo sebagai presiden yang sering kali dibanggakan dengan gayanya yang sederhana dan juga presiden yang mau hidup merakyat. Kini presiden kita ini juga memiliki akun youtube dengan jumlah subscribe 228.353. Meskipun angka subscriber yang masih jauh dengan youtuber Indonesia seperti Raditya Dika. Namun, konten yang dimiliki Presiden Indonesia ini juga sangat menarik. Bagamana bisa orang nomor satu di Indonesia dengan kesibukannya yang luar biasa untuk memimpin negara berkembang ini masih saja kreatif dalam menyajikan konten dalam video di akun youtube-nya. Konten youtube yang disajikan Jokowi juga menarik, seperti vlog nya mengenai kegiatan politik sehari-hari. Bertemu dengan para Menteri, bertemu dengan Raja Arab, pidato Jokowi di luar negeri, selain itu Jokowi juga sering kali menggunakan media ini untuk berkomunikasi dengan rakyatnya. Apakah hal tersebut merupakan langkah yang tepat ? Kali ini kita akan membahas apakah Jokowi sebagai youtuber memiliki langkah yang tepat dalam dunia politik di Indonesia.

Channel bernama Presiden Joko Widodo yang memiliki 248 video dengan jumlah 258.047 subscribers ini menyajikan video-video dari Presiden Joko Widodo yang beragam. Video- video dari Presiden Joko Widodo ini terdiri dari vlog, dan kegiatan Presiden secara nasional maupun internasional. Salah satu video yang diunggah oleh akun youtube Presiden Joko Widodo secara berkala adalah video dengan hastag (#)JokowiMenjawab. Video ini memiliki 3 episode yang terhitung hingga bulan April 2017. Episode pertama video #JokowiMenjawab ini mampu menarik 232.268 views.  Jokowi menjawab merupakan program khusus pada laman facebook Presiden Joko Widodo kepada netizens untuk mengajukan pertanyaan langsung kepada Presiden. Netizens yang dapat melontarkan pertanyaan kepada Presiden RI harus berumur 13 hingga 20 tahun dalam bentuk video youtube dengan durasi maksimal 30 detik. Tentu saja pertanyaan yang dilontarkan netizens beragam, dari pertanyaan pribadi kepada Presiden Joko Widodo hingga pertanyaan politik untuk kepemimpinan Presiden RI saat ini.

Dalam episode pertama #JokowiMenjawab yang memiliki tema “Musik dan Industri Kreatif”, Presiden kita menjawab 4 pertanyaan yang dilontarkan netizens. Salah satu pertanyaan dalam episode pertama dilontarkan oleh Evan Sihombing yang berumur 14 tahun. Evan bertanya album favorit dan dua lagu favorit metallica Presiden Jokowi. Dalam episode pertama #JokowiMenjawab, presiden menjawab pertanyaan dari Evan, dan berkata “Evan ya. Pertanyaannya kok.” Jokowi pun tertawa dalam video yang berdurasi 7 menit 54 detik itu. Presiden Jokowi juga menjawab bahwa waktu muda dulu Jokowi memang suka dengan Metallica, Nazareth, Scorpions, Gun n’Roses, Lamb of God dan masih banyak lagi. Album favorit Jokowi adalah Master of Puppets yang menurutnya mempunyai banyak lagu bagus. Begitu juga dengan album Metallica yangOne. Dalam episode pertama itu, Jokowi juga bercerita bahwa pada saat ini Presiden RI kita lebih menyukai musik produk dalam negeri, seperti Slank dan Burger Kill beliau mengaku lirik dari mereka memberikan semangat, memberikan optimisme, serta memberikan dorongan- dorongan kita untuk maju. Selain itu, dari Burger Kill disitu juga ada pesan- pesan yakni jadi apapun kita, jadi pemimpin di RT, pemimpin di kampung, ataupun menjadi seorang Ketua OSIS, kita harus bersemangat dan harus kuat memimpin. Apabila dijumpai dengan masalah atapun kesulitan kita harus bisa merampungkan. Menurut Jokowi hal seperti itulah yang harus bisa diambil dari lagu- lagu yang kita dengar. Bukan hanya masalah musik kerasnya, tetapi lagu yang memiliki pesan- pesan moral, dan pesan-pesan untuk mencintai lingkunganlah yang beliau suka.

Pertanyaan kedua yang dilontarkan Rangga Wiguna yang berumur 18 tahun dalam episode pertama #JokowiMenjawab ini, Rangga bertanya seandainya Bapak Presiden Jokowi dulu menjadi musisi metal, apakah Jokowi akan terjun ke dunia politik. Dalam video tersebut, Jokowi menyapa Rangga dengan “Rangga. Kabar baik?”, dan dilanjutkan dengan jawaban Presiden Jokowi atas pertanyaan yang dilontarkan Rangga tersebut. Joko Widodo menjawab dengan menceritakan kalau misalnya dulu Jokowi menjadi anak band, maka Beliau lebih memilih untuk memainkan drum, karena dalam lagu Rock, Jokowi lebih menyukai drumnya. Ketukan dan bunyi drum yang memberikan semangat untuk bekerja dan belajar. Menurut Jokowi apabila kita sudah menjadi seorang anak Rocker, dan kemudian masuk kedunia politik, ya kenapa tidak? Semua orang bisa terpanggil dan masuk ke dunia politik. Siapapun bisa, tetapi berpolitik adalah dalam rangka bekerja untuk mengabdi dan bukan untuk lain-lain. Orang yang terpanggil untuk bekerja dibidang politik, harusnya orang- orang yang memiliki mimpi besar, memiliki mimpi ke depan, memiliki visi ke depan yang bisa membawa entah kotanya, provinsinya, atau negaranya. Sehingga, bisa membawa negaranya kearah yang lebih baik.

Pertanyaan berikutnya yang dilontarkan Laras Kinanti yang berumur 13 tahun. Laras bertanya  mengapa sekarang semakin minim lagu anak- anak  dan lagu perjuangan baru. Laras juga menyampaikan bahwa harapan dia  dengan semangat Presiden Jokowi membangun bangsa, Jokowi tidak lupa akan perkembangan lagu anak- anak dan lagu perjuangan untuk memupuk rasa cinta Indonesia. Dalam episode ini Jokowi menyampaikan pendapatnya, bahwa Beliau bahagia karena Laras mengingatkan betapa pentingnya lagu untuk anak- anak dan juga untuk lagu- lagu perjuangan. Jokowi mengaku saat ini kita kekurangan lagu- lagu anak, namun dengan kekurangan ini menjadikan sebuah peluang industri kreatif yang bisa dimasuki oleh siapapun yang memiliki bakat dan talenta untuk menciptakan lagu- lagu anak dan lagu- lagu perjuangan. Jokowi sangat senang apabila ada yang membuat lagu anak- anak mengenai kemerdekaan Indonesia, mengenai keindahan gunung kita, mengenai keindahan laut dan pantai, dan lagu yang menceritakan kekayan alam kita. Selain itu lagu perjuangan, baik yang lalu maupun yang dibutuhkan saat ini, dan inilah peluang industri kreatif Indonesia.

Pertanyaan terkahir dalam episode pertama #JokowiMenjawab ini dilontarkan oleh Kevin dan Adinda yang berumur 16 tahun. Mereka bertanya bagaimana cara mereka sebagai murid SMA yang masih berusia dibawah 17 tahun dapat ikut berkonstribusi untuk Negara Indonesia khususnya dalam bidang industri kreatif. Presiden Joko Widodo melontarkan jawaban untuk Kevin dan Adinda, Jokowi mengungkapkan peluang industri kreatif di Indonesia sangat beragam dan besar sekali, bukan hanya dibidang lagu akan tetapi di video, film, fashion, animasi, fashion, design produk, aplikasi dan masih banyak lagi peluang yang dapat dimasuki oleh anak muda Indonesia. Dapat dilihat misalnya, digital ekonomi. Indonesia memiliki peluang lima tahun kedepan sebesar 130 miliar US Dollar. Inilah peluang yang dapat dimasuki anak- anak muda, tetapi bidang ini bisa dikerjakan kalau ada kolaborasi, anak anak muda berkolaborasi untuk mendapatkan produk dan menapatkan hasil yang paling baik. Dengan kolaborasi demikian, Jokowi meyakini bahwa Indonesia bisa berkompetisi dengan industri kreatif negara lain. Beliau meyakini itu dan menjadikan sebuah tantangan yang perlu dijawab oleh anak- anak muda.

Edisi pertama #JokowiMenjawab yang berisi dari empat pertanyaan yang dilontarkan netizens kepada Jokowi. Beliau juga selalu memerhatikan citranya sebagai seorang Presiden yang ramah dan merakyat, karena itu Beliau masih bersikap ramah kepada setiap netizens yang pertanyaannya nyeleneh atau membahas kehidupan pribadinya. Hal tersebut terjadi ketika Rangga melontarkan pertanyaan apakah jika Jokowi menjadi seorang musisi, maka Jokowi akan tetap masuk dalam dunia politik. Tentu saja, Jokowi masih bersikap ramah dan menyapa Rangga dengan berkata, “Rangga ya. Kabar baik? Jawaban dari Jokowi pun memberikan pesan tersendiri kepada netizens yakni untuk memasuki dunia politik harus memiliki mimpi yang besar, dan tentunya bisa membawa rakyatnya menjadi lebih baik lagi. Pernyataan Jokowi demikian tentunya menambah citra dari Jokowi sebagai seorang Presiden yang ramah, karena Jokowi selalu memberikan nasehat dan mengutarakannya dengan ramah dan intonasi yang lembut.

Pada pertanyaan yang dilontarkan Evan mengenai album dan lagu metallica favorit Jokowi adalah sebuah pertanyaan pribadi Evan kepada Jokowi. Jokowi sebagai seorang presiden ketika dilontarkan pertanyaan seperti itu beliau menjawab dengan ramah dan dengan candaan. Pembawaan jawaban dari Jokowi yang selain menjawab pertanyaan Evan juga memberikan ajaran sendiri yakni untuk menyukai musik dalam negeri. Jokowi juga menuturkan bahwa ketika menyukai lagu jangan lah hanya menyukai musik kencangnya. Namun, kita harus memerhatikan makna- makna yang terkandung dalam lagu tersebut. Beliau juga mencotohkan contoh lagu yang memiliki pesan moral, pesan untuk mencintai lingkungan seperti lagu dari Slank dan juga Burger Kill.

Komunikasi politik adalah suatu proses komunikasi yang bertujuan untuk mendapatkan dukungan politik bagi seorang kandidat atau kebijaksanaan politik. (Nasution dalam Setiawan, 1991). Dalam teori komunikasi politik ini Joko Widodo berkomunikasi menggunakan video youtube, yang dapat kita lihat pada video #JokowiMenjawab. Edisi pertama pada video ini Joko Widodo berkomunikasi dengan netizens baik netizens yang melontarkan pertanyaan, maupun kepada netizens yang melihat video itu. Setiap pernyataan yang diutarakan oleh Jokowi merupakan suatu bentuk komunikasi yang bertujuan untuk mendapatkan dukungan politik, seperti dengan mengutarakan misi Indonesia untuk mengembangkan industri kreatif. Pada jawaban yang diutarakan kepada setiap pertanyaan oleh  Kevin, Adinda, dan Laras, Jokowi menasehati bahwa peluang industri kreatif di Indonesia ini masih banyak, dan memaparkan agar anak muda Indonesia dapat bersaing dengan negara lain dalam bidang industri kreatif, seperti penciptaan lagu, aplikasi, dunia fashion, dan masih banyak bidang lain. Selain itu Presiden Jokowi mengajak anak- anak muda untuk saling berkolaborasi agar mendapatkan produk terbaik yang dapat bersaing dengan negara lain.

Herbert Marcuse (1898 – 1979) mengatakan bahwa perkembangan bahasa saat ini  sudah dibatasi pengertian- pengertian istilahnya dan diabdikan untuk kepentingan penguasa dan pengusaha (Nasution dalam Kurniawan, 2003). Melihat pernyataan dari Herbert dan melihat jawaban dari Presiden Joko Widodo dalam video youtube di channelnya yang berhasil menuai ribuan views. Presiden Joko Widodo menyapa para netizens dan mengutarakannya dengan intonasi yang lembut untuk mendapatkan loyalitas dari masyarakat. Selain itu beliau melontarkan jawaban yang bukan hanya sekedar jawaban, melainkan juga melontarkan suatu nasehat kepada netizens. Hal- hal tersebut merupakan usaha beliau memertahankan citra publik yang dipergunakan oleh penguasa atau dalam hal ini yaitu seorang Presiden RI untuk memeroleh dukungan dalam rangka memertahankan kekuasaan beliau sebagai pemimpin di Negara Indonesia.

Menurut Purnama (dalam Sumarno 1993:28) fungsi komunikasi politik dapat dibedakan menjadi dua kelompok. Pertama, fungsi komunikasi politik yang berada pada struktur pemerintah (suprastruktur politik) atau disebut pula dengan istilah the governmental political sphere, berisikan informasi yang menyangkut kepada seluruh kebijakan yang dilaksanakan oleh pemerintah. Isi komunikasi ditujukan kepada upaya untuk mewujudkan loyalitas dan integritas nasional untuk mencapai tujuan negara yang lebih luas. Kedua, fungsi yang berada pada struktur masyarakat (infrastruktur politik) yang disebut pula dengan istilah the socio political sphere, yaitu sebagai agregasi kepentingan dan artikulasi kepentingan, dimana kedua fungsi tersebut sebagai proses komunikasi yang berlangsung di antara kelompok asosiasi dan proses penyampaian atau penyaluran isi komunikasi terhadap pemerintah dari hasil agregasi dan artikulasi tersebut.

Pada pernyataan tersebut mendukung aksi Jokowi dengan membuat channel youtube yang bernama Presiden Joko Widodo. Aksi Presiden RI dalam menggunakan layanan youtube sebagai media komunikasinya dengan rakyat juga memberikan fungsi lain yakni fungsi komunikasi politik. Fungsi komunikasi politik yang berada dalam struktur pemerintahan, yakni dalam jawaban pertanyaan dari netizens yang dapat dilihat dalam video #JokowiMenjawab. Jokowi memberikan informasi yang menyangkut kepada kebijakan beliau yang tengah dilaksanakan oleh pemerintahan. Informasi tersebut yakni informasi mengenai kebijakan beliau untuk membentuk industri kreatif di Indonesia menjadi lebih maju, sehingga industri kreatif Indonesia dapat bersaing dengan industri kreatif luar negeri. Industri kreatif itu terbagi dari banyak bidang diantaranya musik, fashion, video, film, animasi, design produk, aplikasi dan masih banyak lagi peluang yang dapat dimasuki oleh anak muda Indonesia. Isi komunikasi tersebut ditujukan kepada upaya beliau untuk mewujudkan loyalitas. Keramahan beliau dalam setiap menjawab pertanyaan, dan perhatian beliau, serta setiap nasehat yang diberikan kepada netizen dapat menimbulkan pandangan netizen bahwa Presiden mereka merupakan presiden yang loyal. Hal tersebut menimbulkan integritas nasional, yakni memberikan makna bahwa beliau membuat hubungan yang erat kepada masyarakat sehingga hubungan presiden dengan rakyat tidak terbatasi. Meski jarak rakyat dengan presiden cukup jauh, dengan layanan video ini hubungan presiden dengan rakyat dapan menjadi lebih dekat dan dapat menimbulkan intergritas nasional.  Isi komunikasi beliau selain untuk mewujudkan loyalitan dan integritas nasional yakni untuk mencapai tujuan negara yang lebih luas yaitu untuk menyaingkan industri kreatif Indonesia dengan milik luar negeri. Tindakan tersebut merupakan proses komunikasi yang berlangsung sebagai penyaluran isi komunikasi terhadap pemerintahan, dan channel youtube Jokowi yang berperan sebagai wadah aspirasi rakyat Indonesia. Didukung dengan program khusus Jokowi dalam #JokowiMenjawab yang memberikan wadah khusus kepada rakyat muda Indonesia.

Fungsi komunikasi politik yang kedua yakni sebagai agregasi kepentingan dan artikulasi kepentingan. Dalam video edisi pertama #JokowiMenjawab Presiden Jokowi menyampaikan kepentingan negara yang disampaikan dalam video ini, beliau menyampaikan kepentingan tersebut disamping menjawab pertanyaan yang dilontarkan netizens  Kepentingan tersebut seputar industri kreatif Indonesia yang diharapkan dapat bersaing dengan industri luar negeri. Kepentingan yang disampaikan kepada masyarakat sehingga terjadi artikulasi kepentingan.

Secara sederhana, komunikasi politik diartikan oleh Purnama (dalam Iskandar, 2005:120) sebagai penyampaian informasi mengenai politik, baik dari pemerintah kepada rakyat maupun sebaliknya. Dengan demikian komunikasi politik merupakan fungsi dari partai politik yakni menyampaikan secara sekaligus aspirasi rakyat serta kebijakan pemerintah yang berkaitan dengan kepentingan masyarakat. Channel Youtube Presiden Joko Widodo yang bergungsi sebagai wadah kepada seluruh rakyat Indonesia yang ingin menyampaikan aspirasi secara langsung kepada pemerintahan, dan bahkan secara langsung diterima oleh Presiden RI. Selain sebagai jembatan penghubung komunikasi antara rakyat dengan pemerintahan, channel youtube Presiden Joko Widodo menjadi layanan kepada Presiden untuk secara tidak langsung memberikan kebijakan pemerintah yang berkaitan dengan kepentingan masyarakat. Seperti yang dapat kita lihat pada video #JokowiMenjawab, secara tidak langsung dalam setiap pertanyaan yang diberikan dan jawaban yang diutarakan Jokowi kepada netizens, Beliau memberikan pesan nasehat yang berisikan informasi juga atas kebijakannya dalam lingkup industri kreatif yang menjadi tema pada episode pertama #JokowiMenjawab.

Langkah Presiden Joko Widodo membuat channel Youtube dengan nama Presiden Joko Widodo merupakan langkah yang tepat dalam pemerintahan Indonesia. Channel youtube yang berfungsi sebagai wadah aspirasi dan juga penghubung komunikasi antara rakyat dengan pemerintahan sangat dibutuhkan dalam Negara Indonesia. Pemerintahan dapat memberikan informasi, motivasi, dan arahan kepada rakyat melalui video yang diunggah dalam channel Presiden. Didukung dengan program khusus pada lama facebook Presiden Jokowi yang memberikan kesempatan kepada rakyat Indonesia dengan numur 13 hingga 20 tahun untuk menyampaikan segala aspirasi kepada pemerintahan. Dengan demikian segala aspirasi yang dipikirkan oleh rakyat Indonesia dapat lebih tertampung dan dapat menerima balasan atas aspirasi yang diutarakan kepada Presiden Joko Widodo. Dengan penghubung komunikasi seperti itu, pemerintah juga dapat lebih terbuka lagi atas segala program yang hendak dijalankan Pemerintah. Program pemerintah dapat lebih didukung oleh rakyat, diterima oleh rakyat, serta dijalankan oleh rakyat.

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana