Firstyarikha Habibah
Firstyarikha Habibah Mahasiswa S2

Mahasiswa S2 Ilmu Pangan Sekolah Pascasarjana IPB

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan highlight

Mengapa Orang Dulu Lebih Sehat?

15 September 2017   00:29 Diperbarui: 15 September 2017   00:32 1160 0 0
Mengapa Orang Dulu Lebih Sehat?
Orang dulu lebih sehat (playbuzz.com)

Ya, mengapa orang dulu lebih sehat? mengapa jaman dulu penyakit yang muncul hanya sedikit dan mudah disembuhkan? tidak seperti sekarang, dimana rumah sakit dipenuhi oleh pasien yang mengidap berbagai macam penyakit. Sering sekali kalimat-kalimat ini terlontar dalam percakapan sehari-hari dengan tetangga kanan kiri, apalagi ketika sedang mengabarkan si itu sakit A, si ono sakit B dan seterusnya.

Mari kita cermati bersama apa yang sebenarnya terjadi:

1. Jenis dan Pengolahan Makanan Dulu Sederhana

Jenis makanan pada jaman kakek nenek kita itu sederhana saja. Mereka memakan apa yang mereka tanam dan ternak serta apa saja yang mereka temukan di alam sekitar. Sesederhana itu memang. Jadi ketika adanya bayam, jagung dan ketela, ya itulah yang mereka konsumsi, dimana selama masa penanaman tidak menggunakan berbagai pestisida dan pupuk buatan. Cara  mengolahnya pun sederhana, paling hanya dibakar atau direbus seadanya. Sehingga zat gizi (karbohidrat, vitamin, mineral) dan zat non gizi (serat, antioksidan) didalamnya masih bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan tubuh.

Pun juga pengolahannya tanpa pemanis,  pengawet dan berbagai macam bahan tambahan pangan (BTP) sehingga menambah nilai plus dari pangan orang jaman dulu. Mereka seperti begitu saja menemukan keseimbangan dengan alam.

Sementara sekarang, kita begitu susah mencari pangan sehat untuk konsumsi sehari-hari, kalaupun ada, harganya sudah melambung tinggi, dengan disertai cap organik, alami dan cap-cap lain, kecuali jika memang hidup di desa yang masih asri dengan hasil alam melimpah, akan mudah menemukan pangan sehat.

2. Polusi

Jaman sekarang sangat sulit menemukan tempat dengan tanpa polusi. Polusi, baik itu udara, tanah, air, dan yang lain seperti sudah ikut melebur menjadi satu dengan kehidupan masyarakat millenials. Padahal polusi ini bisa memicu radikal bebas sehingga menyebabkan munculnya berbagai macam penyakit fatal seperti gagal jantung, aterosklerosis hingga menyebabkan stroke dan kanker. Apalagi ketika pertahanan tubuh lemah akibat pola makan yang buruk, akan sangat mudah terkena penyakit.

Dari kedua hal ini saja sudah begitu berbeda antara jaman dulu dan sekarang. Jadi wajar jika memang orang sekarang rentan menderita berbagai macam penyakit, apalagi tidak diimbangi dengan pola makan yang baik.