PILIHAN

Yang Muda yang Berkibar

19 Juni 2017 14:34:52 Diperbarui: 19 Juni 2017 14:45:45 Dibaca : 229 Komentar : 1 Nilai : 1 Durasi Baca :
Yang Muda yang Berkibar
Skuat Timnas Indonesia U16 (Dok. PSSI)

Masih terbawa atmosfer kemenangan Tontowi Ahmad dan Liliyana Natsir di Indonesia Open kemarin, Indonesia kembali mendapat kabar gembira dari negri sebrang, Vietnam (18/6/17). Timnas Indonesia U16 yang diasuh Fakhri Husaini berhasil meluluhlantakkan Cina Taipei dengan skor telak 11-0. 

Rendy Juliansyah dkk sejak menit awal bermain menyerang, hingga empat puluh lima menit pertama, Indonesia berhasil merobek jala kiper lawan sebanyak tiga kali. Setelah turun minum, timnas kembali menggila, dengan permainan sayap yang menusuk, garuda muda berhasil membuat penjaga gawang Cina Taipei memungut 8 gol yang telah bersarang. Total ia harus merelakan mistar yang dijaganya dibombardir 11 kali tanpa ampun.

Sebelumnya, timnas di bawah 16 tahun ini juga melewati beberapa laga krusial sebelum menjuarai turnamen Tien Phong Plastic Cup 2017. Timnas Indonesia menahan imbang tim tuan rumah Vietnam dengan skor 1-1. Sementara di pertandingan awal, Indonesia berhasil membawa tiga poin setelah mengalahkan Myanmar, 4-1. Dengan kemenangannya selama turnamen berlangsung, garuda muda berhasil memperoleh 7 poin dengan torehan 16 gol dan kebobolan dua kali.

Tak hanya menjadi kampium di turnamen usia muda tersebut, dua pemain berbakat Indonesia juga turut mendapat penghargaan. Rendy Juliansyah yang di laga melawan Cina Taipei mencetak double hattrick dan di laga sebelumnya sempat menorehkan satu gol berhasil menjadi topskor. Selain Rendy, pemain turunan Maluku, Hamsah Lestaluhu dinobatkan sebagai pemain terbaik. Dan yang tak kalah pentingnya, menjadi tim fair play.

Setelah menjuarai turnamen ini, timnas muda masih memiliki tugas yang akan datang untuk mengikuti Piala AFF dan Piala Asia. Tentu saja rintangan ini lebih berat di banding turnamen yang sudah dilakoninya. Semoga para bintang muda tak cepat berpuas diri dan bersiap untuk tantangan berikutnya.

Fina Kurnia

/finakurnia

Semua berawal dari si kulit bundar
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH PLATFORM BLOG, SETIAP ARTIKEL MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.
LABEL bola olahraga

NILAI :

Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana