Pertumbuhan, Perkembangan dan Faktor yang Mempengaruhi

16 November 2010 06:34:34 Dibaca :

A. Pertumbuhan dan Perkembangan

Pertumbuhan merupakan perubahan secara fisiologis sebagai hasil dari proses pematangan fungsi-fungsi fisik, yang berlangsung secara normal, dalam peredaran waktu tertentu. Sedangkan perkembangan merupakan perubahan-perubahan psikofisis sebagai hasil dari proses pematangan fungsi-fungsi psikis dan fisis pada diri anak, yang ditunjang oleh faktor lingkungan dan proses belajar dalam peredaran waktu tertentu menuju kedewasaan.

B. Fase dan Tugas perkembangan

Tahapan perkembangan :

a. prenatal (sebelum lahir)

prenatal ini mulai konsepsi sampai umur 9 bulan dalam kandungan ibu.

b. masa natal

masa natal ini terdiri atas :

1. infancy atau neonatus

fase ini merupakan fase penyesuaian terhadap lingkungan.

2. masa bayi

bayi disini tak berdaya dan sangat bergantung pada lingkungan.

dengan adanya perkembangan, lama kelamaan bayi mulai berusaha melepaskan diri dan mulai belajar berdiri sendiri.

3. masa anak

pada masa ini, anak masih immature.  anak berusaha menyesuaikan diri dengan lingkungan, hingga ia merasa bahwa dirinya merupakan sebagian dari lingkunganyang ada.

c. masa remaja

masa remaja adalah masa peralihan atau masa transisi dari anak menuju dewasa.

1. praremaja

dikatakan sebagai fase negatif, terlihat tingkahlaku yang cenderung negatif.fase yang sukar untuk anak dan orang tua. perkembangan fungsi-fungsi tubuh, terutama seks.

2. remaja awal

perbahan fisik terjadi sangat pesat dan mencapai puncaknya. ketidakseimbangan emosional dan ketidakstabilan dalam banyak hal terdapat pada masa ini. pola hubungan sosial mulai berubah.

3. remaja lanjut

idealis. mempunyai cita-citatinggi, bersemangat dan mempunyai energi yang besar. ia berusaha memantapkan identitas diri dan ingin mencapai ketidaktergantungan emosional.

d. dewasa

fase dewasa:

1. dewasa awal

tahap ini adalah masa penyesuaian terhadap pola-pola hidup baru, harapan mengembangkan sifat-sifat, nilai yang serba baru.

ia diharapkan menikah, punya anak, mengurus keluarga, membuka karier dan mencapai suatu prestasi.

2. dewasa menengah

tahapan dewasa menengah merupakan masa transisi, masa menyesuaikan kembali.   ada yang menyatakan masa ini adalah masa bahaya bagi pria dan wanita.

C. Faktor yang mempengaruhi perkembangan

Sejak abad pertengahan, aspek moral dan pendidikan keagamaan, menjadi pusat perhatian dan menjadi tujuan umum dari pendidikan.

pandangan terhadap anak sebagai pribadi yang masih murni, jauh dari unsur-unsur yang mendorong anak pada perbuatan-perbuatan yang tergolong dosa dan tidak bermoral, banyak dipengaruhi oleh aktivitas-aktivitas keagamaan.

memasuki akhir abad ke 17, seorang filsuf Inggris bernama John Locke mengemukakan bahwa pengalaman dan pendidikan merupakan faktor yang paling menentukan dalam perkembangan kepribadian anak.

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?