Kesehatan

Menjadi Tepat Sehat dengan Optimalisasi Aplikasi Kesehatan

27 Agustus 2017   11:12 Diperbarui: 27 Agustus 2017   11:19 329 1 0

Bahwasannya, manusia hidup membutuhkan berbagai cara untuk menjaga kualitas  hidupnya. Sedari bayi hingga berumur, manusia dihadapkan dengan pola hidup yang berbeda-beda. Faktor perbedaan gaya hidup tersebut mengakibatkan prioritas seseorang dan cara aplikasi gaya hidupnya ada yang berhasil, ada juga yang tidak. Ada yang memulai proses penjagaan kualitas hidupnya dengan cara menjaga pola makan, tidur teratur, berolahraga, dan sebagainya. Cara-cara tersebutlah yang menentukan kualitas kesehatan seseorang. Semakin aktif seseorang dalam menjaga kesehatannya maka semakin mantap pula tingkat kesehatannya. Namun, menjaga kesehatan tak selamanya menjadi hal yang mudah dan dilakukan dengan cuma-cuma. Masih banyak orang yang lalai dan mengabaikan proses menjaga kesehatan mereka sendiri, sehingga begitulah mereka dapat jatuh sakit.

Seiring dengan berkembangnya teknologi saat ini, para inisiator program mulai berlomba-lomba mengerjakan aplikasi yang berbasis kesehatan pula. Bersanding dengan krisis peduli kesehatan pada masyarakat, aplikasi pengingat untuk menjadi tetap sehat sudah banyak diluncurkan. Mulai dari menjaga pola makan, pola tidur, dan tingkat pergerakan tubuh ketika berolahraga, kini  masyarakat dapat mengaplikasikannya untuk menjaga kesehatan masing-masing. Fitur-fitur yang diberikan dari aplikasi-aplikasi kesehatan tersebut menonjolkan kemampuan sensornya untuk men-scan tubuh pengguna.

Misalnya, pada bidang kesehatan jasmani atau olahraga, ada aplikasi yang menunjukkan berapa banyak langkah yang diambil pada satu jam terakhir, berapa banyak langkah untuk menjadi lebih fit, seberapa jauh Anda harus pergi berlari sehingga membakar kalori yang pas, menghitung detak jantung, dan lain-lain. Program olahraga tersebut juga berisi kebebasan para pengguna untuk mengerjakan kegiatan olahraga dengan porsi yang tepat, aman, dan terkondisikan. Aplikasi-aplikasi olahraga seringkali memberikan saran jadwal, parameter kemajuan tingkat kesehatan pengguna, rekap kegiatan olahraga yang sudah tersusun rapi, dan banyak lagi contoh lainnya. aplikasi tentang olahraga tersebut antara lain "Nike Training Club", yang berfitur anjuran program latihan dan video training dari personal trainer Nike. Lalu ada pula "Endomondo Sports Tracker", yang dapat melacak dan menghitung jarak dan lama waktu Anda berolahraga. Olahraga yang dimaksudkan tidak hanya berlari saja, akan tetapi olahraga lain seperti basket, sepakbola, bola voli, badminton, dan lain-lain. Para pengguna "Endomondo" juga dapat beradu dan saling bersaing memecahkan rekor antar satu sama lain, misalnya rekor bersepeda terjauh dan atau rekor lari. Selain kedua aplikasi tersebut, ada juga aplikasi yoga dan body shaping yang banyak dibuat. Aplikasi-aplikasi tersebut biasa digunakan orang-orang yang gemar berolahraga, memiliki niat untuk memiliki tubuh fit, dan bertubuh ideal.

Dalam bidang asupan makanan bernutrisi, ada pula yang menawarkan fitur untuk menghitung berapa banyak asupan kalori yang dibutuhkan untuk tetap dalam kondisi sehat ketika memilih makanan, buku resep makanan sehat, dan kandungan-kandungan yang dimiliki oleh makanan yang ada. Ada pula aplikasi yang menawarkan menu-menu sehat untuk dikonsumsi secara berkala, sehingga pengguna dapat mengontrol makanan yang dikonsumsi setiap harinya. Aplikasi kesehatan makanan tersebut salah satunya adalah "Lose It", aplikasi yang memberikan analisa olahraga apa juga yang harus dilakukan untuk membakar kalori yang sudah dikonsumsi agar tidak menjadi lemak. Sedangkan untuk para pemuda yang masih sering susah tidur, begadang, dan kebiasaan buruk mengenai tidur yang lain dapat menemukan solusinya melalui aplikasi tentang tidur berkualitas. Antara lain aplikasi "Sleep Cycle", aplikasi yang memonitor seberapa berkualitas tidur Anda dengan cara mengoreksi pergerakan Anda ketika tidur. Ada pula "Sleep Bug", yang akan membantu Anda mendapatkan suasana tidur terbaik seperti suasana laut, bunyi hujan atau suara pedesaan yang tenang untuk memudahkan Anda terlelap dengan nyenyak.

Dengan memanfaatkan aplikasi-aplikasi tersebut, marilah kita perbaiki lagi porsi penjagaan kita terhadap kesehatan masing-masing. Semakin aktif dan optimal dalam upaya penjagaan kesehatan tersebut, semakin sehat pula tubuh kita. Tanpa kesehatan yang baik maka dalam mengerjakan pekerjaan apa pun akan berkurang kualitas kita dalam menjalaninya. Inilah mengapa teknologi maju dengan aplikasi berfitur kesehatan harus dimanfaatkan dengan sebaik mungkin, yakni agar kita mampu dengan cerdas menjaga kesehatan masing-masing.