Mohon tunggu...
fauziah fitri
fauziah fitri Mohon Tunggu... -

Mahasiswi Universitas Muhamadiyah Sorong Jurusan Matematika simple girl 'n be strong girl

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Manfaat Model Pembelajaran Tutor Sebaya untuk Pembelajaran Matematika

3 Juli 2013   10:53 Diperbarui: 24 Juni 2015   11:05 4280
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gadget. Sumber ilustrasi: PEXELS/ThisIsEngineering

Sebelumnya, saya minta maaf atas tulisan artikel ini. Bila ada yang kurang berkenan dengan tulisan ini. Saya sekedar membagi ilmu yang saya dapat selama kuliah dan yang saya ketahui dalam pembelajaran matematika. Mohon ijin kepada para Guru-guru yang telah berpengalaman maupun pakar-pakar model pembelajaran yang merasa tulisan ini kurang berkenan. Matematika, salah satu mata pelajaran yang paling saya sukai sejak mengenal pelajaran ini. Apapun namanya, bila pelajaran hitungan paling saya senang. Tapi, saya mellihat betapa banyak siswa-siswi sekarang yang bahkan tidak menyukai pelajaran ini. Kenapa?. Alasanya beragam, dari yang susah, gurunya membosankan, tidak mengerti penjelasan guru, dan lainnya. Padahal, Matematika sebagai salah satu ilmu dasar adalah merupakan mata pelajaran yang wajib diajarkan di semua level pendidikan. Tapi, setelah saya telusuri secara umun dan rata-rata karena kondisi kelas yang statis. Dimana guru aktif berbicara tapi siswa sendiri tidak aktif dalam kegiatan belajar mengajar. Guru menerangkan, murid mendengarkan, mengerjakan soal dan akhirnya memberi tugas. Kondisi begini membuat para siswa tidak semangat dalam belajar. Oleh sebab itu, saya ingin menjelaskan sedikit mengenai pengaplikasiaan Model Pembelajaran Tutor Sebaya yang saya pernah pelajari dan saya baca dalam buku. Sebelumnya saya ingin menjelaskan mengenai Model Pembelajaran Tutor Sebaya. Tutor adalah mereka orang pilihan yang dijadikan sebagai pembimbing dalam suatu kelompok. Karena yang menjadi tutornya adalah teman seumur atau sebaya, maka model pembelajaran ini disebut tutor sebaya. Secara usia yang sama, tentu memungkinkan interaksi antar siswa lebih intensif. Karena dengan melihat temannya bisa menjadi tutor maka menimbulkan rasa persaingan sehat dalam kegiatan belajar mengajar. Karena model ini lebih berpusat pada siswa. Dengan umur sebaya antara tutor dengan yang lain maka penerimaan pembelajaran akan lebih dimengerti. Karena tutor sebaya akan menggunakan bahasa yang dapat dimengerti dan mudah dipahami antar siswa. Sehingga, siswa yang lain dapat menerima penjelasannya. Bahasa teman sebaya lebih mudah dipahami, dan teman yang tidak tahu lebih berani untuk bertanya maupun memberi tanggapan. krena mereka teman sebaya. bagaimana memilih siswa yang bisa menjadi tutor? Pillihlah siswa yang nilai rata-ratanya paling tinggi dari siswa yang lain. Tentukan banyaknya tutor sebaya sesuai dengan banyaknya kelompok yang akan dibentuk. dari penjelasan singkat diatas, dapt ditarik kesimpulan bahwa, Model Pembelajaran Tutor Sebaya adalah model pembelajaran yang memaksimalkan siswa pandai sebagai tutor dalam satu kelompok.

Langkah-Langkah Model Pembelajaran Tutor Sebaya

1. Pilih materi yang memungkinkan materi tersebut dapat dipelajari siswa secara mandiri. Materi pengajaran dibagi dalam sub-sub materi.

2. Bagilah para siswa menjadi kelompok-kelompok kecil yang heterogen sebanyak 5-7 orang. Siswa-siswa pandai disebar dalam setiap kelompok dan bertindak sebagai tutor sebaya.

3. Masing-masing kelompok diberi tugas mempelajari materi. Setiap kelompok dibantu oleh siswa yang pandai sebagai tutor sebaya.

4. Beri mereka waktu yang cukup untuk persiapan, baik didalam kelas maupun luar kelas.

5. Setiap kelompok melalui wakilnya menyampaikan tugasnya secara berurutan sesuai dengan materi, beri kesimpulan dan klarifikasi seandainya ada pemahaman siswa yang perlu diluruskan.

Keberhasilan seorang Tutor dilihat dari hasil kelompok yang telah dijelaskan oleh wakil masing-masing dari kelompok.

Namun, setiap model pembelajaran pasti mempunyai sisi negatif maupun positifnya

a).Kelebihan tutor sebaya saya jelaskan sebagai berikut;

1.sanngat berhasil lebih baik bagi beberapa anak yang mempunyai perasaan takut dan enggan kepada gurunya, baik bertanya maupun menjawab.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun