Ziarah Kubur Menjelang Ramadhan

15 Juli 2012 09:15:06 Diperbarui: 25 Juni 2015 02:56:27 Dibaca : Komentar : Nilai :

“ Dulu aku melarang kalian melakukan ziarah kuburmaka sekarangberziaralah kalian karena ziarah kubur itu dapatmelembutkan hati, membuat mata menangisdan mengingatkan kepada akhirat “(HR. ALHAKIM dan lainnya)


Menjelang datangnya bulan ramadhan atau idul fitiri biasanya banyak orang yang berziarah ke kuburan untuk mengenang orang tua, saudara maupun sanak saudara yang telah meninggal dunia. Sebenarnya untuk melaksanakan ziarah kubur waktunya tidak harus menjelang ramadhan atau idul fitri saja bisa kapanpun dilakukan namun karena sudah menjadi kebiasaan rasanya enak saja ketika dilaksanakan pada waktu-waktu tersebut.


Keadaan ini membuat suasana di kompleks pekuburan menjadi lebih ramai dari pada hari biasa dan dimanfaatkan pula oleh para warga yang bermukim disekitarnya untuk mencari tambahan penghasilan dengan menjual berbagai keperluan yang akan digunakan oleh para peziarah seperti bunga dan air. Tujuan dari ziarah kuburbiasanya untuk mengenang sanak saudara yangtelah meninggal dunia selain itu dengan berziarah dapat mengingatkan bahwa satu saat kelak kita akan menyusul mereka. Pada umumnya niat untuk berziarah ke kubur terutama kuburan orangtua kita adalah untuk mengenang jasa-jasa mereka dan sebagai penghargaan atas apa yang telah mereka berikan selama hidupnya.


Dalam melaksanakan ziarah kubur hendaklah kita tidak melakukan hal-hal yang dilarang oleh rasullullah saw misalnya meminta pertolongan atau rezeki kepada orang yang telah meninggal dan hal-hal lain yang tidak diajarkan oleh beliau.

Abdul Fatwa

/fatwa

mencoba menulis apa saja ....
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.
Daftarkan email Anda untuk mendapatkan cerita dan opini pilihan dari Kompasiana

Featured Article