Mohon tunggu...
Money

Future Development Product: Mugnificent

1 Juni 2017   12:02 Diperbarui: 1 Juni 2017   12:13 234
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Dengan adanya kebiasaan merokok sekaligus sambil meminum kopi, maka Mugnificent akan hadir sebagai sebuah hasil pengembangan produk dari Mugnette. Jika sebelumnya Mugnette menghadirkan produk mug yang disatukan dengan tempat biskuit, maka kali ini tempat biskuit akan dijadikan dalam bentuk dan fungsi yang berbeda. Mugnificent merupakan sebuah produk yang mengelaborasikan mug dengan asbak, sehingga dapat memudahkan para penggunanya untuk melakukan kebiasaan yang sudah dijelaskan sebelumnya. Mug dan asbak akan menggunakan material yang sama, yaitu dari bahan keramik. Selain itu, desain yang diberikan oleh mug ini nantinya diharapkan dapat membantu menarik minat pengguna, karena akan menggunakan desain mugbunglon, atau mugdengan desain atau gambarnya yang akan muncul ketika mugdituangkan air panas. Dan juga, tempat asbak yang bisa dilepas dari gelas dan nantinya dapat diletakan sebagai tutup gelas juga diharapkan dapat membantu pengguna ketika membuang abu dan puntung rokok.

BUSINESS MODEL CANVAS (BMC)

2.1       Value Propositions

Multifunction dikarenakan di dalam satu produk terdapat dua manfaat yang dapat dirasakan oleh penggunanya. Selain dapat menggunakan mugnya untuk sekedar meminum kopi, Mugnificent juga memiliki asbak di bawah mug yang menempel pada mug tersebut, tetapi juga dapat dilepas untuk diletakan di atas meja, maupun diletakan di atas mug atau sebagai penutup kopi yang sedang diminum.

Attractivedikarenakan selain adanya elaborasi antara produk mug dan asbak yang dijadikan satu kesatuan, yang dapat dikatakan menarik dari produk kami adalah desain yang akan dibuat. Desain dari mug ini akan menggunakan desain bunglon. Desain bunglon adalah dimana gambar dari desain yang sudah dibuat hanya akan muncul jika mug tersebut diisi dengan air panas.

2.2       Customer Segments

Produk Mugnificent memiliki segmen konsumen yang merupakan coffee addict sekaligus merangkap sebagai smoker. Konsumen yang merokok, kebanyakan juga menyukai untuk meminum kopi. Hal tersebut dikarenakan adanya sifat adiktif  dari nikotin dan juga kafein, sehingga kedua hal tersebut dianggap saling melengkapi antar satu sama lain. Segmen konsumen coffee addict dan smoker ini dapat mencakup umur di antara 18 tahun hingga 40 tahun ke atas, dengan profesi mulai dari mahasiswa hingga para pekerja.

2.3       Channels

Mugnificent akan melakukan endorsement melalui orang-orang yang memiliki titel social media influencer. Para influencer ini dapat membantu Mugnificent   untuk mendapatkan perhatian dari masyarakat luas, dikarenakan di zaman ini semua orang dapat dikatakan tidak dapat lepas dari media sosial.

Dari dilakukannya endorsement, maka dapat tercipta sebuah word of mouth. Word of mouth merupakan sebuah cara pemasaran yang dilakukan dengan cara dari mulut ke           mulut.

2.4       Customer Relationship

Hubungan dengan konsumen secara pribadi dapat dilakukan penjual dengan cara, misalnya mengobrol langsung dengan konsumen tersebut karena konsumen tersebut          merupakan sanak famili atau juga kerabat dekat. Tetapi, jika konsumen tersebut memang betul-betul seseorang yang merupakan pengguna produk Mugnificent yang         sebelumnya tidak dikenal oleh penjual, maka hubungan tersebut dapat dijalin melalui media sosial yang dimiliki oleh Mugnificent.

2.5       Key Resources

Sumber Daya Manusia yang dimaksud disini ialah adanya penjual, dan pihak vendor. Penjual atau pemilik juga dapat menjadi sumber intelektual. Hal tersebut dikarenakan     pemilik dapat harus tetap memikirkan mengenai bagaimana bisnis produk Mugnificent ini dapat terus berjalan dan berkembang.

Sumber keuangan juga merupakan hal yang krusial. Dikarenakan untuk dapat menciptakan produk ini diperlukan adanya modal yang memadai.

Dan yang terakhir adalah media sosial, dikarenakan aktivitas penjualan ini akan melalui tahap awal yaitu melalui media sosial yang akan didukung dengan kegiatan endorsement

2.6       Key Activities

Quality control akan dilakukan terhadap pembuat keramik, dan juga pencetak desain bunglon dari mug ini. Quality control sangat diperlukan dan dengan frekuensi waktu yang harus cukup sering agar hasil dari produk dapat sesuai dengan yang kita inginkan untuk dapat memenuhi nilai tambahnya. Mugnificent juga tetap harus melakukan pemasaran yang gencar dikarenakan segmen konsumen yang berbeda sebelumnya.

2.7       Key Partners

Vendor mug atau pihak pembuat keramik, merupakan mitra yang paling utama dari terciptanya produk Mugnificent ini. Selain itu, vendor jasa pembuatan desain bunglon juga harus dapat dijalin kerjasamanya. Hal ini dikarenakan Mugnificent ingin menjadi suatu produk yang menarik dan juga bukan merupakan produk yang biasa saja. Sedangkan coffee shop dapat dijalin kerjasamanya, dikarenakan tempat ini dapat membantu Mugnificent memasarkan produknya. Dan yang terakhir adalah shippers, atau jasa pengiriman produk.

2.8       Revenue Streams

Pemasukan yang didapatkan adalah berbentuk uang yang dihasilkan dari penjualan produk terhadap pelanggannya.

2.9       Cost Structure

Biaya endorsement tersebut diperlukan karena adanya kepentingan bagi kedua belah pihak agar produk tersebut dapat terjual secara meluas.

Sedangkan produksi, pihak vendor pasti memerlukan modal untuk dapat melakukan produksi produk Mugnificent ini.

Biaya untuk shipping juga harus dapat dipenuhi oleh penjual. Hal ini diperlukan karena adanya keperluan dari pihak penjual maupun vendor, dan juga pihak penjual dan juga konsumen.


Terima kasih atas waktunya untuk membaca artikel ini.

Best regards, 

Fatri Fathiyyah

Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun