Proposal Bisnis Catering

25 Maret 2013 21:09:12 Diperbarui: 24 Juni 2015 16:13:28 Dibaca : Komentar : Nilai :

PROPOSAL USAHA CATERING



A.Pendahuluan



Latar belakang



Pada saat ini banyak orang yang ingin membuat acara atau kegiatan yang megah namun simpel dan efisien. Contohnya dalam hal penyiapan makanan dan hidangan. Biasanya mereka lebih memilih untuk memesan makanan daripada membuatnya sendiri dengan alasan pertimbangan waktu dan tenaga walaupun memang sedikit mahal. Dari pemikiran inilah kami mempunyai ide untuk membuat bisnis catering makanan baik untuk makanan dalam kemasan box atau untuk hidangan pesta pernikahan.



Dalam memulai usaha dalam bidang apapun, maka :


1.Yang harus kita ketahui adalah peluang pasar dan bagaimana menggaet order. Bagaimana peluang pasar yang hendak kita masuki dalam bisnis ini dan bagaimana cara memperoleh order tersebut.


2.Harus mampu menganalisa keunggulan dan kelemahan pesaing dan sejauh mana kemampuan kita untuk bersaing dengan mereka baik dari sisi harga, pelayanan maupun kualitas.


3.Persiapkan mental dan keberanian untuk memulai suatu bisnis. Singkirkan rasa malu, takut gagal dan perang batin antara berkeinginan dan keraguan. Kita juga harus siap menghadapi resiko, dimana resiko bisnis adalah untung atau rugi. Semakin besar untungnya maka resikonya pun semakin besar.



A. Analisa aspek manajemen


Ø Bisnis ini dimiliki bersama dengan sistem bagi modal.


Ø Bisnis ini dikelola secara bersama-sama dan tiap orang mempunyai tugas masing-masing, misalkan dari 5 orang, 3 orang bertugas membuat masakan dan penyajiannya, 2 orang bertugas mencari bahan masakan, mengantar pesanan dan melakukan perekrutan tenaga kerja apabila membutuhkan.


B. Analisa aspek Pemasaran


a) Target Pasar


Sudah menjadi kelaziman bahwa usaha catering bekerja berdasarkan pesanan. Kegiatan produksi dimulai apabilapesanan telah diterima. Maka,tanpa pesanan kegiatan produksi perusahaan catering tidak bekerja. Yang bekerja sepanjang tahun atau selama bisnis itu hidup adalah pemasaran, keuangan dan administrasi.Target pasar adalah seluruh kalangan masyarakat yang ingin berefisien waktu dan tenaga. Pesaing kita dari perusahaan catering lain. Dan kita juga mencoba bekerja sama dengan wedding organizer yang terbiasa mendapatkan orderan pernikahan, dari situ kita dapat menawarkan jasa catering kita.



b) Konsep pemasaran


Ø terdiri dari 3 elemen (Price+Place+Promotion) untuk produk,


Ø mensurvai para pesaing-pesaing.


Ø melakukan inovasi


– inovasi baru untuk produk yang akan jual.


Ø Harus mampu menciptakan hal-hal yang baru.



c) Produk dan penetapan Harga


Untuk menetapkan harga perlu melakukan riset dan membandingkannya dengan strategi harga yang akan ditawarkan. Tidak jarang harga yang ditawarkan terlalu mahal karena sistem produksi yang salah dan tidak efektif. Maka diperlukannya suplier yang mampu mensuplai bahan baku dengan harga yang benar-benar murah, sehingga bisa menghasilkan katering murah atau penggunaan kompor yang boros. Bahkan bisa saja komponen menu yang tawarkan salah. Sehingga perlu melakukan percobaan berkali-kali sampai menemukan formula yang pas dan bisa bersaing dengan catering murah lainnya.


Berikut ini contoh menu –menu nasi kotak :







DAFTAR MENU NASI KOTAK




Menu1Rp.17.500,-
Nasiputih
Keringtempe
Ayamgoringlaja
capcaygoreng
Sambal
Lalap
Kerupuk
Buah
Airmineral



Menu2Rp.18.500,-
NasiPutih
Dagingmasakcabeijo
Miegoringspecial
cahkombinasi
Sambal
Lalap
Kerupuk
Buah
Air mineral









MENU PAKET HIDANGAN PERNIKAHAN



Buffet utama 500 porsi menu 1


1.Kambing guling 2 ekor


2.Soto sulung 200 porsi


3.Sate ayam 200 porsi


4.Ice cream 200 cup


5.Siomay 200 porsi




Buffet utama 600 porsi menu 2



1.Kambing guling 2 ekor


2.Soto sulung 200 porsi


3.Sate ayam 200 porsi


4.Ice cream 200 cup


5.Siomay 200 porsi


6.Tekwan 200 porsi


7.Es dawet 200 cup



Buffet utama 800 porsi menu 3



1.Kambing guling 2 ekor


2.Soto sulung 200 porsi


3.Sate ayam 200 porsi


4.Ice cream 200 cup


5.Siomay 200 porsi


6.Bakwan malang 200 porsi


7.Pempek 200 porsi


8.Es dawet 200 cup




Buffet utama 1000 porsi menu exclusive



1.Kambing guling 2 ekor


2.Soto sulung 200 porsi


3.Sate ayam 200 porsi


4.Dim sum 200 porsi


5.Koran BBQ 200 porsi


6.Aneka pasta 200 porsi


7.D’ crepes 200 porsi


8.Cream soup 200 porsi


9.Ice cream 200 cup


10.Es dawet 200 cup



















DAFTAR MENU HIDANGAN PERNIKAHAN








Rp. 40.000,- menu 1




Rp. 45.000,- menu 2




Rp. 50.000,- menu 3




Rp. 60.000,- menu 4






Nasi putih


Nasi goreng


Soup kimlo


Ayam panggang bumbu rujak


Daging lada hitam


Capcay


Salad bangkok/asinan


Kerupuk udang


Aneka buah segar


Aneka puding


Aneka softdrink


Aneka snack


Air es/Aqua




Nasi putih


Nasi goreng


Soup bakso jamur


Ayam panggang rica-rica


Daging masak paprika hijau


Kakap asam manis


Capcay


Salad bangkok/asinan


Kerupuk udang


Aneka buah segar


Aneka puding


Aneka softdrink


Aneka snack


Air es/Aqua





Nasi putih


Nasi goreng


Soup sosis telur puyuh


Ayam panggang bumbu padang


Empal balado


Kakap asam manis


Sambal goreng kentang ati


Capcay/soun goreng


Salad bangkok/asinan


Kerupuk udang


Aneka buah segar


Aneka puding


Aneka softdrink


Aneka snack


Air es/Aqua





Nasi putih


Nasi goreng


Soup buntut/soup iga


Ayam panggang bumbu padang


Empal balado


Kakap asam manis


Macaroni schotel


Salad bangkok/asinan


Kerupuk udang


Aneka buah segar


Aneka puding


Aneka softdrink


Aneka snack


Air es/Aqua















Makanan gubuk hidangan pernikahan








Aneka bubur




Rp. 9.000,-




porsi






Aneka juice




Rp. 6.000,-




porsi






Aneka pasta




Rp. 15.000,-




porsi






Batagor




Rp. 9.000,-




porsi






Bakwan malang




Rp. 10.000,-




porsi






Cone waffle ice cream




Rp. 7.000,-




porsi






Coto makasar




Rp. 12.000,-




porsi






Cream soup




Rp. 9.000,-




porsi






D’ Crepes




Rp. 12.000,-




porsi






Dim sum




Rp. 13.000,-




porsi






Es podeng




Rp. 6.000,-




porsi






Ice cream, doger, dll




Rp. 4.000,-




Cup






Empal gentong




Rp. 14.000,-




Cup






Kambing guling




Rp. 850.000,-




porsi






Korean BBQ




Rp. 14.000,-




Ekor






Laksa ayam




Rp. 10.000,-




porsi






Lontong cah gomeh




Rp. 20.000,-




porsi






Lontong kikil surabaya




Rp. 14.000,-




porsi






Martabak telor




Rp. 9.000,-




porsi






Mie bakso




Rp. 10.000,-




porsi






Mie kocok




Rp. 10.000,-




porsi






Nasi bali




Rp. 25.000,-




porsi






Nasi begana




Rp. 25.000,-




porsi






Nasi gudeg




Rp. 25.000,-




porsi






Nasi liwet




Rp. 25.000,-




porsi






Nasi pecel madiun




Rp. 20.000,-




porsi






Nasi rawon




Rp. 20.000,-




porsi






Pempek palembang




Rp. 10.000,-




porsi






Roll beef kebab




Rp. 15.000,-




porsi






Roti jala




Rp. 15.000,-




porsi






Salad bar




Rp. 12.000,-




porsi






Sate ayam




Rp. 11.000,-




porsi






Sate kambing




Rp. 12.000,-




porsi






Sate padang




Rp. 10.000,-




porsi






Siomay




Rp. 10.000,-




porsi






Soto ayam, betawi, dll




Rp. 10.000,-




porsi






Soup asparagus




Rp. 10.000,-




porsi






Strawberry chocolate




Rp. 13.000,-




porsi






Tahu campur




Rp. 10.000,-




porsi






Tekwan




Rp. 10.000,-




porsi






Tempura




Rp. 14.000,-




porsi






Tomyangkung soup




Rp. 20.000,-




porsi






Waffle ice cream




Rp. 11.000,-




porsi






Zupa soup




Rp. 17.000,-




porsi






Jajanan pasar tradisional




Rp. 25.000,-




Tampah






Dan variasi menu lainnya tergantung makanan yang dipesan. Berbagai masakan yang disesuaikan dengan pesanan.Mutu produk harus tetap terjaga kebersihannya baik produk itu sendiri maupun lingkungannya dan tentunya membuat menu – menu yang menarik selera dan mempunyai ciri khas yang berbeda dengan catering lainnya.Selain itu mutu pelayanan pun harus diperhatikan karena faktor yang sangat penting di dalam industri jasa guna mencapai tujuan bisnis ini yaitu untuk mendapat keuntungan ( profit ) dengan cara memuaskan konsumen.



d) Distribusi dan Promosi


Bisnis katering adalah bisnis kepercayaan dan “rasa”. Untuk membuka pasar dapat dimulai dari acara-acara kecil seperti :


Ø Hajatan keluarga yang dapat di kelola sendiri kateringnya dan di setiap meja penyajian dapat disediakan brosur dan kartu mana sebagai tanda pengenal dan promosi terhadap catering yang sedang dikelola. Jika pelayanan katering di acara tersebut di kelola dengan baik maka semua kenalan dan relasi akan mengetahui kemampuan catering tersebut.


Ø Untuk mengetahui kualitas dan nikmatnya masakan kita, kita bisa memulai dengan memasak dan menyajikan berbagai menu dalam setiap acara arisan keluarga, RT atau perkumpulan yang sedang di ikuti dan dengarkan komentar para tamu.



Ø Bermula dari acara – acara kecil yang di kelola maka kepercayaan kepada catering tersebut akan muncul dan akan tersebar dari mulut ke mulut ini terkadang lebih efektif dibandingkan menyebar brosur dan beriklan tanpa pernah menunjukkan kemampuan di sebuah acara.
Ø Dalam bisnis yang utama adalah kesinambungan order maka untuk memperoleh order konsep pemasaran yang lebih komprehensif perlu difikirkan. Penawaran door to door di instansi-instansi pemerintah juga bisa dilakukan dengan menawarkan promosi. Salah satu caranya adalah dengan menawarkan harga miring untuk setiap pemesanan dan Jangan segan memberikan sample masakan/mengundang makan orang-orang yang memiliki kuasa untuk mengambil keputusan di sebuah perusahaan/intansi..



C. Analisa aspek Operasional dan SDM


Masalah-masalah teknis yang menyangkut seluk beluk pekerjaan perlu dipersiapkan rapi. Mulai menghitung kemampuan diri, keterampilan yang dimiliki yang menyangkut bidang pekerjaan itu. Untuk menjadi pengusaha catering tidak harus menjadi ahli masak dulu, tapi yang terpenting adalah mampu mengelola usaha itu, sementara untuk tenaga ahli yang bisa memasak, dapat dilakukan pengrekrutan. usahacatering ini dikelola bersama-sama dan setiap orang punya tugas masing-masing.Cara penjaminan mutu masakan dengan cara hanya akan berproduksi setelah mendapatkan pesanan jadi masakan dijamin masih segar.



D. Kiat-Kiat Pengelolaan Usaha Katering



Memiliki Visi


Menjadikan bisnis catering ini sarana jasa yang praktis, ekonomi, dan efisien dalam pemenuhan kebutuhan konsumen.Menjadikan bisnis ini berkembang dan langgeng walaupun banyak sekali pesaing – pesaing yang ada.



Rencana Matang


Rencana usaha diperlukan untuk perlindungan bisnis catering ini. Perlu memiliki wawasan yang luas, dan tiap masalah minimal telah periksa. Misalnya dalam paket catering pernikahan atau katering ulang tahun masalahnya apa saja. Mulai dari masalah produksi, staf, produknya (menu), pemasaran, logistik ,dan promosi, semuanya harus masuk “check-list”. Hal ini untuk menghindarkan situasi yang “chaos”(tumpang-tindih, RED), dan manajemen tambal sulam di masa mendatang. Anda tidak perlu membuat rencana kerja setebal 100 halaman misalnya, tapi cukup 2 halaman saja. Namun segala aspek dari bisnis katering telah Anda pikirkan.



E. Aspek Keuangan



Pada aspek keuangan ini, bisnis kami mendapat modal dari bagi modal yang terdiri dari 5 orang, perorangnya mengeluarkan modal Rp 2.000.000,00. Jadi Modal awal kita sebesar Rp 10.000.000,00. Berikut ini dapat ditampilkan proyeksi keuangan dalam 1 bulan.



ProyeksiKeuangan1bulan :




1. Kas Rp 10.000.000,00
Modal Rp 10.000.000,00
(Setoran untuk modal awal)



2. Perlengkapan Rp 1.000.000,00
Kas Rp 1.000.000,00
(Pembelian Perlengkapan)



3. Peralatan Rp 2.000.000,00
Kas Rp .2000.000,00
(Pembelian Peralatan)


Proyeksi Penjualan dalam 1 bulan


Minimal mendapat 4 kali pesanan :


Ø 2 x Partai Besar (Minimal 200 Porsi @ Rp 17.500,00)2 x (200 Porsi x Rp 17.500,00) = Rp 7.000.000,00


Ø 2 x Partai Kecil (Minimal 50 Porsi @ Rp 18.500,00)2 x (50 Porsi x Rp 18.500,00) = Rp 1.850.000,00




Perkiraan Pendapatan minimal 1 bulan Rp 8.850.000,00

Jurnal Transaksi dalam 1 bulan


Ø Biaya Angkut (4 @ Rp 50.000,00) Rp 200.000,00Kas Rp 200.000,00


ØBiaya Tenaga Kerja (5 orang @ Rp 75.000,00 x 4 Pesanan)Biaya Tenaga Kerja Rp 1.500.000,00Kas Rp 1.500.000 ,00


ØBiaya Bahan Baku(@ Rp 9.650,00).Rp 9.650,00 x 500 Porsi = Rp 4.825.000,00Biaya Bahan Baku Rp 4.825.000,00Kas Rp 4.825.000,00



Laporan Laba /Rugi dalam 1 Bulan


Ø PendapatanPorsi Besar 2 x(200 Porsi x Rp 7.500,00) =Rp 7.000.000,00Porsi Kecil 2 x (50 Porsi x Rp 8.000,00) =Rp 1.850.000,00Rp 8.850.000,00



·Biaya-biayaBiaya Angkut =Rp 200.000,00


·Biaya Tenaga Kerja =Rp 1.500.000,00


·Biaya Bahan Baku =Rp 4.825.000,00


·Rp 6.525.000,00


·Laba Rp 2.325.000,00


F. Penutup


Sekian proposal catering ini disusun, dan dapat dijadikan sebagai acuan pengembangan bisnis. sekian dan terimakasih.


KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.
Featured Article