Akhirnya Metro TV Mengaku Salah

24 September 2012 14:01:19 Dibaca :

Hari ini telah diadakan mediasi terkait acara "Metro Hari Ini" pada 5 September 2012 yang menayangkan dialog 'Awas, Generasi Baru Teroris'. Acara yang mengakibatkan lebih dari 29.000 pengaduan masuk ke KPI ini akhirnya ditindak lanjuti dengan mediasi yang dihadiri oleh perwakilan Metro TV , MUI, Forum Silahturahim Lembaga Dakwah Kampus (FSLDK), Ikatan Rohis Se-Jabodetabek (IROJA) dan Indonesia Media Watch. Mediasi yang pada awalnya dilakukan secara terbuka dan mengundang beberapa wartawan dari media lain secara mendadak dilakukan secara tertutup. beberapa wartawan yang membawa undangan terpaksa diminta keluar kecuali wartawan Metro TV yang masih diperbolehkan mengikuti jalannya mediasi.

Berikut adalah beberapa poin hasil pertemuan mediasi:

1. Metro TV dengan NYATA, mengaku SALAH. Metro TV meminta maaf atas pemberitaan yang tidak berimbang dan menyudutkan ROHIS. Kesalahannya termasuk ke dalam simplifikasi hasil penelitian Prof. Bambang yg terwujud dalam grafis.

2. Metro TV akan membuat acara utk klarifikasi dan liputan profil ROHIS. MetroTV berjanji, dalam seminggu ini, sudah ada program tayangnya. Pihak Metro TV akan membuat penayangan program dalam bentuk talkshow, mengundang perwakilan ROHIS.

3. Metro TV akan mengangkat kegiatan-kegiatan ROHIS guna menghapus stigmatisasi karena kesalahan pemberitaan ROHIS

4. Sudah dijadikan MOU, antara KPI dan MUI,,untuk setiap acara yg menyangkut Islam, diseleksi sebelum tayang

Sampai saat ini pun sms aduan masih mengalir ke KPI, bukti bahwa pemberitaan itu benar-benar telah menyinggung seluruh elemen umat muslim, terutama para anggota dan alumni rohis yang jelas-jelas mengakui bahwa rohis telah banyak menghasilkan anggota dan alumni berprestasi yang siap terjun memberikan perubahan baik di masyarakat.

Mari kita tunggu pemenuhan janji dari Metro TV untuk menayangkan klarifikasi dan membersihkan nama baik rohis yang sangat jauh dari aksi terorisme..

Fathiya Mumtazah

/fathiya

menulis untuk mengabadikan pengalaman/perasaan | melatih jari tangan biar nggak kaku :)
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?