Mohon tunggu...
Farizandi Hadi Prasetyo
Farizandi Hadi Prasetyo Mohon Tunggu... Full Time Blogger - Travel Blogger

Seorang travel blogger yang menuliskan cerita perjalanannya di www.feelfreebackpacker.id dan lebih sering berpergian secara solo atau disebut juga Solo Traveler.

Selanjutnya

Tutup

Cerpen Pilihan

Cerpen | Let It Flow?

28 November 2018   10:52 Diperbarui: 28 November 2018   11:03 188
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
https://spiritualityhealth.com

Kuliah 4 tahun itu rasanya antara senang karena bertemu teman baru dan lingkungan baru. Dan juga melelahkan karena harus ketemu deadline yang cuma ada waktu semalam buat beres rasanya. Tapi sebenarnya aku happy saja mengerjakan semuanya selama aku senang dengan perkuliahannya dan nongkrong bareng, jalan-jalan bareng, nemu gebetan dan lainnya deh.

4 Tahun sudah aku menjalani perkuliahan dengan tepat waktu dan IPK yang sangat memuaskan. Banyak sih yang sudah aku lakukan selama kuliah. Seperti aktif organisasi, pulang malam karena rapat, tampil di atas panggung menyanyikan lagu paduan suara,  dan yang paling aku suka ketika akhirnya aku berhasil menjalani ini semua dan lulus dengan tepat waktu. Rasanya seperti baru kemarin deh aku masuk di bangku kuliah dan sekarang aku harus bertemu dengan kehidupan yang baru, yaitu terjun di dunia masyarakat.

"Tau ga ? kalau kehidupan setelah kuliah itu bagai keluar kandang harimau masuk kandang singa !"

"Masa sih? Ah yang bener?"

"Eh ga percaya, ntar juga ngerasain deh"

Bener memang ternyata mencari pekerjaan itu sulit banget untuk saat ini. Apalagi kalau kita ga punya kemampuan apapun. Duh kebayang deh aku harus menganggur berapa lama lagi. Tapi ya Let it Flow saja, asalkan terus berusaha dan ada kemauan yang penting ngga tidur-tiduran seharian di rumah bagai koala yang selalu tidur. Tapi koala itu lucu kalau tidur, coba kalau aku tidur. Beuh rasanya omelan datang sana-sini tiada tara. Suer!

3 Minggu aku sudah menyandang status sebagai fresh graduate dan belum ada panggilan kerja sama sekali. Padahal lamaran udah aku masukin kemana-mana "Duh ini CV gue yang salah, atau gue emang ga punya skill banget" amit-amit lah kalau sampai ga punya pekerejaan sebelum tahun depan." Ujar aku dalam hati ini.

Tapi ternyata tidak hanya aku aja! Banyak yang cumlaude tapi sampai sekarang masih belum ada panggilan pekerjaan. Sebenarnya apa yang salah yah? apa memang belum waktunya aja? ah mungkin emang begitu.

Sebenarnya aku ngga menganggur banget sih. Setiap minggu aku dapat pemasukan dari jualan, ya walaupun masih serabutan. Sisanya kalau ga nulis ya nulis atau ngga baca buku seharian baik itu di rumah atau di perpustakaan kampus. Aneh sekaligus agak gimana gitu setiap hari bolak-balik ke kampus padahal sudah lulus.

Tapi yang aku butuhin itu sebenarnya buku. Iya Buku! Kalau ga ada buku buat baca berarti aku ngga bakalan dapat ide buat nulis cerpen-cerpenku sampai saat ini. Temanku yang lain ada juga yang masih berkeliaran di kampus entah apa yang dicari, semua sudah pada hidupnya masing-masing beda banget pas dulu ngampus. Ya inilah para fresh graduate yang mencari nasibnya akan seperti apa nanti dan termasuk aku sendiri hehe.

Kirim lamaran sudah, nulis iya, asah skill pun iya aku lakukan. Semua akan manis pada waktunya kok. Kata temen sih Let it Flow aja, nanti juga ada masanya duduk di kantor, mantengin laptop, kerja pagi pulang malam nikmatin aja selama masa-masa yang disebut gap year ini sebelum semuanya bakal jadi kesibukan. Asalkan tetap produktif saja selama masa itu dan tentunya tetap berusaha semaksimal mungkin.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun