Evaluas pembelajaran. Apasih sih evaluasi pembelajaran itu kak ? penting nggak sih?. Evaluasi pembelajaran, evaluasi pembelajaran adalah proses yang dapat dijadikan salahsatu acuan oleh seorang pendidik untuk mengetahui berhasil atau tidaknya suatu proses belajar mengajar. Evaluasi pembelajaran juga bisa diartikan sebagai titik tolak ukur keberhasialan dalam suatu proses pembelajaran , tingkat kemajuan pengajaran ,ketercapaian tujuan pembelajaran, dan bagaimana membuat pembelajaran tersebut lebih baik  pada waktu-waktu mendatang. Evaluasi pembelajaran memilki berbagai tujuan diantaranya adalah untuk menentukan angka kemajuan atau hasil belajar pada siswa atau murid yang kemudian akan dijadikan bahan acuan untuk laporan kepada orang tua / wali siswa, penentuan kenaikan kelas, dan penentuan kelulusan siswa. Evaluasi pembelajan sangatlah penting bagi proses pendidikan. Evaluasi pembelajaran dilakukan secara bertahap dan berskala, evaluasi biasanya berupa ujian tertulis maupun tidak tertulis.
Evaluasi pembelajaran merupakan tanggung jawab seorang pengajar untuk menilai peserta didiknya. Evaluasi terhadap peserta didik tidak bisa hanya dilakukan sekali saja. Evaluasi harus dilakukan secara berskala dan bertahap karena evaluasi merupakan penilaian guru atau pendidik tentang perkembangan peserta didik setiap harinya. Karakteristik siswa yang dijadikan bahan evaluasi adalah kognitif, afektif, dan psikomotoriknya. Pendidik harus benar-benar mengamati dan mengetahui pekembangan peseta didiknya agar evaluasi berjalan dengan baik dan selayaknya.
Evaluasi sangat penting bagi pendidik.evaluasi bertujuan agar pendidik mampu menggambarkan kemampuan belajar siswa, mengetahui seberapa besar tingkat kemajuan dan keberhasilan siswa, menentukan apakah prestasi siswa tersebut perlu perbaikan atau harus diperhatiakan, dan evaluasi juga merupakan bentuk tanggung jawab pendidik kepada peserta didik.
Dalam evaluasi pembelajaran, kita sebagai pendidik tidak bisa asal mengevaluasi karena evaluasi pembelajaran memiliki beberapa prosedur, diantaranya yaitu:
- Membuat perencanaan
- Pengumpulan data
- Pengolahan dan penafsiran
- Laporan
- Pemanfaatan evaluasi
Seorang pendidik baru bisa dikatakan berhasildalam memberikan pembelajaran kepada peserta didiknya apabila sudah terjadi perubahan atau peningkatan perilaku dan prestasi peserta didiknya kearah yang positif atau kearah yang lebih baik. Oleh karena itu guru memiliki peran dan andil yang penting dalam proses pembelajaran peserta didiknya. Sangat penting bagi pendidik untuk mengevaluasi peserta didiknya dengan cara yang baik. Sesuai dengan kata yang menyebutkan, guru adalah evaluator.Â