HIGHLIGHT

Bayi-bayi TKW yang Dibuang di Bandara

25 November 2012 04:24:49 Dibaca :
Bayi-bayi TKW yang Dibuang di Bandara
-

Sumber: antarafoto.com

Sebanyak 2230 TKI deportasi dari Arab Saudi telah kembali ke tanah air. Pemulangan massif WNI Overstayer/ TKI Bermasalah Deportasi ini berlangsung dalam 6 kelompok terbang (kloter) dari 7 kloter yang dijadwalkan semula. Dari 2230 TKI deportan itu, terdiri dari 1903 orang TKI dewasa pria dan wanita dan 327 anak-anak dan bayi. Sumber: bnp2tki.go.id

Perhatikan, bahwa ada 327 anak dan bayi dibawa pulang ke Indonesia. Berarti minimal 17% TKW memiliki anak selama bekerja di Arab Saudi (tidak dirinci berapa jumlah TKI pria dan berapa jumlah TKI wanita dalam pemulangan ini). Sementara, jumlah TKI di Arab Saudi hingga Juli 2012 adalah 1,1 juta orang. Sehingga, jika 17% nya memiliki anak selama bekerja, maka TKW Arab Saudi berpotensi membawa pulang 187.00 anak-anak.

Para TKW ini, ada yang diperkosa, ada yang dipaksa melayani kebutuhan sex majikan, ada yang memiliki hubungan tanpa tanggung jawab hukum terhadap anak yang dihasilkan. Sebuah perkosaan, menurut hukum harus menghadirkan 3 orang saksi, jika tidak dapat menghadirkan saksi, maka dianggap melakukan perzinahan. Padahal pada umumnya, sebuah perkosaan dapat terjadi jika tidak ada yang melihat. Sehingga, ancaman hukuman perzinahan membayangi TKW kita.

Sementara, setibanya di tanah air, para TKW menghadapi budaya tabu memiliki anak di luar nikah, memalukan keluarga, aib, membuat geger kampung, diceraikan suami, dituduh tidak berakhlak serta tidak bermoral. Belum lagi status hukum anak tersebut tidak ada, menyulitkannya untuk mendapatkan akta lahir. Sehingga tidak sedikit TKW yang meninggalkan bayinya begitu saja di sekitar bandara. Menurut survey, ada 3-10 bayi ditinggalkan di sekitar bandara setiap bulannya, termasuk di toilet-toilet.

Jangan Buang Bayi Anda

Bayi-bayi yang dibuang ini, jika jatuh ke tangan yang salah, bisa menjadi objek perdagangan untuk diadopsi, namun tidak jarang bayi-bayi ini diperjual belikan organ tubuhnya saja. Oleh karenanya, jangan buang bayi anda. Bawalah ke RPA -TKI (Rumah Peduli Anak Tenaga Kerja Indonesia), sebuah badan yang bekerjasama dengan BNP2TKI yang menampung dan memelihara bayi-bayi yang dibuang ini. RPA-TKI beralamat di Komp. Alam Raya Blok A 75, Kel Belendung, Kec Benda Tanggerang.

Sempatkan melihat video JCI Airport Babies ini. Lihatlah bahwa ada malaikat malaikat yang menyayangi bayi-bayi ini dan mengupayakan agar masa depan mereka terjamin. Sampaikan pada teman-teman TKW yang bernasib malang: Jangan buang bayi anda.

- Esther Wijayanti -

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?