HIGHLIGHT

Karya Patung Kayu dari Viet Nam

01 Januari 2012 01:11:53 Dibaca :
Karya Patung Kayu dari Viet Nam
Doc.Sugeng

Hari sabtu kemarin 31 desember 2011, sempat main ke Acara World Taste festival di Ho Chi Minh city, viet nam. Tapi tulisan ini Ngga ngebahas tentang makanan atau acara nya, karena ngga begitu menarik setidaknya buat saya dan keluarga. Selain hanya banyak booth ada ngga di buka saat kami datang jam 1 siang. Tapi ada yang menarik perhatian di salah satu booth di pojok yaitu patung patung yang di pamerkan di sana. Ada banyak jenis patung atau ukiran atau karya seni yg dibuat orang viet nam. Ada juga bentuk kayu yg di pajang apa adanya tapi mirip binatang atau bentuk lain. Beberapa patung yg bisa dinikmati yg sempat istri saya ambil dengan kamera saku digital : Foto yg pertama adalah bentuk patung/dewa yg sangat populer di viet nam, Patung ini memberikan keberuntungan buat yang menyentuhnya. paling tidak ini berlaku untuk orang sini. [Maaf bukan nyebarin musyrik" untuk yg muslim.] Tapi begitulah kepercayaan orang ini. Kalau di sentuh bagian perutnya akan jadi kaya, makmur dan banyak harta. Dan bila menyentuh bibirnya akan senang, bahagia dan kesukaan. Hanya satu kesempatan menyentuhnya tidak berlaku bila kita menyentuh kedua bagian ini.

1325378124855928791
Doc.Sugeng
Untuk foto yg kedua, Terutama yg di belakang adalah 3 dewa yang biasanya di letakan di ruang tamu di rumah oleh orang sini. Jadi ngga heran jadi patung ini juga menemani patung hiasan lainnya. Sedangkan patung mirip dua macan biasanya di letakan di depan pintu masuk rumah.
1325378396864939390
doc.Sugeng
Nah kalau yg terakhir ini kayaknya sih kuda tapi ngga sempurna bentuk bagian leher ke kepala. tapi mungkin disini nilai seninya. Karena bukan seniman, hanya itu yg bisa di ceritakan. Selamat tahun baru 2012. Semoga lebih sukses untuk kita semua ! Amin Sugeng Endarsiwi Ho Chi Minh City, Viet Nam

Sugeng Endarsiwi

/endarsiwi-sgn

Pekerja di Industri Grafika dan media percetakan. Hoby buat klip/video ttg kegiatan sehari-hari, mencicipi masakan lokal. Saat ini tinggal di Ho Chi Minh City, Viet nam.

Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?