HIGHLIGHT

Menuju Perguruan Tinggi Negeri Impian

28 April 2012 02:47:05 Dibaca :

Selepas SMA melanjutkan ke jenjang pendidikan tinggi merupakan impian setiap siswa. Namun tak jarang terjadi kendala yang menjadikan keinginan melanjutkan ke Perguruan Tinggi gagal, dikarenakan beberapa faktor seperti keadaan ekonomi orang tua mengalami penurunan atau bersamaan dengan saudaranya masuk sekolah lanjutan. Terlepas dari itu semua , sebagai guru Bimbingan dan Konseling di SMA Negeri 1 Magelang saya mencoba memberikan gambaran " Menuju Perguruan Tinggi Impian ".

Mempersiapkan masuk perguruan tinggi impian tidaklah mudah perlu persiapan dan pertimbangan yang matang, dengan otak yang cemerlang saja kita tidak bisa mencapai impian untuk menjadi mahasiswa di Perguruan Tinggi Idaman karena banyak faktor yang dibutuhkan.

Sebaiknya siswa memilih perguruan tinggi yang ada jurusan sesuai dengan bakat dan minat yang dimiliki. Jurusan yang tepat akan sangat membantu siswa dalam menempuh perkuliahan selanjutnya. Jadi pastikan jurusan yang dipilih  adalah jurusan yang sesuai dengan  keinginan dan kemampuan anda untuk menjalaninya. Pemilihan jurusan yang tepat sangat membantu untuk kesuksesan anda. Pertimbangan selanjutnya adalah memilih lokasi dari Perguruan Tinggi tersebut, karena biaya hidup yang harus ditanggung oleh masing- masing  dalam waktu yang relatif lama minimal 4 tahun sampai lulus kuliah.

Berburu beasiswa menjadi salah satu alternatif untuk mencukupi kebutuhan kuliah dengan konsekuensi yang harus ditanggung, sebetulnya kalau kita cermati berburu beasiswa menjadikan semangat belajar lebih giat karena persaingan prestasi belajar menjadi acuan utama untuk mendapatkan beasiswa.

Informasi Perguruan Tinggi bisa didapatkan dari Guru BK di sekolah, dengan kakak kelas yang sudah diterima di PTN, jejaring sosial, brosur- brosur dan lain sebagainya. Selanjutnya perhatikan peluang bisa diterima dan kapasitas  atau daya tampung dengan jumlah siswa yang mendaftar.

Hanya pribadi unggul yang bisa menilai kemampuan dirinya sendiri sehingga mampu melewati segala rintangan dan hambatan menuju cita-cita.

Endah Yekti Murweni

/endahenny

TERVERIFIKASI (HIJAU)

Sang pemenang bukannya tak pernah kalah tapi tak mau menyerah, itulah rahasia sang pemenang.
Selengkapnya...

KOMPASIANA ADALAH MEDIA WARGA, SETIAP KONTEN DIBUAT OLEH DAN MENJADI TANGGUNGJAWAB PENULIS.

Siapa Yang Menilai Tulisan Ini ?